Magic Art 3D Museum atau dikenal juga dengan Museum 3D Kota Tua merupakan destinasi wisata yang berada di Kota Tua Jakarta. Dibuka 7 Desember 2018, Magic Art 3D Museum Jakarta memiliki luas 2000 m2. Museum ini memiliki berbagai ruangan yang berisi lukisan dengan seni ilusi tiga dimensi.

Museum yang terdiri atas dua lantai itu mendapat animo tinggi para wisatawan. Pada Senin-Jumat, museum ini dikunjungi sekitar 1.500 orang dan 2.500-5000 orang pada Sabtu-Minggu. Di sini wisatawan dapat berfoto sepuasnya dengan lukisan 3D dan spot foto instagrammable.

Harga Tiket Masuk Museum 3D Kota Tua

Untuk bisa menikmati berbagai koleksi atau berfoto di dalam museum, pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Tiket dibedakan berdasarkan usia maupun hari kedatangan.

Harga Tiket Masuk Museum 3D Kota Tua
Senin – JumatDewasaRp60.000
Anak-anak (6-17 tahun)Rp40.000
Balita (3-5 tahun)Rp20.000
Sabtu – MingguDewasaRp80.000
Anak-anakRp60.000
BalitaRp30.000

Baca: Museum Macan Tiket & Art Collection

Jam Buka Museum 3D Kota Tua

Museum ini bisa dikunjungi setiap hari dan tetap buka meski hari libur. Buka mulai pagi hari hingga malam hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu10.00 – 22.00

Zona Tema Lukisan di Museum 3D Kota Tua

 

Museum ini menyediakan lebih dari 100 spot foto dengan tujuh zona berdasarkan tema. Yaitu Lukisan, Satwa, Laut, Rutinitas, Dinosaurus, Petualangan, dan Horor. Seluruh lukisan dibuat dalam waktu 3 bulan oleh 6 pelukis Korea dan 3 dari Indonesia.

Untuk memasuki museum, wisatawan harus melepas alas kaki untuk menjaga kualitas lukisan. Karena lukisan 3D ini juga terdapat pada bagian lantai museum. Pada setiap zona ada beberapa guide yang akan membantu menjelaskan dan mengambil foto.

Baca: Museum Sejarah Jakarta Tiket & Atraksi

Masterpiece

Ruangan pertama yang dimasuki wisatawan adalah Zona Masterpiece yang menampilkan tema berbagai lukisan. Terdapat beragam lukisan terkenal dengan tampilan ilusi 3D yang dimodifikasi sedemikian rupa. Wisatawan yang bingung memilih angle yang tepat, dipandu petugas yang siap membantu memotretkan.

Salah satu lukisan di Zona Masterpiece Magic Art 3D Museum Jakarta
Ada kaki raksasa keluar dari lukisan di Zona Masterpiece Magic Art 3D Museum Jakarta.

Untuk hasil foto maksimal, telah tersedia tanda di lantai sisi depan setiap lukisan. Tanda ini merupakan petunjuk tempat sang fotografer berpijak untuk menghasilkan angle terbaik. Tersedia juga contoh gambar dan fose gaya untuk berfoto di masing-masing lukisan.

Animal

Zona Animal menyediakan lukisan tiga dimensi bertemakan binatang. Setiap lukisan binatang yang ada di zona ini mengajak wisatawan melakukan interaksi.

Dengan gambar dan penataan cahaya yang tepat, wisatawan seperti berfoto dengan hewan asli. Wisatawan dapat berfose memberi makan jerapah, bermain bersama gajah, ataupun menunggang kuda.

Baca: Art1 Museum Jakarta Tiket & Koleksi Seni

Ocean

Zona Ocean menyajikan berbagai lukisan tiga dimensi dengan tema seputar kehidupan laut. Memasuki zona ini, wisatawan bisa berswafoto dengan aneka satwa dan berlatar belakang laut. Salah satunya berfoto dengan hiu ganas besar yang berada di tengah lautan luas.

Living

Zona Living menyajikan lukisan dengan tema rutinitas keseharian wisatawan. Wisatawan bisa berfose di lukisan toilet, bermain bulutangkis, mencuci, atau mengikuti pacuan sapi. Terdapat juga ruang pemberi ilusi yang membuat wisatawan terlihat bagai raksasa tinggi besar.

Dinosaurus

Salah satu lukisan di zona Dinosaur Museum 3D Kota Tua
Dikepung Dinosaurus pada salah satu lukisan di zona Dinosaur Magic Art 3D Museum Jakarta.

Zona Dinosaur adalah zona dengan tema kehidupan dan alam purbakala. Untuk berpose di zona Dinosaurus, wisatawan harus rela antri bergantian memotret di setiap lukisannya. Namun pada setiap ruangan terdapat dua pemandu yang mengatur sesi pemotretan, termasuk zona ini.

Salah satu lukisan favorit adalah lukisan tiga dimensi primata besar King Kong. Wisatawan dapat berfose agar terlihat berada dalam cengkraman jari simpanse raksasa itu.

Baca: MOJA Museum Jakarta Tiket & Spot Foto

Horror

Zona horor menampilkan lukisan tiga dimensi dengan tema misteri. Wisatawan akan diajak merasakan histeria horor yang ditimbulkan tiap lukisan yang terasa nyata. Misalnya saat tegesa-gesa harus menutup pintu karena wisatwan dikejar oleh tiga hantu menakutkan.

Adventure

Pada Zona Adventure ini, wisatawan diajak berpetualang seru oleh berbagai lukisan. Pada salah satu lukisan, wisatawan dapat berfose sembunyi dari raksasa yang mencari mangsa. Dapat juga berlatih kungfu di area candi atau menggotong mumi di depan Pyramid. Atau wisatawan juga dapat berfose menaiki perahu di atas sungai dengan air terjun.

Spot Foto Lainnya

Zona sulap di Museum 3D Kota Tua
Berfose ala magic di Magic Art 3D Museum Jakarta.

Selain tujuh zona tema, museum ini pun dilengkapi ruang-ruang pelengkap lainnya. Seperti Ames Room, Mirror Room, Mirror Maze dan Optical Chair. Pada Mirror Maze, pengunjung memasuki labirin dikelilingi kaca dan mencoba menemukan jalan keluarnya. Di Rumah Kaca ini, wisatawan dapat berfoto di lorong penuh kaca.

Ke depannya pihak manajemen akan menambah ragam tema zona yang ada setiap 6 bulan atau 1 tahun. Upaya itu dilakukan agar selalu ada yang baru untuk para wisatawan. Dengan begitu, museum ini akan terus diminati oleh masyarakat.

Kontak & Lokasi Museum 3D Kota Tua

Magic Art Museum terletak di Jl. Kali Besar Timur No. 9, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telp. 0216906696, 0211234567 Fax : 02-1690-9048 Email : admin@magicartjakarta.com atau follow Instagram @magicartjakarta_kotatua.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,20 / 5 pembaca