Beranda Tiket Wisata

PUNCAK B29 Keindahan Pemandangan Fantastis - Mei 2020

Puncak B29 Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani,Sukapura,Lumajang,Jawa Timur,Indonesia,67254.

Bagi para pendaki pastilah mengenal puncak B29 yang berlokasi di Lumajang. Tempat yang sering disebut-sebut sebagai negeri di atas awan. Memiliki ketinggian 2.900 mdpl menyebabkan tempat ini disebut sebagai puncak B29.Puncak ini masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo. Dari sini, pengunjung bisa melihat Gunung Bromo.

Perjalanan menuju kawasan ini memiliki jalan yang curam dan sulit. Karena itu disarankan agar tidak menggunakan motor ataupun mobil bertransmisi matic. Penggunaan kendaraan matic pasti tidak akan diijinkan naik ke puncak karena dapat membahayakan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Puncak B29

Untuk masuk ke sini, dikenakan tarif yang sangat terjangkau. Rp5.000 untuk per orangnya. Sedangkan untuk parkir dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per kendaraan. Parkir di depan warung juga diperbolehkan hanya dikenai tarif lebih mahal.

Harga Tiket Masuk Puncak B29
Harga tiketRp5.000

Baca: Pesona Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Jam Buka

Tempat ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Untuk berkunjung disarankan jangan pada waktu hujan. Dikarenakan medan yang ada jadi berlumpur dan pemandangannya tertutup kabut tebal.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Aktivitas Wisata di Puncak B29 Lumajang

Beragam aktivitas wisata bisa dilakukan di sini. Lokasinya berada di ketinggian menawarkan keindahan alam perbukitan hijau. Selain tentu berbagai kegiatan lain, berikut beberapa diantaranya.

Melihat Sunrise dari Puncak B29

sunrise atau matahari terbit di Puncak B29 Lumajang
Pemandangan sunrise Puncak B29 Lumajang – Instagram/hanantyo

Pergi ke puncak B29 tidak lengkap jika tidak melihat matahari terbit. Pemandangan matahari terbit di puncak ini benar-benar memanjakan mata pengunjung. Untuk berkunjung melihat matahari terbit, pengunjung disarankan agar sampai di puncak pukul 4 pagi.

Karena tiba di puncak pada dini hari, maka jangan lupa untuk membawa jaket tebal. Suhu di puncak bisa mencapai 9 derajat celcius saat dini hari. Jangan sampai terkena hipotermia karena lupa membawa jaket ya.

Berkemah

Berkemah di Puncak B29 Lumajang
melihat sunrise saat berkemah – Instagram/sondik23

Tidak ingin telat menyaksikan matahari terbit? Pengunjung bisa berkemah di puncak B29 ini. Karena tidak ada penyewaan tenda, maka pengunjung harus membawa tenda sendiri. Cukup banyak juga pengunjung yang datang dari pukul 2 pagi dan berkemah disini.

Tak hanya pemandangan matahari terbit saja yang bisa pengunjung lihat jika berkemah. Pemandangan matahari terbenam juga bisa disaksikan saat pengunjung berkemah di puncak. Tidak perlu bolak balik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam, cukup berkemah saja.

Tidak perlu khawatir jika lapar saat berkemah. Ada warung yang menyediakan makanan mulai dari mie hingga nasi. Tak hanya makanan tetapi juga ada minuman hangat seperti kopi, teh, susu, dll. Makanan dan minuman hangat merupakan pelengkap yang pas di udara dingin.

Melihat pemandangan kaldera Bromo

Pemandangan Kaldera Gunung Bromo
Pemandangan gunung Bromo dari Puncak B29 Lumajang – Instagram/ade.tourguide

Jika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa menyaksikan kaldera Bromo yang sangat luas. Kaldera ini meliputi lautan pasir, gunung Bromo dan gunung Batok. Kaldera sendiri adalah pusat letusan yang memiliki diameter lebih dari 2 meter.

Kaldera Bromo sendiri merupakan bagian dari gunung Bromo purba raksasa yang termasuk mega vulkano. Di sekeliling kaldera nampak barisan perbukitan yang sangat indah.

Melihat letusan di Puncak Mahameru

Meski memiliki jarak 18 km, Puncak Mahameru dapat terlihat jelas dari sini. Saat cuaca sedang cerah, maka puncak Mahameru akan terlihat semakin indah dan jelas.

Gunung Semeru memiliki kawah yang masih aktif sehinga sesekali akan nampak adanya letusan. Letusan ini berupa awan panas putih. Walau ada letusan, namun letusan ini tidak membahayakan pengunjung.

Melihat Gunung Arjuno – Welirang

Tak hanya pemandangan dari Gunung Bromo dan puncak Mahameru saja, pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan lain. Pemandangan di sebelah barat ini merupakan Gunung Arjuno – Welirang. Pemandangan akan terlihat sangat indah apabila cuaca sedang cerah.

Melihat puncak Gunung Argopuro dan Raung

Jika sebelah barat ada Arjuno – Welirang, maka di sebelah timur ada gunung lain. Gunung Argopuro dan Gunung Raung berada di sebelah timur puncak B29. Gunung Argopuro akan terlihat seperti melayang.

Tidak hanya itu, Gunung Argopuro juga akan terlihat dikelilingi awan putih. Selain Gunung Argopuro, jika cuaca sedang cerah maka Gunung Raung juga akan terlihat dengan jelas.

Fasilitas

Di kawasan wisata ini memiliki fasilitas yang lengkap yaitu :

  • Penginapan
  • Ojek
  • Tempat parkir
  • Warung
  • Toilet
  • Mushola

Lokasi Puncak B29 Lumajang

Kawasan wisata ini  terletak di Argosari, Senduro, Nganjir Lumajang. Berada satu lokasi dengan Taman Nasional Bromo Tengger. Bisa diakses baik melalui kota Malang maupun kota Lumajang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca