Beranda Tiket Wisata

PASAR KLEWER Wisata Belanja & Kuliner Desember 2021

Pasar KlewerHarga Tiket: BeragamJam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Jl. DR. Radjiman, Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57155

Setiap daerah memiliki pasar besar yang menjadi pusatnya, seperti Solo dengan Pasar Klewer yang cukup terkenal. Pasar ini sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan sejak pendudukan Jepang di Indonesia. Pasar ini terkenal sebagai pasar yang menjual berbagai macam kain dan pakaian. Bahkan harganya pun terbilang murah karena menetapkan harga grosir.

Pasar Klewer kini tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan saja. Tapi juga sering sebagai tujuan berwisata para wisatawan luar kota Solo. Kondisi pasar pun kini semakin baik, tidak seperti pasar tradisional pada umumnya. Bahkan lebih bersih dan modern dengan keberadaan lift di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Pasar Klewer Solo

Objek wisata ini tidak menetapkan tarif tiket masuk. Namun, wisatawan akan dikenakan tarif parkir sesuai kendaraan yang digunakan. Ditambah juga mempersiapkan uang untuk membeli berbagai barang yang diperlukan di sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 10 Destinasi Wisata Menarik di Solo 

Jam Operasional Pasar Klewer Solo

Pasar ini sudah buka dari pagi hingga sore hari. Jika tidak ingin terlalu ramai dan mendapatkan harga murah, wisatawan dapat datang sesaat setelah pasar beroperasi.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 17:00 WIB

Ada Apa Saja di Pasar Klewer Solo

Penampilan Pasar Klewer yang Rapi dan Tertata
Penampilan Pasar Klewer yang Rapi dan Tertata. Foto: Gmap/PASAR KLEWER SOLO

Pasar Klewer adalah pusat kain yang ada di Kota Solo atau Surakarta. Tersohornya pasar ini hingga membuat orang dari luar Solo datang ke pasar ini untuk berbelanja. Biasanya, pengunjung berbelanja pakaian secara grosir, atau dalam jumlah yang banyak. Mulai dari kualitas yang biasa hingga kualitas terbaik ada di sini.

Pasar kebanggaan warga Solo ini kini telah berbenah menjadi lebih baik. Di tahun 2014 lalu, sempat terjadi kebakaran hingga menghanguskan pasar ini. Namun segera mengalami perbaikan dan kini tampilannya pun lebih cantik, lebih tertata, dan tentu lebih bersih. Apalagi pasar yang baru ini juga telah memiliki lift untuk memudahkan pengunjung yang membawa banyak barang.

Di sini wisatawan dapat berbelanja berbagai kain dan baju. Ada kain batik, baju batik, baju sarimbit, kebaya, daster, hingga baju yang sedang trend. Kemudian kaos bertemakan Kota Solo pun banyak dijual di sini. Ada juga aksesoris seperti blangkon, gelang, kalung, hingga jilbab, semua ada di pasar ini.

Baca: TAMAN BALEKAMBANG Solo Tiket & Atraksi

Sejarah Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer telah ada sejak zaman pendudukan Jepang di Indonesia. Dulunya, tempat ini bukanlah terkenal sebagai pasar. Tapi kawasannya lebih terkenal sebagai tempat pemberhentian kereta api. Serta tempat berjualan para pedagang pribumi.

Karena lokasinya yang juga sebagai pemberhentian kereta api maka sering juga terkenal dengan nama Pasar Slompretan. Slompret artinya peluit, yang kala itu ketika kereta api berhenti ditandai dengan tiupan peluit.

Di sini, para pedagang pribumi menawarkan barang dagangan berupa kain batik. Uniknya, kain yang menjadi barang dagangan itu diletakkan di pundak hingga menjuntai tak beraturan.

Juntaian kain ini dalam bahasa Jawa disebut “berkleweran”, sehingga sekarang terkenal dengan Pasar Klewer. Kemudian, pasar ini mulai berkembang pada tahun 1942-1945 dan semakin berkembang hingga tahun 1968. Pada tahun 1970, berdiri bangunan pasar bertingkat permanen untuk berjualan para pedagang ini.

Baca: PANDAWA WATER WORLD Solo Tiket & Wahana

Surga Belanja Pencari Grosir

Lorong Pertokoan di Pasar Klewer
Lorong Pertokoan. Foto: Gmap/Maruhal Mangasi

Pasar Klewer memang surga belanja bagi pengunjung yang mencari barang dalam jumlah besar. Serta menginginkan harga grosir, yang biasanya untuk dijual kembali. Atau, bagi pengunjung yang hendak menggelar resepsi pernikahan dan membutuhkan banyak kain. Pengunjung dapat puas mencari motif kain, membandingkan harga, hingga mencari bahan yang sesuai di sini.

Memang harganya termasuk murah. Meskipun begitu pengunjung masih dapat melakukan tawar menawar dengan pedagang. Apalagi jika sudah sering membeli di suatu toko, maka sangat memungkinkan untuk mendapat harga khusus.

Selain batik dan kain untuk resepsi, di sini juga banyak dijual busana muslim. Mulai dari gamis, baju koko, mukena, perlengkapan sholat, serta jilbab pun ada. Tak heran, tempat ini menjadi surga bagi pedagang eceran untuk mencari barang.

Baca: The Heritage Palace Tiket & Atraksi

Kuliner Khas Solo

Lorong Pusat Kuliner Pasar Klewer
Lorong Pusat Kuliner. Foto: Gmap/Mas Day

Pasar Klewer memang terkenal sebagai pusat grosir kain dan pakaian. Namun siapa sangka, pasar ini juga menjadi pusatnya kuliner. Tepatnya di lantai 3 pasar, pengunjung bisa menjumpai berbagai macam kuliner. Kuliner khas Solo seperti selat Solo dan dawet selasih mudah dijumpai di sini.

Tempatnya sederhana, bukan food court seperti di mall, melainkan hanya etalase kecil dengan kursi plastik. Namun, pengunjung tampak nyaman menikmati hidangan kuliner di sini. Yang lebih asik, pengunjung dapat sambil mengobrol dengan penjual makanannya. Keramahan warga Solo akan sangat terasa di sini.

Keunikan Penjual

Pedagang-pedagang yang unik
Pedagang-pedagang yang unik. Foto: Gmap/Yamin Nathaniel

Ada hal unik lain yang dapat dijumpai wisatawan ketika berjumpa dengan penjual di Pasar Klewer. Biasanya, jika penjualnya adalah orang yang sudah lanjut usia, beliau akan mengetahui seluk beluk kain yang dijual. Sebagai contoh adalah penjual kain jarik dengan motif batik yang beragam. Kain jarik adalah kain panjang, yang biasanya berguna sebagai bawahan kebaya atau beskap.

Setiap motif batik yang ada di kain jarik memiliki arti tersendiri. Dan penjual yang sudah lanjut usia ini akan sabar menjelaskan arti dari motif kain tersebut. Ada motif yang khusus untuk bangsawan, atau motif untuk rakyat biasa. Semakin memiliki nilai motif tersebut, maka tentu harganya akan semakin mahal.

Fasilitas Pasar Klewer Solo

Pasar ini telah memiliki fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari toilet, mushola, tempat mencuci tangan, hingga tempat duduk di area pertokoan. Ada juga jasa porter yang dapat disewa untuk membantu mengangkat barang menuju ke kendaraan pengunjung.

Lokasi Pasar Klewer Solo

Pasar ini berlokasi di Jl. DR. Radjiman, Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Lokasinya berada di pusat Kota sehingga memudahkan wisatawan berkunjung.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang