Beranda Tiket Wisata

Kampung Warna-Warni Teluk Seribu Tiket & Ragam Pesona - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Kampung Warna-Warni Teluk Seribu : Rp3.000Jam Buka: 08.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Manggar Baru, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, 76117

Jika sedang berada di Balikpapan, jangan lupa untuk mampir ke Kampung Warna-Warni. Kampung ini merupakan kawasan perkampungan nelayan di Teluk Seribu yang memiliki jumlah rumah Setidaknya 236 unit. Di sini, seluruh rumah-rumah bercat beraneka ragam warna sampai ke atap-atapnya. Pengecatan kampung terlaksana berkat kerjasama warga dengan pemerintah setempat dan beberapa orang seniman dari Balikpapan.

Selain mengecat rumah, seniman juga membuat lukisan 3 dimensi di dinding sepanjang 100 meter. Dinding ini terletak di sepanjang jalan menuju ke perkampungan. Di Indonesia sendiri sudah ada kampung yang sejenis seperti di Malang dan Yogyakarta.

Meski sudah ada, hal yang membedakan dengan yang ada di Balikpapan yaitu jalur aksesnya. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus menyusuri Teluk Seribu. Selain itu, tak jauh dari perkampungan terdapat juga hutan mangrove dengan habitat bekantan yang masih asli.

Harga Tiket Masuk Kampung Warna-Warni

Harga tiket masuk untuk bisa menikmati wisata di Kampung Warna-Warni cukup terjangkau. Tiket tersebut belum termasuk biaya parkir dan fasilitas yang ada di dalamnya. Biaya lain yang dibutuhkan ketika berwisata di sini yaitu untuk menyewa perahu dan membeli makanan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masukRp3.000
Parkir motor/mobilRp3.000/Rp5.000
Sewa perahuRp25.000-Rp60.000

Jam Buka Kampung Warna-Warni

Kampung menerima wisatawan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah. Pada saat tersebut juga perairan cenderung tenang sehingga aman jika ingin berkeliling hutan bakau menggunakan perahu.

Jam Operasional
Setiap hari08.00-16.00

Keindahan Kampung Warna-Warni

kampung warna-warni teluk seribu dengan bangunan penuh warna
kampung warna-warni teluk seribu dengan bangunan penuh warna. Foto: Google Maps/ salma wati

Jika sedang mencari tempat wisata yang instagramable, kampung ini bisa menjadi pilihan. Daya tarik utamanya yaitu rumah-rumah yang bercat warna-warni. Tidak hanya dinding, bagian atap pun juga ikut diwarnai menggunakan cat. Menuju perkampungan, terdapat jalan yang lurus dengan tembok sepanjang 100 meter. Di tembok ini terdapat banyak mural dengan konsep 3 dimensi. Mural tersebut tidak hanya ada di dinding, tapi juga di jalan, seperti gambar jembatan yang berada di atas jurang.

Di kawasan Kampung Warna-Warni Teluk Seribu pengunjung bisa berswafoto sepuasnya. Banyak mural yang bisa menjadi latar berfoto, seperti mural seorang wanita yang sedang melongok ke luar jendela. Tidak hanya berlatar mural, pengunjung juga bisa berfoto di area perkampungan. Rumahnya yang berwarna-warni bisa menjadi latar berfoto yang menawan. Hasil fotopun akan terlihat ceria karena warna rumah di sini cenderung berwarna terang. Setelah puas berfoto, lanjutkan wisata dengan berjalan kaki berkeliling kampung atau beristirahat di gazebo yang tersedia.

Baca: Pantai Manggar Balikpapan: Tiket & Ragam Aktivitas

Menyusuri Keasrian Teluk Seribu

Menyusuri hutan mangrove di Teluk Seribu
Setelah puas berfoto di Kampung Warna-Warni, pengunjung bisa melanjutkan wisata dengan menyusuri hutan mangrove dengan menyewa perahu klotok milik nelayan. Foto: Google Map/Soesanto Tirtoprodjo

Selain berfoto, di kawasan Kampung Warna-Warni terdapat wisata lain yang menarik. Wisata tersebut yaitu menyusuri Teluk Seribu menggunakan perahu klotok milik nelayan. Perahu tersebut disewakan dengan durasi tertentu, sesuai dengan keinginan dari pengunjung. Di teluk ini terdapat hutan mangrove yang cukup luas. Setelah puas berfoto, pengunjung bisa mencoba wisata mangrove ini. Melalui wisata ini, pengunjung bisa mengenal habitat alami mangrove.

Selain melihat tanaman mangrove, di sini juga bisa melihat beberapa satwa alami yang menghuni hutan ini. Satwa tersebut salah satunya yaitu bekantan. Monyet berhidung panjang  ini bisa terlihat secara langsung ketika sedang beraktivitas. Namun pengunjung perlu memperhatikan untuk tidak membuat suara gaduh agar bekantan tidak merasa terganggu. Selain bekantan, ada juga burung laut. Saat melakukan tur mangrove, pengunjung bisa memotret pemandangan dan berfoto di atas perahu.

Baca: Pantai Batu-Batu Banua Patra: Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Tersedia beberapa fasilitas untuk melengkapi kawasan wisata Kampung Warna-Warni ini. Fasilitas tersebut di antaranya yaitu toilet, musala, dan lahan parkir. Untuk bersantai dan beristirahat, di sini juga tersedia beberapa gazebo. Bagi yang ingin membeli makanan, tersedia beberapa warung buatan warga sekitar. Untuk berkeliling hutan mangrove, ada beberapa perahu klotok yang siap mengantarkan pengunjung.

Lokasi Kampung Warna-Warni

Kampung Warna-Warni Teluk Seribu terletak di Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan, Kalimantan Timur. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus menyusuri Sungai Manggar menggunakan kapal yang disewakan oleh nelayan. Selain melalui sungai, pengunjung jika bisa sampai ke sini melalui Pasar Manggar. Namun, harus berhati-hati karena semakin dekat dengan lokasi, jalanannya semakin sempit hanya bisa dilalui 1 mobil. Gunakan Google Map sebagai penunjuk jalan untuk sampai ke area wisata ini.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 19

Berikan Rating