LEMBAH OYA KEDUNGJATI Tiket, Daya Tarik dan Akses Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Lembah Oya Kedung Jati: Gratis
  • Jam Buka: 06.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Dusun Kedung Jati, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta , Indonesia, 55782

Lembah Oya Kedungjati ialah destinasi wisata alam di aliran Sungai Oya yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini populer terutama di kalangan muda-mudi sebagai hidden gem untuk healing yang murah-meriah.

Sungainya yang hijau kebiruan dan masih sangat jernih memang menyegarkan pandangan. Di sini, wisatawan dapat menikmati beberapa aktivitas rekreasi di sekitar sungai. 

Harga Tiket Masuk Lembah Oya Kedungjati

Berkunjung ke sini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan dan wahana bagi yang ingin menaikinya. 

Jenis TiketHarga 
Tiket MasukGratis
ParkirRp3..000 – Rp5.000/kendaraan
KanoRp10.000/10-15 menit
Sewa Pelampung (Ban atau Jaket)Rp5.000 – Rp10.000
CampingRp10.000 per orang
Harga Tiket Masuk dan Camping di Lembah Oya Kedungjati

Baca: Pantai Parangtritis Harga Tiket Masuk dan Aktivitas

Jam Buka Lembah Oya Kedungjati

Pengunjung Lembah Oya Kedungjati bisa berwisata di sini mulai pukul 6 pagi. Aktivitas rekreasi di sungai buka hingga sore hari. Akan tetapi, pengunjung hanya bisa mengantri untuk naik kano hingga pukul 2.30 siang saja. Sementara itu, tempat ini buka 24 jam untuk kegiatan berkemah.

HariJam Operasional
Setiap Hari06.00 – 17.00 WIB (pendaftaran kano tutup 14.30 WIB)
Jam Buka

Daya Tarik Lembah Oya Kedungjati

sunset, matahari terbenam, Lembah Oya Kedung Jati
Indahnya matahari terbenam di Lembah Oya – Foto: Gmaps/ yulia putra

Lembah Oya Kedungjati adalah destinasi wisata alam di aliran Sungai Oya yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warga sekitar dan banyak wisatawan lokal sering kali menyebutnya sebagai ‘Lembah Oyo Kedung Jati’. Objek wisata ini berupa area lembah dengan tebing dan hutan alami yang mengelilingi.

Lembah yang sempat viral ini resmi menjadi objek wisata di pertengahan tahun 2023. Sebelumnya, Lembah Oya cukup populer sebagai tujuan healing murah-meriah. Sungainya yang hijau kebiruan dan masih sangat jernih memang menyegarkan pandangan. Suasana sekitar pun sangat tenang dengan pemandangan yang asri. 

Lokasi Lembah Oya yang cukup tersembunyi membuat banyak yang menjulukinya sebagai salah satu hidden gem di Imogiri, Bantul. Di sini, wisatawan dapat menikmati beberapa aktivitas rekreasi di sekitar sungai.

Beberapa di antaranya yaitu berperahu, berenang, berkemah, hingga menaiki kano. Keamanan selama berwisata di sini sudah terjamin oleh adanya petugas keselamatan yang terlatih secara profesional.

Baca: Hutan Pinus Pengger Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik

Lanskap Lembah

sungai yang jernih
Kondisi sungai yang masih sangat jernih dan terjaga kebersihannya – Foto: Gmaps/phadma arum shaffira

Lembah Oya merupakan salah satu titik di aliran Sungai Oya yang mengalir sejauh kurang-lebih 106 kilometer. Sungai dengan hulu di Gunung Kidul ini memiliki muara di kawasan Pantai Selatan. Begitu tiba di lokasi, sungai yang tenang dengan tebing di sekelilingnya akan menjadi pemandangan yang menyambut wisatawan. 

Daya tarik objek wisata ini adalah aliran sungainya yang luas dan tenang. Penampakan sungainya hampir menyerupai danau. Airnya berwarna biru kehijauan dan sangat jernih. Terlihat dari tepian sungainya yang menampakkan dasar bebatuan sungai dengan jelas.

Di beberapa bagian tengah sungai, terdapat sejumlah endapan tanah yang menyerupai pulau kecil. Sedangkan tepiannya berhiaskan tebing batu dan pepohonan yang menjulang tinggi. Airnya yang bersih dijamin mengundang siapa saja untuk bermain-main dengan kesegarannya.

Baca: Gumuk Pasir Parangkusumo Harga Tiket Masuk dan Aktivitas

Rekreasi Sungai

kano, mendayung, perahu
Menikmati kegiatan berperahu kano di sungai – Foto: Gmaps/Tunggal Purwarsono

Sejumlah aktivitas rekreasi sudah tersedia di sini untuk menemani para wisatawan. Salah satu yang paling mencolok ialah kegiatan mendayung kano. Dengan biaya terjangkau, pengunjung bisa mencoba naik kano sendiri atau berpasangan. Dapatkan pengalaman mendayung di sungai yang tenang dan jernih.

Selain kano, pengunjung bisa bermain di air secara langsung dengan berenang. Akan tetapi, wisatawan tidak boleh sembarang langsung melompat ke air. Semua pengunjung yang ingin berenang harus mengenakan jaket atau ban pelampung. Meski tampak tenang, namun kondisi arus sungai sewaktu-waktu dapat berubah. 

Hunting Foto

Lembah Oya, fotografi, hunting foto
Keindahan pemandangan sebagai objek foto – Foto: Gmaps/BOCAH NDESO

Selain menikmati rekreasi di sungai, pengunjung juga dapat menyalurkan minat fotografinya di sini. Pemandangan alam di Lembah Oya Kedungjati adalah objek foto yang tentu sayang untuk dilewatkan. Pengunjung bisa menangkap keindahan dari perbukitan batu dan aliran sungai dengan langit biru sebagai latarnya.  

Camping & Piknik

camping, berkemah
Pengunjung mendirikan tenda di tepian Sungai Oya – Foto: Gmaps/Lantip Nugroho

Wisatawan juga dapat berkemah di sekitar Lembah Oya Kedungjati. Tempat wisata ini menyediakan camping ground di tepi sungai yang cukup luas. Pengunjung bisa membawa perlengkapan berkemah pribadi atau menyewanya langsung di lokasi. 

Di sini juga tersedia banyak area yang luas untuk menggelar tikar dan piknik. Sejumlah gazebo juga tersebar di beberapa titik. Wisatawan dapat beristirahat dan menikmati bekalnya di sini sambil menikmati pemandangan sekitar. Tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan sendiri karena terdapat warung yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan. 

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Lembah Oya Kedungjati terbilang sangat memadai dan lengkap. Sarana tersebut yaitu area parkir, toilet, musala sederhana, warung jajanan, penyewaan pelampung, camping ground, dan penyewaan perlengkapan camping

Lokasi Lembah Oya Kedungjati

Wisata alam Lembah Oya Kedungjati berada di Dusun Kedung Jati, Kelurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses ke Lembah Oya Kedungjati

akses jalan
Jalan ke lokasi yang kurang ideal untuk dilalui mobil – Foto: Gmaps/Yani Kustriyanto

Untuk menuju lokasi Lembah Oya Kedungjati, wisatawan bisa memanfaatkan aplikasi penunjuk arah dengan patokan titik Wisata Sriharjo. Dari sini, pengunjung hanya perlu lurus mengikuti bantaran sungai hingga menemui jembatan gantung. Sebrangi jembatan, kemudian lurus lagi hingga bertemu lokasi Lembah Oya.

Perlu dicatat bahwa akses jalan hingga ke Wisata Sriharjo masih bisa dilalui mobil. Akan tetapi, jalan di sepanjang tepian sungai hanya berupa jalan berpasir yang sempit. Jalan ini lebih ideal untuk kendaraan roda dua. Pengunjung sebaiknya menggunakan motor untuk datang ke lokasi wisata ini.

Ulasan Pembaca

4.8 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *