Puncak Jawa Barat menjadi tujuan wisata paling digemari oleh mayoritas wisatawan Jakarta. Namun selama ini, objek wisata yang ditawarkan identik dengan kebun tehnya. Padahal, di sini juga terdapat wisata Telaga Warna Puncak yang begitu mempesona.

Taman Wisata Alam yang menawarkan keindahan pemandangan alam yang sangat indah. Ditambah lagi, jalur yang berkelok membuatnya semakin seru dan menantang untuk dikunjungi. Jalur menanjaknya justru menambah daya tarik objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Puncak

Untuk memasuki kawasan wisata pengunjung dikenakan tiket masuk yang terbilang murah. Bahkan, di hari libur pun tiket masuk tak sampai Rp 10.000.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Puncak
Hari BiasaRp15.000
Akhir Pekan dan Hari LiburRp25.000

Baca: THE RANCH Puncak Tiket & 3 Aktivitas Top

Jam Buka Telaga Warna Puncak

Untuk dapat menikmati keindahana alam di sini sebaiknya pengunjung datang di pagi hari. Objek wisata ini dibuka pukul 8 pagi, dan ditutup pada pukul 5 sore.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Keindahan Telaga Warna Puncak

area telaga warna puncak
Telaga warna Puncak obyek wisata yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Foto: Google Maps/Aryanto Teguh Permana

Telaga Warna Puncak berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Tempat ini merupakan sebuah danau yang diapit dengan bukit, pada ketinggian 1.400 mdpl. Tentunya, udara di objek wisata begitu bersih dan sejuk.

Selain itu, di kanan kiri danau terdapat pepohonan yang mengelilingi. Panorama di sekitar masih sangat asri, seolah dapat melepas segala beban di dalam diri.

Pengunjung pun akan disuguhi pemandangan kebun teh dan persawahan yang begitu hijau. Karena objek wisata berada di dekat kawasan perkebunan teh PTP VII Gunung Mas. Panorama pemukiman penduduk pun menjadi pelengkap keindahan pemandangan.

1. Keindahan Telaga Warna Puncak

Pemandangan Indahnya Panorama
Pemandangan Indahnya Panorama Telaga Warna Puncak. Foto: Gmap/Nia Gracelita

Disebut Telaga Warna, karena air danau dapat berubah warna di waktu tertentu. Terkadang warnanya berubah hijau seolah menyatu dengan pepohonan di sekelilingnya. Di waktu lain, bisa berubah menjadi cokelat, kuning gelap, hingga kuning terang.

Jika dijelaskan secara ilmiah, warna yang berubah – ubah itu dikarenakan algae danau. Tumbuhan jenis algae ini memenuhi danau dan dapat berubah warna. Sehingga, air pada danau pun berubah warna sesuai dengan warna algae.

Ada juga yang mengatakan bahwa warna danau berubah karena objek lain di sekitarnya. Seperti halnya pantulan sinar matahari yang menerpa tumbuhan di sekeliling danau. Sehingga menyebabkan warna air danau berubah-ubah.

Baca: KEBUN TEH PUNCAK Gunung Mas Tiket & 8 Aktivitas Top

2. Menikmati Flora Tropis di Kawasan Taman Wisata Alam

Layaknya wisata pegunungan, di sini pun banyak terdapat tumbuhan khas tropikal pegunungan. Seperti tumbuhan paku tiang, rame, dan rotan. Semuanya tumbuh subur dan menjadi ciri khas wisata alam ini.

3. Menyaksikan Berbagai Fauna Liar

Kera yang menjadi Fauna Liar
Obyek wisata ini juga menjadi habitat kera liar. Foto: Gmap/Argo Andhika

Karena lingkungan yang masih asri, obyek wisata ini menjadi habitat bagi berbagai fauna. Bahkan, diantaranya ada fauna langka. Seperti macan tutul, babi hutan, kera abu – abu, surili, serta lutung.

Hewan – hewan liar ini tidak mengganggu manusia. Yang terpenting, manusia pun menjaga ketenangan dan tidak mengganggu mereka. Serta tidak merusak alam tentunya.

Namun, pengunjung harus berhati – hati pada kera jika membawa makanan. Karena kera – kera ini akan berubah agresif untuk merebut makanan pengunjung.

Baca: TAMAN MATAHARI Puncak Bogor Tiket & Fasilitas

4. Beragam Wahana Permainan di Telaga Warna Puncak

wahana permainan flying fox di telaga
Wahana permainan flying fox yang melintasi telaga. Foto: Google Maps/Papay Lepay

Telaga Warna Puncak dapat menjadi pilihan tempat rekreasi keluarga. Karena, tidak hanya keindahan alam yang dapat dinikmati, tapi juga tersedia wahana permainan. Salah satunya adalah flying fox, yang digemari mayoritas pengunjung.

Flying fox di sini beda dari yang lain, dan tentunya sangat menantang adrenalin. Karena, pengunjung harus meluncur dari lintasan di atas danau. Benar – benar pengalaman yang mendebarkan.

Jika ingin bersantai, pengunjung dapat menyewa perahu rakit atau sepeda air. Mendayung perahu atau mengayuh sepeda mengelilingi telaga. Tidak perlu takut, karena telaga ini aman dari hewan buas.

Baca: Taman Bunga Nusantara Cianjur Tiket & 10 Aneka Taman

5. Spot Fotografi yang Indah

Karena menyimpan keindahan alam yang begitu mempesona, tidak afdol rasanya jika tidak berfoto. Pengunjung dapat puas berfoto di sini. Banyak spot foto dengan pemandangan yang indah, baik telaga, hutan, serta bukitnya.

Lokasi Telaga Warna Puncak

Telaga Warna berada di Jalan Raya Puncak – Cianjur, Cisarua, Bogor. Dari pusat Kota Bogor, lama perjalanan kurang lebih hanya 1 jam. Kemudian, dilanjutkan berjalan sejauh 200 meter untuk menuju lokasi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,40 / 5 pembaca