Beranda Tiket Wisata

Masjid Atta’awun Tiket Masuk & Keindahan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Masjid Atta'awun : GratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Jalan Raya Puncak - Gadog No.90, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750

Wisata ke Puncak Bogor tak hanya objek wisata alam saja yang bisa menjadi tujuan, tapi ada juga Masjid Atta’awun. Masjid Atta’awun salah satu ikon wisata Puncak yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Selayaknya masjid, pengunjung yang datang kebanyakan mampir untuk menunaikan ibadah salat. Atau untuk beristirahat sejenak karena lelah di perjalanan.

Dibangunnya masjid yang sudah puluhan tahun ini pun tujuan utamanya untuk beribadah. Namun kini, tujuannya lebih dari itu. Masjid kini juga dikunjungi sebagai salah satu objek wisata, karena bangunannya yang unik. Serta di sekitar masjid pun terdapat pemandangan dan kuliner yang layak dicoba.

Harga Tiket Masuk Masjid Atta’awun

Masjid ini tidak menetapkan tiket masuk bagi siapa pun atau gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung. Wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir saja.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Wisata Alam Sevillage Harga Tiket & Aktivitas

Jam Buka Masjid Atta’awun

Masjid Atta’awun, buka selama 24 jam setiap harinya. Bagi yang ingin beristirahat tidak perlu tidur di dalam masjid, karena tempat istirahat sudah tersedia. Sehingga pengunjung dapat langsung menuju tempat istirahat jika ingin beristirahat di sekitar area masjid.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Mengagumi Keindahan Masjid Atta’awun Bogor

Bangunan Indah Masjid Atta'awun
Bangunan Indah Masjid Atta’awun. Foto: Gmap/Masjid Atta’Awun Puncak

Masjid Atta’awun salah satu masjid yang ramai kunjungan wisatawan. Tak hanya warga Bogor, namun juga warga luar kota, biasanya mereka yang berkunjung ke daerah Puncak. Masjid ini biasanya menjadi tujuan untuk beribadah sebelum atau sesudah berwisata. Bangunan masjid memang tidak megah, namun memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang begitu memikat.

Dari luar, wisatawan akan melihat kubah masjid yang berbentuk seperti jamur payung. Begitu unik, berbeda dengan masjid yang umumnya berkubah setengah bulat. Kubah di bangunan utama berwarna putih, senada dengan warna tembok dari bangunan. Tampak mencolok jika terlihat dari atas, apalagi pada saat tersorot sinar matahari.

Kemudian terdapat sebuah menara di dekat kubah bangunan utama masjid, sebagai pemancar suara. Masjid ini pun dikelilingi taman yang penuh dengan tanaman serta pepohonan. Begitu asri dan indah, apalagi taman ini tampak sangat terawat. Lengkap dengan jalan setapak yang sudah rapi, sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkeliling masjid.

Baca: Kebun Teh Puncak Gunung Mas Tiket & Aktivitas

Arsitektur Indah Perpaduan Timur Tengah dan Tradisional

Interior Masjid yang Menarik
Interior Masjid yang Menarik. Foto: Gmap/Hamid Noor

Masjid Atta’awun mengadopsi arsitektur interior yang unik. Perpaduan antara bangunan masjid Timur Tengah dengan sentuhan Tradisional yang khas. Misalnya saja di bagian pintu sebelum memasuki masjid, terdapat kolam kecil setinggi mata kaki. Kolam untuk mencuci kaki sebelum masuk masjid, khas seperti bangunan masjid di Jawa.

Memasuki masjid, suasana sejuk akan begitu terasa, karena sirkulasi udara yang baik di masjid. Penerangan di dalam masjid pun sangat baik, dengan kaca dan jendela sebagai tempat masuknya cahaya. Kemudian di beberapa sudut, tampak kaca patri warna-warni khas bangunan Timur Tengah. Berpadu indah dengan pilar motif marmer sebagai penyangga lantai dua masjid.

Lantai masjid terbuat dari kayu jati yang terkenal baik kualitasnya. Penggunaan kayu jati sengaja menjadi pilihan karena cepat menyesuaikan dengan suhu lingkungan, sehingga membuat masjid tetap sejuk. Pemasangan lantai kayu dibuat seperti rumah panggung, jarak 50 centimeter di atas tanah. Ruang antara lantai dengan tanah dengan tujuan menghindari kelembapan dan serangan rayap.

Baca: Wisata Alam Sevillage Harga Tiket & Aktivitas

Interior Masjid yang Artistik

Lantai Dua tempat Jamaah Wanita
Lantai Dua tempat Jamaah Wanita. Foto: Gmap/irma irawan

Masjid ini terdiri dari dua lantai, di mana lantai atas diperuntukkan bagi jamaah wanita. Tempat salat untuk jamaah pria dan wanita dibedakan oleh lantai. Bangunan lantai dua juga masih menggunakan lantai dari kayu. Bahkan, beberapa pilar di dalam masjid juga menggunakan kayu yang dipoles cantik.

Di lantai pertama, kaca patri berwarna dan kaligrafi menjadi hiasan yang menarik. Di bagian depan lantai pertama, terdapat mihrab, yaitu tempat kecil berupa cekungan. Mihrab biasanya berguna sebagai tempat imam memimpin salat, dan khotib saat berkhotbah. Mihrab di Masjid Atta’awun sendiri sangat tinggi dan tampak begitu artistik.

Bagian mihrab berhiaskan kaligrafi sebuah surat yang dikutip dari Al Qur’an. Yaitu Surat At-Taubah ayat 3. Tak lupa, lampu-lampu gantung yang menambah indahnya interior ruangan.

Baca: THE RANCH Puncak Cisarua Bogor Tiket & Aktivitas

Dari Sungai hingga Air Terjun Buatan yang Indah

Kolam Air yang Dialiri Aliran Sungai
Kolam Air yang Dialiri Aliran Sungai. Foto: Gmap/Luqman Hakim

Di belakang masjid, terdapat sebuah sungai yang sangat dangkal. Sungai ini berasal dari mata air alami yang konon tidak pernah habis. Bahkan saat musim kemarau, selain terus mengalir, airnya pun sangat jernih.

Untuk menambah keindahannya di sungai ini juga dilengkapi dengan air terjun kecil. Wisatawan dapat bermain di sekitar sungai, bahkan ada yang berbasah-basahan menceburkan diri di sungai. Meskipun mengalir, aliran sungai terbilang tenang, sehingga masih aman bagi pengunjung.

Aliran sungai ini menjadi sumber air yang mengisi kolam di sekeliling masjid. Keberadaan kolam-kolam berair jernih ini juga membawa kesejukan tersendiri di sekitar masjid.

Baca: TELAGA SAAT Puncak Tiket & Aktivitas

Kuliner Sekitar Masjid sambil Menikmati Kebun Teh

Di sekitar masjid terdapat jajaran warung makanan dan jajanan. Menjual berbagai makanan khas Bogor dan Jawa Barat lainnya. Misalnya Ubi Cilembu dan jagung bakar yang manis dapat menjadi camilan hangat di dinginnya kawasan Puncak. Ditemani dengan segelas minuman yang menghangatkan badan.

Sembari menikmati kuliner, wisatawan bisa sambil menyaksikan keindahan kebun teh. Di sekitar masjid, terdapat kebun teh dengan tanaman yang berjajar rapi. Bahkan, pengunjung dapat menyempatkan diri untuk berfoto di area kebun teh.

Fasilitas

Masjid Atta’awun telah memiliki fasilitas umum yang baik. Area parkir, toilet, serta area istirahat tersedia dengan kondisi baik. Di sekitar masjid juga banyak terdapat warung kecil. Yang menjual berbagai makanan serta aksesoris untuk oleh-oleh.

Lokasi Masjid Atta’awun Bogor

Masjid ini berlokasi di Jalan Raya Puncak – Gadog No.90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini