KEBUN BUAH MANGUNAN Harga Tiket dan Aktivitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Puncak Kebun Buah Mangunan: Rp5.000 - Rp6.000
  • Jam Buka: 05.00 - 18.00
  • Nomor Telepon: +62 819-0411-5762
  • Alamat: Jl. Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55783

Berlibur di pegunungan memang menyenangkan. Dapat menikmati sejuknya udara serta pemandangan indah dari atas perbukitan. Wisata seperti ini dapat dinikmati di Bantul, tepatnya di Kebun Buah Mangunan.

Beruntungnya Jogja punya bentang alam yang begitu indah. Ada pantai, gunung, bukit, serta kota dan budaya yang sangat menarik. Kebun Buah Mangunan hadir sebagai objek wisata yang begitu menarik minat wisatawan. Apalagi di pagi hari, pemandangannya tak ubahnya seperti negeri di atas awan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Untuk masuk ke objek wisata ini harga tiketnya murah. Hanya Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp6.000 untuk akhir pekan. Serta dikenakan tarif parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Dan jika pengunjung ingin memancing, di sini pun terdapat kolam pancing. Pengunjung harus membayar biaya tertentu di luar tiket masuk.

Syarat berkunjung ke Kebun Buah Mangunan: 

  • Menggunakan masker.
  • Melakukan pengecekan suhu tubuh.
  • Skrining menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
  • Jika tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi dapat menunjukkan sertifikat vaksin dan kartu identitas diri.
  • Bagi wisatawan yang tidak dapat vaksin dapat membawa surat keterangan dokter.
  • Anak usia 12 tahun ke bawah dapat berkunjung dengan pendamping orang tua.
  • Tidak boleh memetik buah yang ada di kebun.

Baca: PUNCAK SONGGO LANGIT Bantul Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan buka setiap hari mulai pagi pukul 05.00 hingga sore pukul 06.00. Namun, tak sedikit pengunjung yang datang sebelum subuh untuk menikmati matahari terbit. Karena bisa melihat kabut yang menyelimuti seolah negeri di atas awan.

Baca: 12 Taman Rekreasi Cantik Di Yogyakarta

Negeri di atas Awan Kebun Buah Mangunan

Pengunjung Memadati Lokasi Kebun Buah Mangunan
Pengunjung Memadati Lokasi objek wisata. Foto: Gmap/Moh. Khatibul Umam

Kebun Buah Mangunan dapat menjadi alternatif wisata pegunungan bagi yang tidak suka mendaki. Pemandangan dari atas perbukitan setinggi 150-200 Mdpl ini begitu memesona. Terlebih saat pagi hari, waktu menikmati matahari terbit dengan udara yang sangat segar. Apalagi ketika cerah, pengunjung dapat menikmati indahnya kabut yang menyelimuti sebelum munculnya matahari.

Kebun seluas kurang lebih 23 hektar ini begitu memesona. Dari atas perbukitan, pengunjung dapat menyaksikan indahnya hijau pepohonan di bawah. Liukkan Sungai Oyo yang melintang menjadi pembatas desa-desa pun tak kalah indahnya. Membawa air yang jernih khas warna sungai, yang menjadikan perpaduan alam menjadi sempurna.

Jalan setapak berundak-undak sudah beralas paving. Di kanan kirinya sudah terdapat pegangan sehingga lebih aman untuk pengunjung ketika berjalan. Di area gardu pandang, terdapat pagar pengaman di tepi tebing. Sehingga pengunjung lebih aman ketika menyaksikan indahnya panorama alam.

Baca: Taman Bunga Matahari Bantul Tiket & Spot Selfie

Wisata Memetik Buah

Kebun Buah Mangunan saat Hari Cerah
Kebun Buah Mangunan saat Hari Cerah. Foto: Gmap/Vigi Verindo

Bernama kebun buah bukan tanpa alasan, karena di sini juga terdapat kebun buah. Kebun buah yang berdiri pada tahun 2003 ini memiliki berbagai jenis tanaman misalnya durian, mangga, belimbing, jeruk, rambutan. Ada juga jambu biji, sirsak, hingga jambu monyet atau jambu mete.

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat musim buah. Karena, pengunjung boleh untuk memetik buah-buahan ini. Di mana, buah-buahan ini selain manis rasanya, juga bisa sebagai objek foto yang indah. Apalagi ketika sedang berbuah lebat.

Pengunjung dapat bertanya kepada pengelola kapan waktu berbuah di kebun buah. Sehingga, dapat menyesuaikan waktu kunjungan sesuai dengan buah favorit. Menikmati buah yang baru dipetik dari pohon tentu akan lebih nikmat rasanya. Apalagi dengan suasana pegunungan yang sejuk.

Baca: STUDIO ALAM GLAMPONG Tiket & 6 Fakta Menarik

Menyaksikan Satwa di Kebun Buah Mangunan

Pemandangan Alam Kebun Buah Mangunan
Pemandangan perbukitan hijau terlihat dari area kawasan wisata. Foto: Gmap/Andi Iswanto

Kebun Buah Mangunan memiliki koleksi satwa yaitu rusa timor. Di sini terdapat penangkaran rusa timor (Cervus timorensis). Rusa-rusa ini berada di dalam kandang dengan pagar besi yang kuat. Namun, pengunjung masih dapat jelas menyaksikan rusa timor ini.

Rusa Timor dapat ditangkarkan di sini karena adanya kerja sama. Yaitu antara pengelola objek wisata ini dengan BKDSA Yogyakarta. Di mana pengelolanya sendiri yaitu pihak Departemen Pertanian dan Kehutanan Pemkab Bantul. Tak heran jika di atas ini terdapat kebun buah dan penangkaran satwa.

Baca: Dino Adventure Wisata Edukasi Dinosaurus

Kegiatan Memancing

Siapa bilang memancing harus di laut atau sungai? Di perbukitan pun dapat juga memancing. Di area wisata ini memiliki kolam pancing yang cukup luas dengan berbagai jenis ikan. Ikan yang ada di sini seperti nila, patin, serta bawal. Pengunjung dapat membawa hasil tangkapan ke rumah sebagai oleh-oleh.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & Aktivitas

Taman Bermain hingga Kolam Renang

Di bagian lebih dalam lagi, pengunjung akan menjumpai taman bermain untuk anak. Lengkap dengan peralatan permainannya, yaitu ayunan, mangkuk berputar, serta monkey bar. Membawa anak-anak ke Kebun Buah Mangunan menjadi hal yang sangat tepat. Tentunya, anak-anak tidak akan bosan berwisata di sini.

Selain taman bermain, di sini juga terdapat kolam renang. Kolam renang ini dangkal dan tidak terlalu besar, hanya untuk anak-anak. Air di kolam renang begitu sejuk, sangat tepat jika datang pada siang hari.

Baca: Hutan Pinus Mangunan Tiket & Aktivitas

Indahnya Matahari Terbit dan Terbenam

kabut di puncak
Kabut yang menyelimuti area perbukitan sekitar objek wisata. Foto: Gmap/Fatika Ayu

Kebun Buah Mangunan menjadi incaran tempat untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Bahkan pengunjung rela datang sebelum subuh supaya tidak ketinggalan momen keindahannya. Sebelum terbit, kabut memenuhi area di bawah kebun sehingga terlihat seperti negeri di atas awan. Kemudian muncul matahari yang perlahan menyapu kegelapan dengan sinarnya yang indah.

Di kala sore, matahari yang terbenam pun tak kalah indah. Bulatan sempurna sang surya mulai perlahan turun ke peraduan dengan tenang. Mengantarkan malam yang akan menemani bumi.

Baca: Hutan Pinus Bantul Asri Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas

Objek wisata ini telah memiliki berbagai fasilitas yang lengkap. Seperti toilet, masjid, serta lapangan parkir yang luas.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Objek wisata ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi kebun buah ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Yogyakarta. Bisa ditempuh dalam waktu 50 menit berkendara.

Ulasan Pembaca

4.7 - 55 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *