Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta merupakan obyek wisata yang unik dan menarik. Menawarkan aktivitas bermain di hamparan pasir yang jarang ditemui seperti sandboarding. Ditambah lagi kegiatan-kegiatan lain layaknya berwisata ke pantai.

Kabarnya lokasi wisata ini menjadi satu-satunya area sandboarding di Asia Tenggara. Karena fenomena munculnya gumuk ini cukup jarang terjadi di dunia. Di Indonesia sendiri yang tercatat dan terkenal baru di pantai Parangtritis Yogykarata.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Kalau ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Hanya mengeluarkan beberapa ribu rupiah untuk biaya parkir. Sedangkan untuk bermain sandboarding pengunjung akan dikenakan biaya tertentu.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo
Tiket Masuk Gratis
Sewa Papan Sandboarding Rp70.000 – Rp100.000

Baca: Bukit Lintang Sewu Bantul Tiket & 6 Spot Foto Top

Jam Buka

Berkunjung dan bermain di kawasan wisata ini, pengunjung bisa datang hari apa saja. Karena lokasi wisata buka setiap hari.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 – 18.00 WIB

Aktivitas Wisata di Gumuk Pasir Parangkusomo

Gundukan hamparan pasir ini bukan sembarangan gundukan pasir. Di hamparan pasir ini terdapat salah satu aktivitas yang paling populer di sini, yaitu sandboarding. Selain itu, di kawasan  wisata ini pengunjung juga bisa melakukan bebeberapa aktivitas. Berikut beberapa diantaranya.

1. Bermain Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo

aktivitas sandboarding di gumuk pasir parangkusumo
Bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan aktivitas favorit wisatawan. Foto: Instagram/rishalegra

Sudah disinggung sebelumnya bahwa lokasi gumuk pasir merupakan fenomena alam yang sangat jarang terjadi di dunia. Oleh karena itu lokasi Gumuk pasir yang ada di Bantul ini sangat istimewa. Pengujung bisa melakukan aktivitas sandboarding.

Jika ingin melakukan sandboarding biasanya harus pergi ke daerah asia dengan geografi berpasir. Di gumuk ini pengunjung akan mendapatkan hal yang sama. Selain itu, pasir yang ada disini berasal dari pasir pantai yang menggunduk akibat erosi.

Jika pengunjung tidak membawa sandboard sendiri ada tempat penyewaan yang menyewakan sanboard dengan harga 70.000. Tidak ada durasi yang ditetakan untuk penyewaan tersebut. Pengunjung dapat main sepuasnya sampai tempatnya tutup.

Baca: PUNCAK BECICI Bantul Jogja Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

2. Berkliling Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Cemara Sewu

pantai parangkusumo
Bersantai atau mencoba berbagai aktivitas di pantai Parangkusumo. Foto: Google Maps/Bramanditya issudibya

Selain bermain sandboarding di kawasan ini juga terdapat beberapa pantai. Pantai-pantai yang bisa dikunjungi seperti pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Cemara Sewu. Ke tiga pantai ini masih dalam satu garis pantai yang sama.

Pantai yang paling dekat dengan lokasi Gumuk Pasir tentu Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis. Namun jika ingin suasana yang lebih sepi bisa memilih pantai cemara sewu. Jarakanya kurang lebih 550 meter dari Gumuk Pasir Parangkusumo.

Baca: Hutan Pinus MANGUNAN Bantul Tiket & 4 Aktivitas Top

3. Menyaksikan Sunset Di Pantai

sunset di pantai cemara sewu
Menikmati sunset di pantai cemara sewu yang tidak jauh dari gumuk pasir parangkusumo. Foto: Googlem Maps/Yana PCS Channel

Keromantisan suasana senja di pantai bisa dinikmati di sini. Wisatawan bisa memilih pantai ternyaman untuk menikmati sunset di sore hari. Jika malas berjalan agak jauh pantai Parangtritis dan Parangkusumo bisa menjadi pilihan.

Namun jika ingin suasana yang lebih tenang dan sepi pantai Cemara Sewu tempat yang tepat. Keindahan matahari terbenam berwarna merah keemasan akan menjadi sajian utama wisatawan yang mengantar mentari ke peraduan.

Baca: GRAND PURI WATERPARK Bantul Tiket & Wahana

4. Berkeliling dengan Mobil JEEP

berkeliling menggunakan jeep
Berkeliling kawasan wisata gumuk pasir parangkusumo menggunakan jeep. Foto: Instagram/jawaratourjogja

Pengunjung yang baru pertama kali datang kesini perlu untuk mencoba wahana ini. Yaitu berkeliling area Gumuk Pasir Parangkusumo menggunakan mobil Jeep. Rasanya seperti berada wisata serupa di Dubai.

Pengunjung akan dibawa berkeliling melewati lembah dan bukit pasir yang ada di gumuk pasir ini. Mengendarai mobil Jeep yang memiliki konsep mobil untuk berpetualang. Tentu pengunjung akan merasakan dalam suasana petualangan yang sebenarnya pada lokasi ini.

Baca: BALONG Waterpark Bantul Yogya Tiket & 2 Wahana Pilihan

5. Beragam Spot Foto Menawan

foto dengan latar belakang hamparan pasir
Foto dengan beragam latar belakang menawan bisa didapat dengan mudah di sini. Foto: Google Maps/Arief Wicaksana

Pengunjung bisa menggunakan spot seperti kaki gundukan gumuk yang tinggi dan curam atau pohon-pohon kaktus yang ada dissekitar area. Atau bisa juga menggunakan pasir-pasir di gumuk sebagai teman untuk berfoto. Tentu dikecualikan untuk spot-spot tertentu yang berbayar seperti menggunakan mobil Jeep atau berfoto di taman bunga berbentuk hati.

Ada juga spot foto lainnya yaitu berupa taman bunga berbentuk love yang bisa dijadikan lokasi foto instagrammable. Namun untuk berfoto di sini pengunjung akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah.

Fasilitas

Jika berkunjung kesini pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan atau memarkirkan kendaraan. Karena lokasi pariwisata ini sudah lengkap dengan warung makan, area parkir kendaraan, toilet. Sehingga berlama-lama disini juga tidak akan membuat pengunjung tidak nyaman dengan minimnya fasilitas.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagi para wisatawan yang merencanakan untuk berkunjung ke lokasi pariwisata gumuk Parangkusumo berada di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10 Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,76 / 25 pembaca