Museum Bank Indonesia Harga Tiket: Gratis - Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 15.00 No. Telepon: 021-2600158 Alamat: Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia,Taman Sari,Jakarta Barat,DKI Jakarta,Indonesia,11110.

Museum Bank Indonesia merupakan tempat yang tepat untuk mengenal sejarah perbankan dan keuangan RI. Berbagai koleksi uang serta program-program yang ditawarkan museum dipastikan akan menambah pengetahuan pengunjung. Selain itu keindahan gedung tua gaya kolonial juga menjadi keunikan tersendiri museum ini.

Museum Bank Indonesia kini terbuka untuk umum. Sehingga, masyarakat dapat mengunjunginya dan belajar mengenai sejarah keuangan Indonesia. Bangunannya yang masih mempertahankan gaya kolonial masa lalu, semakin membuatnya tampak menarik.

Harga Tiket Masuk Museum Bank Indonesia

Berkunjung ke museum tidak memerlukan biaya yang mahal. Seperti berkunjung ke Museum ini, dimana harga yang dipatok sangatlah murah. Dan ada beberapa golongan yang dapat memperoleh tiket gratis.

Harga Tiket Masuk Museum Bank Indonesia
Tiket masuk umum Rp5.000
Pelajar / mahasiswa yang menunjukkan kartu identitas pelajar / mahasiswa Gratis
Pengunjung rombongan yang telah mendaftar dan mendapatkan informasi dari Museum BI Gratis
Anak – anak sampai dengan usia 3 tahun Gratis

Baca: Museum Nasional Mengenal Sejarah dan Berbagai Kegiatan Kreatif 

Jam Operasional Museum Bank Indonesia

Untuk mengunjungi objek wisata ini tidak dapat dilakukan setiap hari. Karena, setiap Senin dan hari libur nasional tutup. Tapi saat buka, ada fasilitas pemandu wisata di jam tertentu.

Jam Operasional
Selasa – Jumat 08.00 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 16.00 WIB
Tur dengan pemandu Selasa – Minggu 08.00, 10.00, 13.00 WIB

Kegiatan Wisata di Museum BI

Berbagai aktivitas bisa dilakukan pengunjung yang datang ke museum. Tentu utamanya adalah kegiatan-kegitan yang berkaitan dengan sejarah uang dan perbankan Indonesia. Beberapa aktivitas wisata di museum ini antara lain:

Menikmati Keindahan Gedung Museum Bergaya Kolonial

arsitektur kolonial gedung museum bank indonesia
Bangunan museum tempo dulu yang sangat khas gedung-gedung era kolonial Belanda. Foto: Gmap/Paul Brisk

Museum Bank Indonesia menempati kawasan Kota Tua Jakarta. Jika dilihat dari luar, bangunannya begitu besar dengan gaya arsitektur khas Belanda. Begitu juga ketika memasuki ruangannya, pilar – pilar yang tinggi siap menyambut kedatangan pengunjung.

Lantai yang menyelimuti-nya masih asli menggunakan ubin. Yang menambah kesan estetika bangunan bersejarah ini. Ditambah lagi, cat putih yang menyelimuti seluruh bangunan.

Baca: Wisata MONAS Monumen & Museum Bersejarah

Di bagian tengah bangunan terdapat taman yang cukup luas. Ditanami dengan pepohonan hijau yang menambah kesan asri bangunan ini. Berada di dalamnya, terasa seperti berada di dalam kastil kerajaan.

Mengenal Museum BI

bagian dalam museum bank indonesia
Interior Museum BI. Foto: Gmap/Adinda Smaradhana Rachmanto

Museum Bank Indonesia menempati gedung BI Kota yang sebelumnya untuk De Javasche Bank. Pemerintah telah menetapkan gedung ini sebagai cagar budaya. Selain itu, dilakukannya revitalisasi yang menyebabkan bangunan semakin dihidupkan kembali supaya tidak terabaikan.

Museum BI memiliki benda-benda serta dokumen bersejarah yang dirawat dengan baik. Dengan begini, masyarakat dapat mengetahui dan belajar mengenai sejarah keuangan di Indonesia. Tidak hanya itu, di dalam museum juga ditampilkan latar belakang dan dampak dari kebijakan BI.

Inilah mengapa muncul gagasan penting perlu adanya Museum Bank Indonesia. Keberadaannya Museum BI saat ini, dapat menjadi sarana komunikasi kebijakan BI bagi masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata.

Koleksi di Museum Bank Indonesia

koleksi emas di museum bank indoensia
Koleksi Emas batangan yang ada Museum BI. Foto: Gmap/DEN zheen

Koleksi uang yang ada di museum ini terdiri dari dua macam. Yaitu uang kertas dan uang logam. Ditampilkan juga desain dan nominal dari tahun peredarannya, yang berbeda dari waktu ke waktu.

Uang kertas yang ditampilkan, masih terdapat ORI (Oeang Republik Indonesia). Mulai dari Emisi I hingga yang terakhir. Nominal 1 sen pun masih ada di sini, dengan gambar petani mengenakan caping.

Baca: MOJA Museum Jakarta Tiket & Spot Foto

Untuk uang logam pun tidak kalah uniknya, mulai dari nominal 1 sen hingga Rp1.000. Bahkan, uang 1 sen pada emisi 1952 ini memiliki lubang di tengah seperti koin Cina. Ada juga uang kertas dan logam khusus, yang desainnya sangat indah dengan nominal khusus.

Program Utama Museum

Museum memiliki beberapa program utama, seperti jelajah museum. Bertujuan untuk memberikan informasi tentang fungsi dan peran BI, sekaligus sebagai wahana rekreasi edukatif. Sambil menyusuri bangunan, pengunjung akan diajak untuk memahami perjalanan BI dari masa ke masa.

Program utama lain yaitu diskusi, seminar, dan talk show. Dalam program ini, biasanya BI akan mengundang pembicara yang ahli pada bidang yang dibahas. Bahasan yang biasa didiskusikan yaitu mengenai isu terkini yang sedang hangat.

Baca: Museum 3D Kota Tua Tiket & Koleksi Penuh Ilusi

Dan program utama yang terakhir adalah pameran kontemporer. Pameran biasanya diselenggarakan untuk memperingati hari nasional, seperti Hari Kartini, Hari Pahlawan, dan lainnya. Namun tak jarang, pameran juga diadakan bekerjasama dengan pihak lain, seperti pameran fotografi.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di museum sangat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Diantaranya ruang penitipan barang, pusat informasi BI, ruang auditorium, dan ruang serbaguna. Ada juga perpustakaan dan kios buku serta cenderamata.

Lokasi Museum Bank Indonesia

Museum BI beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Pengunjung juga dapat menghubungi nomor telepon 021-2600158 untuk informasi lebih lanjut. Atau email di museum@bi.go.id.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

1 Komentar

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here