Beranda Tiket Wisata

KEBUN RAYA Balikpapan: Tiket & Daya Tarik - Juni 2021

Kebun Raya Balikpapan Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, 76127.

Kebun Raya Balikpapan terletak di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Dibangun bertujuan untuk konservasi alam, objek wisata, serta pelestarian flora asli Kalimantan yang hampir punah. Diresmikan pada Agustus 2014 dan memiliki luas kurang lebih sekitar 309 hektar. Kebun Raya Balikpapan merupakan kebun raya pertama di Kalimantan dan dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Kebun Raya ini memiliki beragam koleksi dari flora yang sering dijumpai hingga spesies langka yang dilindungi. Tumbuhan-tumbuhan tersebut dirawat dengan teliti dan hati-hati karena masih berhubungan untuk kepentingan penelitian ilmiah. Koleksi tumbuhan yang dimiliki Kebun Raya ini dibiarkan tumbuh di alam terbuka. Sehingga pengunjung dapat bebas mengamati hingga merasakan tekstur dari tumbuhan yang ada.

Tiket Masuk Kebun Raya Balikpapan

Untuk masuk ke area kebun raya tidak memerlukan biaya retribusi. Cukup dengan mengisi buku tamu di pintu masuk kebun.

Harga Tiket Masuk
TiketGratis

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Balikpapan

Jam Buka

Kebun Raya buka setiap hari dari pagi hingga sore. Kawasan wisata pendidikan ini bebas dikunjungi untuk umum.

Jam buka
Senin – Minggu08.00 – 16.00

Daya Tarik dan Aktivitas di Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan
Kebun Raya Balikpapan sebagai destinasi wisata lingkungan dan konservasi alam. Foto: google maps/Jonathan joo

Kebun Raya Balikpapan tak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota. Tetapi juga sebagai sarana konservasi hingga tempat wisata untuk mengisi waktu liburan. Lokasi wisata pendidikan dan lingkungan ini menyediakan berbagai sarana prasarana yang dapat dinikmati umum. Sarana tersebut banyak dimanfaatkan untuk sekedar bersantai bersama keluarga atau kegiatan akademik bersama instansi.

 Kebun Konservasi

Embung Wain
Embung Wain sebagai penampungan air Kebun Raya Balikpapan sekaligus spot indah untuk berswafoto. Foto: google maps/Rheza Enrico Susanto

“Konservasi Tumbuhan Kayu Indonesia” merupakan tema yang diangkat kebun raya ini. Mengusung dari kayanya Pulau Kalimantan akan kayu-kayuan hutan tropis. Sebanyak 1200 spesies flora seperti tanaman kayu dan tanaman obat telah ditanam sejak tahun 2007. Berbagai jenis tanaman kayu seperti ulin, gaharu, meranti, dan lainnya merupakan koleksi kebanggaan Kebun Raya ini.

Kebun Raya ini juga dilengkapi Embung Wain yang bermanfaat untuk menampung air hujan. Tak hanya menjalankan fungsinya sebagai penampung air, embung ini juga menambah keindahan tempat wisata. Selain itu juga berguna untuk menjaga kualitas air tanah, pengairan, mencegah banjir, juga sarana rekreasi. Embung Wain terdiri dari tiga bendungan yang diperuntukkan untuk tiga zona berbeda.

Baca: Lamin Etam Ambors Tiket & 6 Daya Tarik Wisata

 Tempat Gathering dan Rekreasi

Rumah adat Lamin Ulin
Rumah adat Lamin Ulin khas suku Dayak di Kalimantan Timur dengan kayu ulin sebagai bahan bangunan. Foto: google maps/Haddori Amma

Di dalam area kebun raya banyak terdapat fasilitas umum seperti restoran, pendopo, gazebo, dan taman bermain. Banyak organisasi, perusahaan, atau kelompok masyarakat menjadikan tempat ini sebagai destinasi pertemuan. Tak jarang pula diadakan kegiatan konservasi, wisata trek, atau pelatihan pendidikan. Bahkan terdapat juga rumah adat Dayak di sini.

Namun bukan berarti Kebun Raya ini tak bisa dikunjungi perseorangan atau keluarga kecil saja. Tempat wisata ini adalah tempat yang baik untuk mengajak anak-anak ikut serta. Orang tua dapat mengajarkan pada anaknya untuk mencintai lingkungan sejak dini. Juga tempat yang seru dan alami untuk berekreasi bersama teman.

Di sekeliling Kebun Raya dibangun jogging track yang dapat diakses siapa saja. Jalur jogging track ini dibuat dengan kesan alami dan variasi trek seperti jalan menanjak. Di jogging track ini memungkinkan untuk pengunjung berjalan santai atau berlari kecil. Cukup ampuh bagi pengunjung yang ingin membakar kalori tubuh.

Baca: Caribbean Waterpark Balikpapan Tiket & 9 Wahana

Rumah Anggrek dan Rumah Paranet

Rumah paranet
Rumah paranet Kebun Raya Balikpapan sebagai area pembibitan dengan atap paranet. Foto: google maps/fadly ubc

Kebun Raya Balikpapan memiliki rumah anggrek berisi anggrek dari berbagai jenis hingga spesimen. Ada sekitar 200 jenis dan 1000 spesimen tanaman anggrek asli dari yang sering dijumpa hingga spesies langka. Seperti anggrek bulan, anggrek tebu, dan aneka jenis anggrek lainnya.

Sedangkan rumah paranet adalah area pembibitan yang didominasi oleh jenis alang-alang dan paku-pakuan. Rumah ini dibangun berukuran 8 x 15 m sebanyak dua unit. Konstruksi bangunan terbuat dari beberapa jenis kayu dengan menggunakan paranet sebagai atap sebanyak 60-70%.

Wisata Edukasi

Penanaman bibit di Kebun Raya Balikpapan
Kegiatan penanaman bibit oleh alumni SMA Negeri 2 Balikpapan. Foto: instagram/krbpnofficial

Kebun Raya Balikpapan menyediakan beberapa jasa wisata. Diantaranya adalah wisata flora, wisata trekking, wisata anggrek, green camping, wisata tanaman hias dan obat, serta wisata taman tematik. Garis besar wisata ini merupakan pengenalan Kebun Raya Balikpapan secara umum hingga spesifik sesuai topik. Wisata ini menyuguhkan pemandangan alami dengan wajib didampingi pemandu Kebun Raya.

Wisata dengan program pendidikan ini ditujukan kepada pengunjung di pendidikan SD, SMP, SMA, Universitas hingga umum. Pengenalan area kebun raya biasanya dilaksanakan di Gedung Information Center atau Ruang Audio Visual. Pengenalan yang diberikan berupa segala sesuatu yang ada di Kebun Raya, sejarah, hingga fasilitas. Selanjutnya Pengunjung dibawa berjalan melalui trek hingga menuju lokasi praktek untuk aplikasi dalam lapangan.

Tiap wisata memiliki kegiatan khas yang berbeda-beda. Misalnya wisata trekking yang memiliki beberapa jalur trekking diantaranya trek hutan, trek bandang, trek jahe Balikpapan, dan jalur embung. Di wisata anggrek pengunjung akan dibawa ke rumah anggrek untuk praktek menanam anggrek hingga penyerbukannya.

Fasilitas

Kebun Raya Balikpapan memiliki banyak sekali fasilitas yang diperuntukkan untuk kepentingan umum. Tempat parkir yang disediakan sudah memadai dan terdapat musala serta toilet umum. Di dalamnya juga terdapat gedung pendidikan dan seminar. Beberapa fasilitas ruangan lain seperti guest house, ruang belajar, perpustakaan, dan laboratorium tersedia di sini.

Lokasi Kebun Raya Balikpapan

Kebun raya ini terletak di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76127. Dari tengah Kota Balikpapan menuju Kebun Raya berjarak sekitar 20 km. Waktu yang ditempuh kurang lebih 30 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini