Beranda Tiket Wisata

Kedung Cinet Jombang Tiket & Aktivitas - Februari 2020

Tgl. Update:Minggu, Januari 19, 2020
Kedung Cinet Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Pojok Klitih, Plandaan, Tanggungan, Klitih,Plandaan,Jombang,Jawa Timur,Indonesia,61456.

Telah lama Jombang terkenal sebagai Kota Santri. Pariwisata di Jombang belum terlalu populer seperti yang ada di Malang, Batu, atau Surabaya. Namun ternyata, Jombang memiliki objek wisata yang masih sangat alami bak surga tersembunyi. Inilah Kedung Cinet Jombang, yang disebut-sebut sebagai Grand Canyon Jombang.

Tak heran jika objek wisata ini menyandang gelar tersebut. Ngarai yang berliuk-liuk ini dialiri air nan jernih. Masih sangat perawan karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Kedung Cinet Jombang

Untuk dapat menikmati Grand Canyon Jombang ini, pengunjung dikenakan tarif yang sangat murah. Tiket masuk tersebut sudah termasuk dengan tarif parkir kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk dan parkirRp5.000

Baca: Bale Tani Jombang Tiket & Wahana

Jam Operasional

Keindahan Kedung Cinet Jombang dapat dinikmati dari pagi hingga sore hari. Pengunjung dapat datang di hari apa saja karena jam buka setiap harinya sama.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-16.00 WIB

Indahnya Ngarai Meliuk Kedung Cinet Jombang

Jernihnya Air Kedung Cinet
Jernihnya Air Kedung Cinet. Foto: Gmap/udi adhahaska

Pemandangan ngarai yang meliuk-liuk dengan dinding batuan yang terukir indah ada di Kedung Cinet. Batuan di dinding ngarai berwarna kuning kecokelatan, sesekali berwarna hijau karena lumut. Bentuk batuan pun begitu unik, seolah diukir oleh tangan-tangan seniman. Diantara bebatuan, terselip tumbuhan semak yang membuat batuan semakin indah dan asri.

Diantara sisi batuan, terdapat aliran air yang mengalir dengan tenang. Air di sini pun begitu jernih, tampak berwarna biru kehijauan karena jernihnya. Bahkan, dasar sungai pun tampak sangat jelas, berupa batuan kecil dan pasir dasar sungai. Ditambah lagi, beberapa dasar sungai berundak-undak, yang membuat aliran air menurun seperti air terjun.

Suara gemuruh air menjadi irama yang menemani wisata di sini. Desiran dedaunan yang tertiup angin pun turut meramaikan suasana. Sesekali, terdengar suara burung dan hewan hutan yang saling bersahutan. Tak heran, karena lokasinya berada di dalam hutan milik Perhutani.

Objek Wisata Alam yang Menakjubkan

Dinding Batuan yang sudah Berlumut
Dinding Batuan yang sudah Berlumut. Foto: Gmap/Trenggono Adhi Wibowo

Dengan keindahan alam yang dimiliki Kedung Cinet, siapa yang tahan untuk tidak mengabadikannya. Pengunjung yang datang ke objek wisata ini sudah tentu berfoto mengabadikan momen. Dengan pemandangan indah yang dimiliki Kedung Cinet, banyak sekali tempat yang dapat dijadikan spot foto.

Pengunjung dapat berpose di atas batuan yang rendah dekat dengan aliran air. Dengan pose ini, pengunjung akan mendapatkan latar belakang foto yang indah. Berupa batuan ngarai, sungai, serta pepohonan yang ada di atas batuan. Apalagi jika langit cerah, pantulannya akan berada di sungai yang membuat hasil foto semakin indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat membawa properti sendiri untuk berfoto di atas sungai. Beberapa pengunjung membawa alas atau papan yang tahan air. Menempatkannya di permukaan sungai dan menaikinya untuk berfoto. Pemandangan sungai dan ngarai akan terlihat sangat indah difoto dari arah bawah.

Bermain Air dan Berenang di Sungai Kedung Cinet

Aliran Air Deras di Kedung Cinet
Aliran Air Deras di Kedung Cinet. Foto: Gmap/Ivu Fajar Official

Beberapa titik sungai di Kedung Cinet alirannya sangat tenang. Jika ingin berenang, pengunjung dapat mencari spot dengan aliran air yang tenang tersebut. Namun, pastikan jika spot tersebut tidak terlalu dalam. Dan masih dapat diatasi oleh pengunjung yang akan berenang.

Jika telah menemukan spot yang tepat untuk berenang, jangan ragu menceburkan diri ke sungai. Segarnya air di objek wisata ini akan langsung menyegarkan seluruh tubuh. Menyegarkan pikiran dan seolah melepaskan seluruh beban dan masalah hidup. Karena masih sangat alami, tetap berhati-hati jika ada hewan liar yang muncul di sungai.

Permainan air lain yang dapat dilakukan di sini adalah menyusuri sungai. Pengunjung dapat membawa ban pelampung atau perahu karet untuk menyusuri sungai. Carilah spot dengan aliran air yang cukup deras sehingga mampu mendorong ban karet. Menyusuri ngarai dengan ban pelampung akan sangat menyenangkan, sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Jembatan Goyang yang Menguji Adrenalin

Untuk mencapai suatu tempat yang indah, terdapat tantangan tersendiri. Sama halnya ketika menuju ke Kedung Cinet, yang mana harus dilalui dengan penuh perjuangan. Beberapa bagian aspal jalan sudah tampak berlubang dan mengganggu perjalanan. Terkadang, ada kendaraan yang tanpa sadar masuk ke dalam lubang.

Tidak hanya itu, sebelum sampai di sini pengunjung harus menyeberangi Jembatan Goyang. Dinamakan Jembatan Goyang karena jembatan ini akan bergoyang ketika ditapaki. Jembatan bercat kuning ini akan bergoyang kencang apabila ada yang melintasi atau dihembus oleh angin. Cukup menantang dan tentunya pengunjung harus berhati-hati melewatinya.

Namun, kesulitan dan tantangan perjalanan ini akan terbayar dengan keindahan alam. Apalagi, pemandangan sekitar sebelum sampai juga begitu indah. Hutan jati yang asri serta sawah dan kebun penduduk yang tertata rapi. Sangat menyejukkan mata ketika memandangnya.

Persiapan Berwisata ke Kedung Cinet

Ngarai Kedung Cinet Jombang
Ngarai Kedung Cinet Jombang. Foto: Gmap/Rizky Putra

Objek wisata ini berada di dalam hutan. Saat ini, fasilitas dan papan penunjuk jalan masih sangat minim. Oleh karena itu, pengunjung dapat menyiapkan maps cadangan karena sudah dipastikan sinyal akan hilang. Jangan ragu juga untuk bertanya pada penduduk sekitar.

Saat terbaik berkunjung ke sini adalah ketika musim kemarau. Karena, aliran airnya sangat jernih dan batuan tidak licin.

Lokasi Kedung Cinet

Objek wisata ini berada di Pojok Klitih, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here