Beranda Tiket Wisata

RIUNG GUNUNG: Tiket & Aktivitas - Januari 2021

Taman Wisata Riung Gunung
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog, Tugu Selatan,Cisarua,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16750.

Puncak, Bogor, telah menjadi tujuan wisata utama kala liburan. Tak hanya warga Bogor dan sekitarnya, wisatawan dari seluruh Indonesia pun menyukainya. Bahkan bagi warga Jakarta, Puncak Bogor menjadi sarana short escape untuk berlibur. Salah satunya adalah di kawasan Riung Gunung Bogor.

Kawasan yang asri dengan perkebunan teh yang hijau menyegarkan mata. Udara yang masih sejuk pun turut menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi, ada suatu tempat yang misterius, yang kabarnya adalah kediaman Ir. Soekarno. Dan berbagai kuliner pinggir jalan yang unik dan sayang jika dilewatkan.

Harga Tiket Masuk Riung Gunung Bogor

Untuk mengunjungi kawasan Riung Gunung, wisatawan tidak memerlukan biaya khusus. Wisatawan bebas menikmati hijaunya udara pegunungan dan indahnya pemandangan. Namun, ada tiket khusus di tempat-tempat wisata yang ada di Riung Gunung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000

Baca: 12 Destinasi Wisata Terbaik di Puncak Bogor

Jam Operasional

Kawasan wisata ini dapat dikunjungi kapan saja. Namun disarankan, jika ingin melihat pemandangan indah, datanglah di pagi hari. Jika ingin mencicipi kuliner pinggir jalan yang lezat, datanglah di malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Kawasan Sejuk Riung Gunung Bogor

Wisata Riung Gunung
Wisata Riung Gunung. Foto: Gmap/pram aje

Seperti namanya, Riung Gunung berada di kawasan pegunungan nan sejuk. Berdiri di ketinggian 1500 mdpl, membuatnya memiliki pemandangan serta udara yang sejuk. Hamparan kebun teh dapat terlihat dengan jelas sejauh mata memandang. Menghampar hijau menutupi permukaan bukit, yang membuatnya tampak bergelombang.

Jika datang di pagi hari, wisatawan akan berjumpa dengan para pemetik teh. Membawa keranjang besar di punggung dan penutup kepala lebar untuk menghalau silaunya sinar mentari. Pucuk-pucuk daun teh diambil dengan seksama, demi menghasilkan teh kualitas terbaik. Tak jarang, para pemetik teh ini tersenyum dan beramah tamah dengan para wisatawan.

Baca: CIMORY RIVERSIDE Tiket & Aktivitas

Di pagi hari, wisatawan dapat melihat indahnya matahari terbit di balik bukit teh. Warna kuningnya begitu cerah menyilaukan, memancarkan sinar ke segala arah. Semakin naiknya matahari menandakan kegiatan petik daun teh pun harus segera disudahi.

Tangga Unik di Tengah Jalan

Indahnya Pemandangan Kebun Teh
Indahnya Pemandangan Kebun Teh. Foto: Gmap/Bayu Anggriawan

Tidak hanya keindahannya saja yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, tapi ada hal lainnya. Dimana, saat melintas kawasan ini terdapat tangga melintang di tengah jalan. Di tangga ini bertuliskan “Riung Gunung”, dengan tulisan berwarna merah. Tangga ini tampak tak terawat, terlihat dari cat yang sudah usang.

Ujung tangga ini pun tidak dapat terlihat dari jalanan. Karena tertutup oleh rimbunnya pepohonan yang menutupi hampir seluruh area. Seolah tangga ini menembus pepohonan dan hilang begitu saja.

Baca: THE RANCH Puncak Tiket & Ragam Aktivitas Ala Koboi

Banyak yang berasumsi mengenai tempat ini. Ada yang mengatakan bahwa tempat tersebut adalah kediaman Sang Proklamator, Ir. Soekarno. Yang ketika datang, Presiden Soekarno akan menaiki helicopter untuk sampai di villa. Namun, ada juga yang bersaksi bahwa keluarga Ir. Soekarno tidak pernah datang ke tempat tersebut.

Tempat Elit pada Masanya

Pemandangan Kebun Teh di Riung Gunung
Pemandangan Kebun Teh di Riung Gunung. Foto: Gmap/Indri Susilo

Pada tahun 1960-1970an, terdapat sebuah kafe yang dihubungkan dengan tangga tersebut. Kafe tersebut adalah Riung Gunung Coffee House, yang menjadi destinasi favorit saat itu. Kafe ini dikelola langsung oleh Hotel Indonesia, atau sekarang lebih dikenal dengan Hotel Indonesia Kempinski. Sebuah hotel bintang 5 pertama yang ada di Jakarta pada 1962.

Karena memiliki pemandangan yang indah, tempat ini menjadi satu paket wisata dengan penginapan di Hotel Indonesia. Banyak sekali orang-orang kelas atas yang berlibur di sini. Karena memang, tempatnya yang indah dan sejuknya udara membawa kedamaian bagi siapapun yang mengunjungi. Bahkan, dari atas kafe, dapat melihat area perkebunan teh lengkap dengan para pemetik teh di pagi hari.

Baca: Kebun Teh Puncak Gunung Mas Tiket & Aktivitas

Banyak yang mempercayai bahwa tempat ini dulunya adalah cafe yang elit. Karena adanya sebuah iklan yang diunggah di channel Youtube HuntleyFilmArchives. Dalam video ini, merupakan iklan dari kafe Riung Gunung, dengan segala kemewahan dan kecanggihan peralatan memasaknya. Video berbahasa Inggris ini menjadi perhatian banyak orang dan mengundang rasa penasaran masyarakat saat ini.

Dari Kafe hingga Villa

Berdasarkan cerita warga sekitar, dulu villa tersebut adalah kediaman Presiden Soekarno. Beliau seringkali memarkirkan helikopternya di kawasan rest area ketika berkunjung. Sang Proklamator pun seringkali terlihat menaiki tangga untuk menuju villa. Namun, masyarakat sekitar mengaku tidak pernah melihat keluarga Sang Proklamator datang berkunjung.

Karena merupakan tempat singgah, masyarkat kerap menyebutnya sebagai villa petilasan Bung Karno. Benar atau tidaknya, kini villa tersebut telah dimiliki oleh H. Abdul Aziz Marzuki.

Baca: Melrimba Garden Bogor Tiket & Aktivitas

Mencicipi Kuliner Pinggir Jalan

Warung Kuliner sepanjang Jalan
Warung Kuliner sepanjang Jalan. Foto: Gmap/kemi kim

Pergi ke daerah dingin tentu paling enak adalah mencicipi kuliner hangat. Di sini, wisatawan akan banyak menjumpai warung-warung yang berdiri di pinggir jalan. Ada jagung bakar, bakso, makanan khas Sunda, dan tentu minuman hangat.

Menikmati kuliner sambil menyaksikan pemandangan indah di sekitar sungguh menyenangkan. Apalagi jika sambil bersenda gurau bersama keluarga dan teman-teman.

Turun sebentar dari kendaraan dan mulai mengeksplor lokasi. Wisatawan dapat sambil berfoto di area kebun teh dengan gratis. Yang terpenting tidak merusak kebun yang tertata rapi ini.

Lokasi Riung Gunung Bogor

Objek wisata ini berada di Jalan Puncak, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Berjarak sekitar 30 Kilometer dari Kota Bogor. Kawasan perkebunan teh ini bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini