Lamin Etam Ambors
Harga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Soekarno Hatta,Samboja,Balikpapan,Kalimantan Timur,Indonesia,75271.

Kalimantan Timur memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik, tepatnya di Kota Balikpapan. Tempat wisata tersebut adalah Lamin Etam Ambors. Berada di Samarinda dan Balikpapan, tempat wisata ini memiliki area wisata yang sangat luas.

Sebetulnya tempat wisata ini adalah milik pribadi Bapak Koko Hari Sungkono. Diberi nama Lamin Etam karena untuk menghormati daerah tempat dibangunnya wisata ini. Sedangkan Ambors adalah Ambarawa Samboja yang merupakan kecamatan dan kelurahan di wilayah tersebut.

Harga Tiket Lamin Etam Ambors

Untuk menikmati tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket dibedakan berdasarkan anak-anak dan dewasa. Dan juga, dihari tertentu harga tiketnya bisa berbeda.

Harga Tiket Lamin Etam Ambors
Senin-KamisRp20.000 (Dewasa)

Rp15.000 (Anak-anak)

Weekend dan Hari Libur NasionalRp25.000 (Dewasa)

Rp20.000 (Anak-anak)

Baca: Bumi Sempaja Waterpark Tiket & Wahana.

Jam Operasional Lamin Etam Ambors

Tempat wisata ini mulai dibuka di pagi hari. Dan batas waktu pengunjung untuk menikmati wahana-wahana disini hanya sampai sore hari.

Jam Buka Lamin Etam Ambors
Senin – Minggupukul 09.00 – 17.00

Daya Tarik Wisata Lamin Etam Ambors

Nama Lamin Etam Ambors jika digabungkan berarti rumah kita di Ambarawa Samboja. Tak hanya menyuguhkan wisata alam, tempat ini juga menawarkan wisata buatan yang seru dan mengasyikkan. Sehingga membuat tempat ini sangant cocok sebagai tujuan wisata keluarga.

Adanya kids garden akan membuat anak – anak betah dan senang berada di sini. Tempat ini juga cocok digunakan sarana interaksi alam, sebab ada wahana menunggang kuda. Keseruan lainnya dari objek wisata ini telah terangkum pada tulisan di bawah ini.

1. Wisata Edukasi

Koleksi Burung di Lamin Etam Ambors
Burung Rangkong dan Kakak Tua sedang bertengger diatas pagar kayu. foto: google maps / Alfasura Dewi.

Berkunjung ke Lamin Etam Ambors juga bisa memberikan edukasi tersendiri, khususnya fauna. Di sini banyak terdapat fauna khas Pulau Borneo maupun fauna langka. Beberapa fauna tersebut antara lain Burung Enggang, Burung Merak, Burung Gagak, Uwa – Uwa hingga Bekantan.

Burung – burung ini didapat dari hutan maupun penangkaran, yang kemudian dibeli serta dikarantina. Ketika dikarantina, burung – burung ini dilatih dan dirawat dengan sangat baik. Hal itu membuat timbulnya keterkaitan yang erat antara pelatih dengan binatangnya.

Adanya latihan tersebut membuat burung – burung menjadi jinak dan mudah berinteraksi dengan manusia. Sehingga burung tidak akan mencakar atau berontak saat diajak foto bersama. Selain ditaruh di dalam kandang, ada juga burung yang dilepaskan secara bebas.

Burung yang lepas secara bebas tersebut adalah burung merpati. Pengunjung bisa memberi makan burung merpati dengan membeli biji jagung seharga Rp5.000. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi dikerubungi burung merpati pada saat memberi makan.

2. Menguji Adrenalin Dengan Mengendarai ATV

ATV adalah kendaraan roda empat, namun dengan kendali seperti sepeda motor. Kendaraan jenis ini sangat cocok dipakai untuk medan offroad. Disini, pengunjung bisa mencoba ATV dengan membayar tiket sebesar Rp75.000.

3. Menaiki Sepeda Air

Pengunjung menikmati permainan air Perahu Dayung dan Sepeda Air di kolam Lamin Etam Ambors. foto: google maps / Mulyati Sukmana.

Lamin Etam Ambors memiliki kolam buatan yang cukup luas. Kolam ini dimanfaatkan pengelola untuk area bermain sepeda air. Sepeda air di sini bentuknya lucu dan menarik, sehingga membuat siapapun ingin mencobanya.

Ada yang berbentuk bebek hingga naga dengan warna warna cerah. Agar lebih aman ketika menaiki bebek air, pengunjung juga diberi pelampung oleh petugas. Tiket untuk mencoba bebek air ini cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp30.000.

4. Meluncur Dengan Flying Fox

Wahana permainan Flying Fox Lamin Etam Ambors.
Pengunjung mencoba wahana permainan Flying Fox. foto: google maps / FATMAWATI ADEL.

Wahana memacu adrenalin lainnya yaitu Flying Fox. Jalur Flying Fox ini melintas diatas kolam sepeda air. Untuk bisa mencoba wahana ini, pengunjung membayar sebesar Rp30.000.

Pengaman yang diberikan kepada pengunjung untuk mencoba Flying Fox sudah cukup baik. Sehingga pengunjung tak perlu ragu untuk mencoba wahana ini. Tentu menjadi sensasi tersendiri ketika meluncur dengan Flying Fox di atas sebuah kolam.

5. Menunggang Kuda

"Pengunjung

Pengunjung bisa mejelajahi area wisata ini dengan menunggang kuda. Tak perlu takut dengan kudanya, sebab kuda di sini sudah jinak. Untuk bisa menunggangi kuda, pengunjung cukup mengocek kantong sebesar Rp30.000.

Baca: Taman Cinta Waterboom Tiket & Wahana.

6. Menikmati Terapi Ikan

Kebanyakan wahana yang disebutkan di atas rata-rata berbayar. Namun jangan khawatir, ada satu wahana yang bisa dicoba pengunjung secara gratis. Wahana ini yaitu terapi ikan yang berada di sebuah kolam, dimana pengunjung bisa meremajakan kulit-kulit kaki.

Fasilitas Lamin Etam Ambors

Banyaknya berbagai wahana yang ada juga didukung dengan fasilitas yang memadai. Seperti gazebo untuk istirahat, mushola dan toilet. Selain itu, tersedia tempat parkir mobil maupun sepeda motor.

Lokasi Lamin Etam Ambors

Berlokasi di Poros Km 28 jalan Balikpapan – Samarinda tempat wisata ini cukup mudah untuk ditemui. Alamatnya lengkapnya berada di Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, Ambarawang Darat, Semboja, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 75271.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini