Beranda Tiket Wisata

BUKIT MOJO GUMELEM Tiket Murah Beragam Wahana Foto - Mei 2022

0
Bukit Mojo GumelemHarga Tiket Masuk: Rp2.000 - Rp3.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Kanigoro, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia, 55783

Bantul memiliki bentang alam pegunungan yang indah, sebut saja misalnya Bukit Mojo Gumelem. Objek wisata ini menyajikan pemandangan alam dataran tinggi yang memukau. Dengan berbagai lokasi untuk menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Ditambah dengan adanya berbagai wahana foto kekinian mempercantik tampilan kawasan wisatanya.

Lokasinya berjarak kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk sampai ke objek wisata ini, disarankan saat pagi hari dan di musim kemarau. Selain berfoto, wisatawan juga dapat mencoba kuliner di warung-warung yang tersedia. Tentu sangat menyenangkan menyantap hidangan hangat di kawasan dataran tinggi yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Bukit Mojo Gumelem Bantul

Objek wisata ini menetapkan tarif tiket masuk yang sangat terjangkau. Wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir sesuai dengan kendaraan. Untuk beberapa spot foto, ada tarif tersendiri sekali foto.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp2.000
Tarif per wahana fotoRp3.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Pantai Pelangi Bantul Tiket Murah Bisa Liat Penyu

Jam Buka Bukit Mojo Gumelem Bantul

Objek wisata ini buka sepanjang waktu. Namun, waktu yang tepat berkunjung adalah di pagi hingga sore hari. Karena di malam hari, penerangan belum cukup baik. Dan pemandangan dataran tinggi pun tidak dapat diabadikan karena gelap.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Arsitektur Kayu yang Menyatu dengan Alam

Gapura Memasuki Kawasan Bukit Mojo
Gapura Memasuki Kawasan Bukit Mojo. Foto: Gmap/Indra Hadiwidjaja, CFP

Objek wisata Bukit Mojo sudah berdiri lama, tepatnya pada Agustus 2016. Kawasan wisata yang berdiri di tanah milik Kehutanan. Di mana pihak Kehutanan dengan pengelola objek wisata sepakat tanah seluas 1,8 hektar ini dikelola untuk wisata.

Tak heran jika untuk menuju ke lokasi, wisatawan harus memasuki kawasan hutan. Dengan kanan kiri pepohonan jati yang rimbun. Tak perlu khawatir karena pengelola sudah mempersiapkan akses yang baik untuk kendaraan. Sehingga akan terasa lebih nyaman ketika berkunjung ke objek wisata.

Pada saat memasuki kawasan wisata terdapat sebuah gapura dari bambu dengan tulisan “Selamat Datang di Bukit Mojo”. Bangunan di kawasan wisata semuanya menggunakan kayu. Mulai dari loket tiket, serta warung-warung dan gazebo yang ada di objek wisata. Menjadikan kawasan tempat ini semakin tampak asri dan menyatu dengan alam.

Baca: PANTAI BARU Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik

Pemandangan Memukau di Alam Bukit Mojo

Pemandangan Indah dari Puncak Bukit Mojo
Pemandangan Indah dari Puncak Bukit Mojo. Foto: Gmap/arief wintolo

Daya tarik utama objek wisata ini yaitu pemandangan dari ketinggian. Dari atas gardu pandang yang telah tersedia, wisatawan dapat menyaksikan indahnya bentang alam dataran tinggi. Perbukitan berselimut hijaunya pepohonan menjadi suguhan di hadapan mata. Menyegarkan mata siapa pun yang memandangnya.

Pada saat hari cerah, langit yang biru turut menjadi tambahan pemandangan. Warna biru langit dan hijaunya perbukitan menjadi harmoni pemandangan yang menakjubkan. Tak hanya itu, di bagian bawah juga terdapat sungai yang tampak mengalir. Sesekali tampak jernih, namun di waktu tertentu tampak berlumpur.

Jika wisatawan datang di pagi hari, terkadang kawasan sungai ini masih tertutupi oleh kabut. Sehingga akan tampak gumpalan-gumpalan putih seperti awan yang menutupi kawasan sungai. Membuat pemandangan semakin menarik dan memesona.

Baca: HUTAN PINUS MANGUNAN YOGYA Tiket & Aktivitas

Wahana Foto Unggulan di Bukit Mojo

Spot Foto Sarang Burung
Spot Foto Sarang Burung. Foto: Gmap/umi datul

Terdapat beberapa wahana foto berbayar yang menjadi unggulan di objek wisata ini. Ada wahana foto bunga matahari, yaitu gardu pandang berbentuk bunga matahari yang sedang mekar. Kelopaknya tampak kuning menyala, dengan bagian tengah berwarna oranye. Kemudian bagian tengahnya berbentuk bulat inilah yang menjadi pijakan ketika berfoto.

Satu kali foto dapat memuat hingga 4 orang. Namun tentunya, sebaiknya tidak terlalu banyak, karena di kanan kiri gardu pandang tidak ada pegangan. Wahana foto lain yang menjadi favorit adalah sarang burung. Layaknya sarang burung, bentuknya melingkar dengan anyaman seperti ranting.

Tempat ini dapat memuat 2 orang, dengan posisi duduk. Biasanya, wisatawan akan berfoto sambil duduk bersandar dengan dinding sarang. Di sekitar sarang juga terdapat hiasan dedaunan, sehingga tampak lebih menarik.

Baca: PUNCAK SOSOK Wisata Panorama Malam Perbukitan

Wahana Foto Berbentuk Hati yang Romantis

Bagi pasangan yang berkunjung ke objek wisata ini, tentu akan senang dengan wahana foto romantis. Salah satu yang dapat dicoba yaitu gardu pandang dengan bentuk hati. Sebuah papan kayu berbentuk hati berwarna pelangi. Wisatawan bisa duduk berdua dan berfoto dengan latar belakang pemandangan alam.

Kesan romantis akan terabadikan dalam foto. Apalagi jika mengambil gambar saat momen matahari terbenam. Langit yang mulai jingga menambah kesan romantis.

Baca: KEBUN BUAH MANGUNAN Tiket & Aktivitas

Berfoto Rombongan di Gardu Pandang Kayu

Berfoto Estetik di atas Gardu Pandang
Berfoto Estetik di atas Gardu Pandang. Foto: Gmap/Marcellina Nadia Maharani

Beberapa wahana foto gardu pandang dibuat lebih besar agar dapat menampung beberapa orang. Seperti halnya gardu pandang yang terbuat dari kombinasi kayu dan bambu. Dengan bentuk persegi panjang dapat menampung hingga 5 orang dengan aman. Karena di kanan kirinya terdapat bambu sebagai pembatas dan pegangan ketika di gardu pandang.

Pemandangan yang didapatkan pun tak kalah indahnya. Perbukitan berselimut pepohonan, membuatnya tampak begitu hijau. Berpadu dengan langit biru yang menaunginya.

Selain gardu pandang, ada juga bangunan-bangunan berbentuk rumah di kawasan wisata. Wisatawan dapat masuk ke rumah tersebut, yang bangunannya terbuat seluruhnya dari kayu.

Lokasi Bukit Mojo Bantul

Objek wisata ini berlokasi di Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari arah Kota Yogyakarta, dapat melalui Jalan Imogiri Timur ke arah Mangunan. Hingga sampai di Balai Desa Mangunan, belok ke arah timur sampai Jurang Tembelan. Lalu ikuti jalan terjal berbatu sepanjang 2 kilometer hingga bertemu papan penunjuk arah Bukit Mojo.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini