Kampoeng Wisata Cinangneng
Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng bisa menjadi pilihan tempat wisata keluarga di Kota Bogor selain puncak. Taman rekreasi yang mengusung tema Kampoeng dan alam pedesaan yang khas. Menawarkan beragam aktivitas menarik terutama bagi anak-anak.

Mengenal kehidupan pedesaan menjadi salah satu kegiatan yang paling menonjol di tempat wisata ini. Selain rekreasi tentu sangat membantu anak-anak mengenal hal-hal yang mungkin tidak ditemui di perkotaan.

Harga Tiket Masuk Kampoeng Wisata Cinangneng & Paket

Untuk bisa melakukan berbagai aktivitas wisata seru di Kampoeng wisata ini pengunjung ditawarkan memilih beberapa paket. Hargat tiket paket Kampoeng Wisata Cinangneng mulai dari Rp110.000.

Harga Tiket Paket Kampoeng Wisata Cinangneng
Package A – Poelang Kampoeng – One Day Package Rp135.000
Package B – I Am Also From The Kampoeng Rp110.000
Overnight Package Rp525.000 – Rp1.150.000

Paket Poelang Kampoeng: Tour Kampoeng, Belajar bermain angklung dan lagu sunda, Belajar bermain gamelan, Belajar tarian Jawa Barat, Menanam Padi, Belajar membuat makanan dan minuman tradisional, Memandikan kerbau, Membuat wayang daun singkong, Menggambar Caping, Makan Siang, Sertifikat dan Asuransi. Miniaml order 20 orang.

Paket I Am Also From The Kampoeng: Tour Kampoeng, Berfoto dengan busana tradisional, Belajar bermain angklung dan lagu sunda, Belajar bermain gamelan, Menanam Padi, Belajar membuat makanan dan minuman tradisional, Memandikan kerbau, Membuat wayang daun singkong, Menggambar Caping, Makan Siang, Sertifikat. Minimal order 20 orang.

Baca: Kampung Budaya Sindang Barang Tiket & 6 Aktivitas

Jam Buka

Tempat rekreasi yang bertemakan desa wisata ini dibuka setiap hari. Pengunjung bisa datang ke Kampoeng Wisata Cinangneng mulai pukul 08.00 pagi.

Jam Buka Kampoeng Wisata Cinangneng
Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Aktivitas Kampoeng Wisata Cinangneng

Sebagai Kampung wisata, tempat ini menghadirkan berbagai kegiatan dari mulai yang berkaitan dengan budaya, alam, hingga pertanian. Biasanya, pengunjung yang datang adalah rombongan anak sekolah atau mahasiswa karena cocok dijadikan lokasi field-trip. Tiket wisatanya juga dijual dengan sistem paket harian dimana ada beberapa pilihan tergantung jenis dan banyaknya aktivitas wisata yang diambil.

1. Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Belajar memainkan angklung di Kampung Cinangneng
Bermain alat musik gamelan sunda salah satu aktivitas dalam paket kampung wisata cinangneng. foto: Kurniawan Gilang

Menikmati suasana alam akan semakin terasa kental nuansa pedesaannya dengan bermain berbagai alat musik dan lagu tradisional. Di Kampun Wisata ini, pengunjung akan diajarkan beberapa alat musik khas sunda seperti angklung dan gamelan sunda, serta menyanyikan lagu-lagu khas sunda.

2. Belajar Menari Tradisional

Tak ketinggalan, kegiatan belajar menari tradisional sunda seperti jaipongan juga bisa menjadi pilihan. Tidak hanya belajar menari, pengunjung juga akan dilengkapi pakaian adat sederhana agar tariannya semakin lebih menarik dilihat.

Baca: Taman Budaya Sentul Tiket & 10 Aktivitas Outbond

Belajar tarian tradisional
Belajar tarian tradisional sunda. foto: gmap/elina rahmawati

3. Belajar Membuat Kue dan Jamu

Bagi yang menyukai kegiatan kuliner, jangan lewatkan untuk memilih paket atraksi yang ada kegiatan membuat kue tradisionalnya. Kue bugis dan putu menjadi menu andalan yang sering dipilih. Selain itu, ada juga paket kegiatan untuk belajar membuat jamu. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang menarik.

4. Menggambar Caping Pak Tani dan Membuat Karya Seni

Bagi anak-anak, kegiatan ini bisa menjadi pilihan. Peserta akan diberikan cat yang digunakan untuk berkreasi di atas caping pak tani. Selain itu ada juga kegiatan membuat karya seni sederhana misal wayang-wayangan dari batang dan daun singkong.

5. Menanam Padi

kegiatan menaman padi anak-anak
menanam padi Kegiatan edukatif lain yang bisa dilakukan di Kampoeng Wisata Cinangneng. foto: gmap/Sastro Imam

Tidak semua orang pernah merasakan caranya menanam padi. Di Kampoeng Wisata Cinangneng ini, manfaatkan kegiatan menanam padi ini sebagai pengalaman yang mengasyikkan. Apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat, kegiatan menanam padi menjadi lebih seru.

Baca: Kuntum Farmfield Nursery Tiket & 5 Aktivitas Menarik

6. Tour Kampoeng

Jangan lewatkan juga untuk berkeliling/tour Kampoeng yang akan menyambangi usaha-usaha kecil warga setempat seperti konveksi dan kerajinan bambu. Pengunjung akan diajak belajar dan melihat proses produksi karya UMKM yang langsung dilakukan warga. Berkeliling Kampoeng juga menyenangkan karena pengunjung akan merasakan langsung melewati area perkebunan, sawah, dan hutan.

7. Main di Sungai dan Memandikan Kerbau

memandikan kerbau di kampung wisata cinangneng
Aktivitas memandikan kerbau juga menyenangkan untuk dilakukan anak-anak. foto: Yelly Suryanti

Tak lengkap jika ke pedesaan tetapi tidak merasakan sensasi menyusuri sungai hingga memandikan kerbau. Dua kegiatan ini juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama rombongan. Anak-anak juga pasti menyenangi kegiatan ini sekaligus melatih keberanian dan ketangkasan.

Baca: PUNCAK MUSTIKA MANIK Bogor Tiket & Aktivitas 2018

Fasilitas Kampung Wisata Cinangneng

Apabila pengunjung ingin merasakan menginap di pedesaan, maka bisa memilih paket yang sudah termasuk penginapan. Meskipun bertema pedesaan, tetapi guest house yang disediakan Di Kampoeng Wisata Ciangneng ini memiliki fasilitas memadai mulai dari AC, shower, air panas, dan televisi.

Bahkan ada juga fasilitas pelengkap berupa kolam renang yang bebas digunakan. Menariknya, air yang digunakan di kolam renang ini berasal dari mata air asli. Sedangkan fasilitas lainnya juga tersedia seperti toilet, musholla, paket kuliber, hingga toko souvenir.

Lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampung wisata cinangneng berlokasi di Jl. Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Ciampea, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor. Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Telephone: +62-21-765 7217, Fax: +62-21-766 2573.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,40 / 5 pembaca