Kebun Wisata Pasir Mukti Bogor bisa menjadi pilihan tempat wisata yang tidak jauh dari kota Jakarta. Sangan cocok sebgai taman rekreasi untuk keluarga yang membawa anak-anak. Menawarkan konsep edupark, selain bermain anak-anak juga bisa belajar.

Terlihat dari berbagai wahana dan aktivitas yang disediakan taman rekreasi ini. Aktivitas seperti membajak sawah, menanam padi, dan aktivitas lain terkait alam dan lingkungan. Hal ini sengaja dikembangkan obyek wisata ini menambah wawasan lingkungan bagi anak maupun orang dewasa.

Harga Tiket Kebun Wisata Pasir Mukti

Untuk memasuki arena Kebun Wisata Pasir Mukti ini pengunjung dikenakan biaya Rp15.000 perorang. Jika datang secara rombongan akan ada harga sesuai dengan paket yang dipilih. Pastikan membawa uang lebih karena setiap wahana selain kebun dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp5.000 – Rp25.000.

Harga Tiket Kebun Wisata Pasir Mukti
Tiket MasukRp15.000
Tiket wahanaRp15.000 – Rp4.000

Baca: Kampoeng Wisata Cinangneng Tiket & 5 Aktivitas Pilihan

Jam Buka Kebun Wisata Pasir Mukti

Jika pengunjung ingin bermain di area taman wisata ini dapat datang ke lokasi setiap hari mulai dari  jam 08.00-17.00. Jika datang pada hari biasa hanya ada beberapa wahana yang tidak dibuka. Sehingga untuk memaksimalkan kepuasan bermain datang pada akhir pekan lebih tepat.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Aktivitas di Kebun Wisata Pasir Mukti

Karena mengusung tema kebun yang mengedukasi, tempat wisata ini memiliki wahana-wahana bermain plus wahana edukasi tetapi tetap sambil bermain. Untuk pengunjung yang datang secara rombongan dan ingin menikmati semua wahana yang ada.

Pihak pengelola menyediakan dua paket utama. Yaitu Paket Agropintar dan Agrojunior. Selain dua paket utama tersebut masih ada juga paket Anak tani, Paket Kemping dan Agro adventure.  Penasaran apa saja wahana nya? Silahkan cek beberapa wahana berikut.

1. Kolam Lumpur

bermain di kolam lumpur
Bermain di kolam lumpur seru dilakukan beramai-ramai. foto: google maps/Rahayu Dewanti

Kalau aktivitas yang ini dijamin seru dan berlumpur. Pengunjung bisa bermain pada kolam lumpur atau bermain perang bantal diatas bambu di kolam lumpur. Jika ingin bermain disini pastikan membawa baju ganti, Karena pasti pulang-pulang akan penuh lumpur.

2. Memancing Ikan

Kalau wahana yang satu ini pengunjung akan berinteraksi dengan ikan-ikan kecil untuk ditangkap. Tentu ikan hasil tangkapannya boleh dibawa pulang. Metode untuk menangkap ikan disini ada beragam. Mulai dari memancing dengan alat pancing biasa. Atau, menggunakan jaring ketika menangkap ikannya.

Baca: KAMPOENG WISATA CINANGNENG Tiket & 7 Aktivitas

3. Melukis Caping

Wahana yang ini benar-benar mengedukasi pengunjungnya bagaimana melakukan aktivitas di sawah sebelum menanam padi. Jika melakukan aktivitas ini pengunjung akan diajak untuk langsung terlibat untuk melukis diatas media berupa caping. Topi yang biasa digunakan ketika beraktivitas di sawah.

4. Bajak Sawah

kegiatan membajak sawah
Aktivitas di sawah seperti membajak bisa dilakukan di kebun wisata pasir mukti. foto: google maps/Andy Winawan

Kalau wahana yang satu ini, pengunjung akan berinteraksi bukan hanya dengan alam tetapi dengan hewan. Aktivitas bajak sawah biasanya dilakukan dengan bantuan hewan seperti kerbau. Biasanya pengunjung akan dibantu membajak sawah oleh kerbau dengan menaikinya.

Sayangnya, aktivitas ini hanya rutin dilaksanakan pada akhir pekan atau ketika pengujung datang secara rombongan. Jadi kalau berkunjung bersama keluarga pada hari biasa kemungkinan tidak mendapat kesempatan melakukan aktivitas ini.

Baca: Taman Matahari Bogor Tiket & Fasilitas Wisata

5. Menanam Padi

Sawah di Kebun Wisata Pasir Mukti
Hamparan hijaunya padi di sekitar area wisata – Foto:goggle.maps/AnnE S

Aktivitas yang satu ini pengunjung akan diajak untuk menanam padi di ladang sawah yang sebenarnya. Pengunjung akan melakukan aktivitas ini secara bersama-sama layaknya para petani ketika menanami sawahnya dengan padi. Nantinya, pengunjung akan diberikan bibit padi kemudian dibariskan untuk menanam padi tersebut secara bersama-sama.

Baca: TAMAN BUDAYA Sentul Tiket & 10 Aktivitas Seru

Fasilitas

Sudah lelah beraktivitas disini tetapi belum puas dan masih betah? Jangan khawatir, lokasi wisata ini juga menyediakan cottage untuk menginap. Tentu dengan pemadangan dan suasana alam yang asri disini. Pasti membuat pengunjungnya betah berlama-lama bahkan enggan untuk pulang.

Lokasi parkir, toilet dan mushola tersedia lengkap disini. Bagaimana kalau lapar? Tenang, lokasi wisata ini juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk menyediakan makanan-makanan terbaik di restoran mereka. Mulai dari camilan hingga makanan berat ketika pengunjung lapar tersedia lengkap disini.

Penginapan di Kebun Wisata Pasir Mukti

berkemah dan penginapan di kebun wisata pasir mukti
Menginap di taman wisata ini selain menyediakan penginapan juga bisa berkemah. Foto:google.maps/Akbar Mia

Selain fasilitas yang lengkap berupa tempat penginapan, fasilitas ibadah, parkir dan restoran. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas berupa camping di Kebun Wisata Pasir Mukti ini. Walaupun tidak langsung tinggal di alam terbuka, camping di area ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengedukasi pengunjungnya.

Kontak dan Alamat Kebun Wisata Pasir Mukti

Berencana ke sini segara datang ke alamat Kebun Wisata Pasirmukti di Jl Raya Tajur Pasirmukti Km 4, Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Pengunjung bisa datang bersama keluarga atau rombongan dari kantor dan sekolah.

Untuk kebutuhan kantor dan sekolah atau mengetahui info terupdate dari lokasi wisata ini, pengunjung dapat menghubungi (021) 7398808. Kontak tersebut bisa digunakan untuk keperluan reservasi ketika berkunjung.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,31 / 42 pembaca