PENANJAKAN BROMO Tiket, Aktivitas & Pesona Februari 2024

PENANJAKAN BROMO

  • Harga Tiket Masuk: Gratis - Rp29.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur , Indonesia, 67177

Penanjakan Bromo, terkenal juga dengan sebutan Penanjakan 1 Bromo, adalah salah satu viewpoint sunrise di Taman Nasional Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Penanjakan adalah spot dengan titik lokasi tertinggi yaitu sekitar 2.700 mdpl. 

Sebagai titik tertinggi, tentu saja pendaki bisa menikmati lanskap Bromo paling luas di sini. Tempat wisata ini juga merupakan camping ground dengan fasilitas lengkap dan nyaman.

Harga Tiket Masuk Penanjakan Bromo

Pengunjung Taman Nasional Bromo yang ingin ke Penanjakan Bromo tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, ada tiket masuk jalur pendakian mulai dari 29 ribu rupiah per orangnya. Sementara pengunjung yang ingin menyewa jeep atau paket tur bisa merogoh kocek mulai dari 160 ribu rupiah.

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk PendakianMulai dari Rp 29.000
Sewa JeepMulai dari Rp250.000
Harga Tiket Masuk Penanjakan Bromo dan Biaya Sewa

Baca: BROMO HILL SIDE Harga Tiket Masuk dan Keunikan Kafe

Jam Buka Penanjakan Bromo

Penanjakan Bromo buka 24 jam setiap hari. Bagi yang ingin memburu matahari terbit, sebaiknya mulai melakukan pendakian sejak dini hari. Untuk mempersingkat waktu pendakian, pengunjung bisa menyewa jeep dari pintu masuk.

Pesona Penanjakan Bromo

Penanjakan Bromo adalah puncak dari Gunung Penanjakan yang berada di kawasan Pegunungan Tengger. Titik ini merupakan spot tertinggi di sekitar Gunung Bromo. Berada di ketinggian 2.700 mdpl sering menjadi pilihan sebagai viewpoint sunrise.

Wisata kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi liburan yang populer. Banyak orang yang ingin merasakan berada di tengah suasana alam Bromo yang eksotis. Mulai dari Lautan Pasir-nya hingga pemandangan sunrise

Khusus sunrise, Bromo memang menyajikan pemandangan yang spesial dan unik. Untuk itu, banyak spot-spot khusus yang menjadi tempat untuk menikmati sajian ini. Penanjakan Bromo atau Penanjakan 1 adalah titik yang paling sering dipadati oleh wisatawan pemburu sunrise.

Baca: LAUTAN PASIR BROMO Tiket & Aktivitas

Sunrise di Penanjakan 1 Bromo

Gapura menuju tempat menikmati sunrise di Penanjakan 1 Bromo
Gapura gerbang masuk jalur pendakian Penanjakan – Foto: GMaps/AHMAD S MAJID

Wisatawan yang menanti matahari terbit di spot wisata ini akan mendapatkan pemandangan lautan awan menjelang pagi hari. Lautan awan ini akan menutupi kawasan kaki Gunung Bromo karena perbedaan temperatur. Matahari akan tampak terbit dari balik dinding Kaldera Tengger yang ada di sisi timur. 

Pengunjung tidak hanya mendapatkan pemandangan satu gunung saja, tetapi juga empat gunung lainnya. Dari titik Penanjakan di hari cerah, wisatawan bisa mengamati Gunung Bromo, Gunung Batok, hingga Puncak Semeru yang menawan. 

Sinar matahari yang perlahan baik akan membuat langit dan permukaan pegunungan berwarna semburat oranye. Pemandangan ini akan menyatu dengan hamparan awan putih yang tampak lembut. Asap dari kawah Bromo yang membumbung tinggi juga turut menambah keelokan peristiwa sunrise ini. 

Baca: King Kong Hill Menikmati Sunrise dan Panorama Lautan Awan

Pegunungan dan Milky Way

Selalu ramai pengunjung terutama pada saat pagi hari.
Kawasannya selalu ramai wisatawan yang memburu sunrise – Foto: Gmaps/Fahreza Aji Pratama

Sebagai spot tertinggi di sekitar Bromo, area ini memang memberikan sajian lanskap yang paling luas. Wisatawan bisa dengan leluasa menyaksikan garis pegunungan, dinding kaldera, lautan pasir, hingga milky way

Pemandangan milky way dari sini bahkan jadi salah satu daya tarik populer dari Penanjakan 1. Udara yang bersih dan minim polusi udara membuat hamparan bintang menampakkan diri di langit tanpa malu. Tidak heran jika banyak pegiat fotografi yang menunggu malam hari untuk menangkap keindahannya dengan kamera. 

Baca: Bukit Teletubbies Bromo Tiket & Ragam Aktivitas

Jalan Kaki atau Jeep

tangga menuju Penanjakan 1 Bromo
Wisatawan perlu menaiki anak tangga untuk mencapai lokasi – Foto: Gmaps/FARHAN HABIBIE

Mencapai Penanjakan Bromo sebenarnya tidak terlalu sulit. Pengunjung memiliki dua opsi perjalanan, yaitu berjalan kaki atau menggunakan jeep. Tergantung selera dan kekuatan fisik, wisatawan bisa memilih di antara keduanya. 

Berjalan kaki lebih cocok bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualang dan eksplorasi. Pendakian ke sini memang cukup menantang karena banyaknya jalur ekstrem. Jika sanggup, pendaki bisa menggunakan jalur ini untuk sampai ke viewpoint sunrise di Penanjakan.

Sementara itu, pengelola Taman Nasional Bromo juga menyediakan penyewaan transportasi jeep. Pilihan ini sangat tepat bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Wisatawan juga bisa memilih jeep ketika tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengejar sunrise

Camping Ground

Area berkemah di sekitar Pananjakan 1 Bromo
Bermalam dengan mendirikan tenda di puncak Penanjakan – Foto: Gmaps/An. Jayyy (Mas Jay)

Penanjakan Bromo merupakan spot berkemah yang ideal. Bagaimana tidak, di sini wisatawan memiliki lahan datar yang cukup nyaman untuk membangun tenda. Fasilitas dasar untuk berkemah seperti toilet dan warung pun tersedia. Jika tidak ingin repot mendaki dini hari demi pemandangan matahari terbit, camping bisa jadi pilihan tepat.

Ngopi di Gunung

warung kopi di Penanjakan Bromo
Salah satu warung nyaman untuk beristirahat dan mengisi perut – Foto: Gmaps/Willa Taufany

Perjalanan pulang-pergi tanpa bermalam pun bukan hal aneh. Wisatawan yang sudah memuaskan mata dengan pemandangan alam bisa melipir sejenak ke warung yang tersedia. Di sini, terdapat sejumlah warung dan kedai kopi yang nyaman. Tidak hanya untuk makan, tetapi juga untuk minum kopi sambil menikmati keindahan alam pegunungan di sekitar. 

Spot Wisata Bromo Lainnya

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bromo yang bisa dikunjungi setelah dari Penanjakan 1 Bromo:

  • Bukit Cinta, spot sajian sunrise lainnya yang tak kalah indah 
  • King Kong Hill, bukit dengan pemandangan ke lanskap Bromo yang cantik, alternatif jika Penanjakan 1 penuh oleh wisatawan 
  • Lautan pasir, Hamparan pasir luas sisa erups yang kini menjadi ikon Bromo. 
  • Bukit Perahu View Point, spot sunrise lainnya sebagai alternatif.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia yaitu camping ground, toilet, musala, serta sejumlah kafe dan warung. 

Lokasi Penanjakan Bromo

Viewpoint sunrise ini berada di bagian utara Taman Nasional Bromo. Lokasinya berada di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Wisatawan bisa menjangkau kawasan wisata ini dengan jalan kaki atau menggunakan jeep.

Berikan Rating

4.5 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: