Ngarsopuro Night Market Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 18.00 - 22.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Diponegoro,Banjarsari,Surakarta,Jawa Tengah,Indonesia,57131.

Kota Surakarta atau Solo terkenal dengan warisan budaya adat-jawa yang sangat kental. Adanya Istana Mangkunegaran di Surakarta, semakin mempertegas kedudukanya sebagai kota budaya. Namun yang menjadi pokok bahasan artikel ini adalah kawasan di depan Istana Mangkunegaran yaitu Ngarsopuro Night Market.

Pasar ini berada di Jalan Diponegoro. Dimana dulunya merupakan area yang tidak tertata. Jalanan menjadi semrawut karena kios barang antik dan toko elektronik yang tumpang tindih. Namun sekarang kawasan ini sudah lebih bagus dan berkembang.

Harga Tiket Ngarsopuro Night Market

Tidak ada tiket yang perlu dibayar pengunjung untuk masuk ke sini. Pengunjung hanya membayar uang parkir saja.

Tiket Masuk Ngarsopuro Night Market
TiketGratis
ParkirRp2.000

Baca: Keraton Surakarta Hadiningrat Tiket & Pesona.

Jam Buka Pasar Malam Ngarsopuro

Berbeda dengan pasar-pasar umumnya, pasar ini mulai beroperasi dari sore hingga malam. Dan juga hanya buka satu kali dalam seminggu yaitu dihari Sabtu.

Jam Operasional
Hari Sabtupukul  18.00 – 22.00

Daya Tarik Ngarsopuro Night Market

Meski dulunya tidak tertata, namun di tahun 2009, Jalan Diponegoro dirombak besar-besaran. Pasar Triwindu di dalam Jalan Diponegoro yang menjual barang-barang antik juga di renovasi. Sedangkan Jalan Diponegoro sendiri disulap menjadi area city walk yang lebih menarik.

Di hari Sabtu malam, sepanjang ruas Jalan Diponegoro akan berdiri sebuah pasar dadakan. Pasar tiban atau pasar dadakan inilah yang disebut Ngarsopuro Night Market.

1. Ngarsopuro Night Market Bukan Pasar Biasa

Pengunjung Pasar Malam Ngarsopuro
Keramaian di Ngarsopuro Night Market Surakata. foto: google maps / Andi Tama.

Biarpun mengandung kata market yang berarti pasar, namun pasar ini bukanlah pasar biasa. Pasar ini bukanlah pasar dimana para pedagang bebas menjajakan barang dagangannya. Barang dagangan yang boleh dijual haruslah berkarakter.

Karakter tersebut yaitu barang yang dijual harus mengandung karakter Kota Solo. Sehingga barang yang dijual disini seperti batik, mainan tradisional hingga batu akik. Dan penjual harus memiliki KTP Surakarta.

2. Hanya Buka Selama Empat Jam

Berada dekat Istana Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta membuat pasar ini dibanjiri pengunjung. Pengunjung selain dapat melihat hasil kreasi UMKM Kota Solo, juga dapat menyaksikan pertunjukan-pertunjukan budaya. Salah satu nya adalah pertunjukan Keroncong.

Yang perlu diperhatikan pengunjung adalah jam buka Pasar Malam Ngarsopuro. Pasar ini memiliki jam operasional yang sangat terbatas, yaitu empat jam saja. Maka dari itu, pengunjung harus datang tepat waktu supaya bisa menikmati suasana pasar ini.

3. Pusat Barang-Barang Antik

Barang antik di Ngarsopuro Night Market - O Palm
Barang-barang antik di Ngarsopuro Night Market. Foto: google maps/O Palm.

Pasar Malam Ngarsopuro sangat cocok bagi pengunjung yang suka mengoleksi barang-barang antik. Di dalam Jalan Diponegoro terdapat pasar barang antik. Pasar ini bernama pasar Triwindu.

Karena sama-sama berada di Jalan Diponegoro, seakan-akan pasar Triwindu menyatu dengan Pasar Malam Ngarsopuro. Aneka barang antik khas budaya jawa bisa pengunjung temukan di sini. Dimulai dengan gerabah, lampu gantung, payung, cermin hingga wayang kulit.

4. Pembeli Diperbolehkan Menawar Harga

Stand-stand Penjual Pakaian di Ngarsopuro Night Market
Pengunjung memilih pakaian di stand-stand Pakaian Ngarsopuro Night Market. foto: google maps / majesty essa.

Kemenarikan lainya dari Ngarsopuro Night Market adalah pengunjung dapat menawar harga. Barang yang dijual boleh ditawar pembeli. Selain itu, keseruan tawar-menawar antara pembeli dan penjual menambah daya tarik pasar ini.

5. Mencicipi Kuliner Khas Kota Solo

Kuliner khas Solo di Pasar Malam Ngarsopuro
Pengunjung sedang memilih makanan yang disajikan. foto: google maps / ezimple Entertainment.

Puas melihat aneka barang dijajakan, waktunya mencoba kuliner khas Solo. Di sepanjang Jalan Diponegoro berjejeran penjual makanan khas Kota Solo. Aneka makanan seperti sosis solo, nasi liwet hingga sate kere patut dicoba pengunjung.

Pengunjung boleh tanya-tanya dulu tentang harga makanan kepada penjual di sini. Namun yang pasti, jangan takut mengenai harganya, sebab jajanan di Solo sangat terjangkau.

Baca: Pandawa Water World Tiket & Wahana.

Fasilitas Pasar Malam Ngarsopuro

Meski fokus memberdayakan UMKM Kota Solo, tempat ini cukup memberikan fasilitas bagi pengunjung. Fasilitas tersebut yaitu tempat parkir yang cukup memadai bagi roda dua maupun mobil, toilet serta Masjid Muhammadiyah di dekatnya.

Lokasi Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta

Berada di jantung Kota Solo membuat pasar ini sangat mudah untuk dijangkau. Letaknya pun strategis, karena masih berada di sekitar jalur utama Jl. Slamet Riyadi. Alamat lengkapnya Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,70 | 10 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini