KING KONG HILL Tiket, Daya Tarik & Spot Foto Februari 2024

KING KONG HILL

  • Harga Tiket Masuk: -
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur , Indonesia, 67177

King Kong Hill atau Bukit King Kong adalah spot untuk menikmati sunrise di kawasan Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kawasan ini menyajikan pemandangan tiga puncak gunung yang diselimuti lautan awan saat matahari terbit. Titik pendakian ini juga merupakan alternatif dari spot sunrise lainnya yang seringkali padat pengunjung.

Harga Tiket Masuk King Kong Hill

Memasuki area King Kong Hill sendiri tidak dipungut biaya. Namun, pendaki yang masuk kawasan Gunung Bromo perlu membayar tiket pendakian. 

Baca: Bukit Teletubbies Bromo Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka

Kawasan King Kong Hill buka 24 jam setiap hari. Bagi pendaki yang ingin menyaksikan sunrise di sini, sebaiknya sudah siap di lokasi sebelum pukul 5 subuh.

Keistimewaan King Kong Hill

Tiga puncak gunung
Pemandangan dari Bukit King Kong – Foto: Gmaps/Primprao Sakornchaipitak

King Kong Hill adalah nama salah satu spot perhentian di jalur penanjakan Gunung Bromo. Gunung Bromo sendiri merupakan destinasi wisata alam populer yang berada di Desa Podokoyo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 

Namanya sendiri adalah sebutan lain untuk Bukit Kedaluh, salah satu bukit yang mengelilingi kawasan Bromo. Tempat ini cukup tersohor sebagai tempat menikmati pemandangan Bromo, terutama saat matahari terbit. 

Titik view point gunung ini memang banyak, tidak hanya King Kong Hill. Namun, spot ini ternyata punya kalangan penggemarnya sendiri. Hal ini karena pemandangan yang tersaji dari sini mampu menghipnotis siapa saja yang mendapatkannya.

Asal-usul Nama ‘King Kong’

Kepopuleran nama ‘King Kong Hill’ berasal dari tampilan bukit ini. Masih di satu kawasan dekat bukit ini, terdapat tebing yang terlihat. Bagian tebing ini tampak menonjol dan menyerupai kepala ‘king kong’. Sejak itu, pendaki Gunung Bromo lebih mengenal Bukit Kedaluh sebagai Bukit King Kong.

Nama Bukit Kedaluh sendiri berasal dari bahasa Sansekerta. Kata ‘kedaluh’ memiliki makna akan suatu kesuburan. Kata ini melambangkan suburnya lahan dan tanah di kawasan Bromo dan sekitarnya. Nama ini lebih sering digunakan oleh masyarakat asli Suku Tengger yang tinggal di sekitar Bromo. 

Akses ke King Kong Hill

Pemandangan lautan awan dari King Kong Hill
Lautan awan yang membuat Bromo tampak melayang – Foto: Gmaps/Primprao Sakornchaipitak

Akses ke King Kong Hill yang paling cepat dan mudah adalah dari jalur pendakian Bromo via Pasuruan. Jalur ini bermula dari Desa Wonokitri yang berjarak sekitar 8,5 kilometer. Butuh waktu kurang-lebih 2 jam berjalan kaki ke sana. Namun, ada juga opsi menggunakan jeep jika wisatawan ingin memperpendek waktu pendakian.

Jika membandingkan dengan spot sunrise lainnya seperti Penanjakan Bromo, bukit ini lebih mudah dicapai. Tempat ini hanya 100 meter saja sebelum memasuki area Penanjakan Bromo. Ketinggian bukit ini sendiri berada di 2.700 mdpl.

Etalase Matahari Terbit

Pemandangan matahari terbit dari King Kong Hill
Menikmati matahari terbit dengan panorama tiga gunung – Foto: Gmaps/Felix Suryafan

Tujuan utama para pendaki ke Bukit King Kong tidak lain adalah memburu pemandangan matahari terbit. Meski tidak setinggi lokasi Penanjakan Bromo, namun pemandangan di sini tak kalah memukau. 

Areanya cukup luas dan banyak dihiasi pepohonan. Sehingga, pendaki akan mendapatkan lanskap sunrise yang seolah dipigura oleh semak dan dedaunan. Ada tiga puncak gunung yang bisa terlihat dari sini. Puncak Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru. 

Pemandangan matahari terbit di sini juga lengkap dengan sajian lautan awan. Hamparan awan yang putih bersih dan bergulung-gulung menutupi kaki Gunung Bromo. Seolah menjadi permadani yang melindungi keasrian alam di sekitarnya. Lukisan Bromo di atas awan ini bisa disaksikan dengan jelas dari area perbukitan ini.

Menanti Sunrise Tanpa Lapar

Warung-warung makan yang berada di sekitar King Kong Hill
Kantin di area bukit King Kong – Foto: GMaps/Yandi moo

Beberapa ratus meter sebelum mencapai lokasi bukit King Kong terdapat deretan warung dan kedai makanan. Kantin ini terbuka untuk pendaki yang perlu mengisi perut. Keberadaan kantin ini tentu saja membuat waktu menunggu matahari terbit jadi lebih nyaman. 

Meski di ketinggian, pendaki tidak perlu takut kelaparan atau ketiadaan makanan karena adanya kantin ini. Setelah puas menikmati keindahan Bromo dari Bukit King Kong, pendaki bisa melanjutkan perjalanan ke puncak.  

Spot Wisata Bromo Lainnya

Selain Bukit King Kong, gunung setinggi kurang lebih 2.329 mdpl ini juga memiliki spot wisata alam lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah viewpoint lainnya di kawasan Gunung Bromo. Spot ini merupakan tempat tertinggi untuk mendapatkan pemandangan gunung tersebut. Dari titik ini, pemandangan Gunung Batok akan lebih terlihat jelas dibandingkan dari King Kong Hill. 

Penanjakan Bromo

Viewpoint lainnya yang telah memiliki popularitas sejak lama di kalangan pendaki Bromo adalah Penanjakan Bromo. Spot ini bahkan sudah memiliki fasilitas lengkap seperti toilet hingga musala. Tidak heran jika spot ini seringkali padat pengunjung yang menanti sunrise. 

Lanskap Bromo dari titik ini memang lebih luas dan menyeluruh. Namun, kepadatan pendaki di sini sering tidak bisa terhindarkan. Itulah kenapa bermunculan tempat alternatif seperti King Kong Hill dan Bukit Cinta.

Lautan Pasir

motor parkir di lautan pasir
Kendaraan roda dua parkir di kawasan Lautan Pasir – FOto: Gmaps/Han Vlog42 Official

Lautan Pasir Bromo adalah hamparan debu sisa erupsi yang menutupi kaki gunung ini. Areanya luas dan terlihat seperti lautan dari ketinggian. Pemandangan Lautan Pasir di sini adalah salah satu pengalaman menarik. 

Jika beruntung, saat hamparan awan tidak terlalu menutupi, pendaki bisa menyaksikan pemandangan unik di sini. Pemandangan itu adalah temaram sorot lampu dari barisan jeep yang menuju Kawah Bromo. Di balik kabut, pemandangan ini tampak begitu menawan dan takkan terlupakan.

Lokasi King Kong Hill

Spot sunrise di perbukitan ini berada di sebelah utara Gunung Bromo. Lokasi tepatnya di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur 67177. Objek wisata alam ini bisa dicapai dengan berjalan kaki atau gabungan dengan mengendarai jeep.

Berikan Rating

4.4 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: