LOKANANTA BLOC Tiket Masuk dan Ragam Koleksi Maret 2024

LOKANANTA BLOC

  • Harga Tiket Masuk: Rp30.000
  • Jam Buka: 10.00 - 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 082141510691
  • Alamat: Jalan Ahmad Yani nomor 389, Kelurahan Kerten, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah , Indonesia, 57143

Lokananta Bloc merupakan objek wisata baru di Solo. Tempat wisata ini memadukan sejarah, budaya, dan seni untuk menghidupkan kembali studio rekaman tertua di Indonesia.

Pengunjung dapat belajar sejarah musik Indonesia dalam berbagai bentuk dan media di tengah suasana bangunan bergaya klasik. Jika mencari tempat wisata Surakarta atau Solo yang berbeda, Lokananta Blog bisa dicoba. 

Harga Tiket Masuk

Berkunjung ke Lokananta Bloc bayar berapa? Cukup dengan 30 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati galeri dan museum musik legendaris Indonesia ini. Semua pengunjung bisa membelinya dengan reservasi atau langsung di tempat. 

Baca: THE HERITAGE PALACE Tiket & Atraksi

Jam Operasional

Destinasi wisata Lokananta Bloc buka mulai hari Rabu hingga Senin. Pengunjung bisa memilih mengikuti sesi tur museum bersama pemandu atau sesi walk-in atau kunjungan mandiri. Terdapat jam masuk khusus untuk pengunjung yang walk-in

Hari/Jenis KunjunganJam Operasional
Rabu – Minggu10.00 – 18.00 WIB
SelasaLibur
Sesi Walk-In11.00, 13.00, 15.00, 17.00 WIB
Jam Buka

Daya Tarik

Museum musik Lokananta Bloc
Peralatan untuk memproduksi musik di zaman dahulu – Foto: Gmaps/Dimas Hayyu

Lokananta Bloc adalah tempat wisata baru di Solo hasil revitalisasi Studio Lokananta. Studio ini merupakan studio rekaman legendaris karena paling tua di antara rumah produksi lainnya di Indonesia. Tempat ini kemudian mengalami renovasi besar-besaran oleh M Bloc Group. 

Kawasan wisata Lokananta Bloc buka di bulan Juni 2023 dengan konsep baru yang segar. Tidak hanya sebagai studio rekaman, tetapi juga museum, galeri seni, hingga area nongkrong anak muda.

Di sini, pengunjung dapat mempelajari sekilas tentang perkembangan musik di Indonesia. Tidak lupa menikmati beragam instalasi seni unik yang terbuat dari peralatan rekaman musik. 

Baca: TAMAN BALEKAMBANG Solo Tiket & Atraksi

Revitalisasi Studio Rekaman Legendaris Indonesia

koleksi gamelan
Koleksi alat musik tradisional gamelan Lokananta – Foto: Gmaps/Hendro Kusumo BSN

‘Lokananta’ adalah nama yang mungkin cukup akrab khususnya bagi warga Solo atau Surakarta. Akan tetapi, belum banyak yang tahu bahwa itu adalah nama cagar budaya penting milik Indonesia. Lokananta adalah titik awal kelahiran dan perkembangan musik di tanah air. 

Bangunan Lokananta dibangun pada tahun 1956 oleh Kepala Jawatan Radio Republik Indonesia (RRI) saat itu, yaitu Raden Maladi. Tepat tanggal 29 Oktober, berdirilah rumah produksi musik pertama itu di Surakarta. Di sini, lahir puluhan ribu keping piringan hitam dan ribuan rekaman terkait sejarah Indonesia yang berharga. 

Puluhan tahun Lokananta berdiri sebagai studio rekaman dan sempat tergerus zaman. Setelah ‘tertidur panjang’, cagar budaya ini mendapat lirikan dari M Bloc Group.

Sebuah perusahaan yang merevitalisasi dan memberdayakan berbagai bangunan cagar budaya. Perusahaan ini kemudian menyulap dan mengelola Lokananta menjadi ruang kreatif sekaligus destinasi wisata di Solo. 

Lokananta Bloc kemudian resmi hadir sebagai lahirnya kembali studio rekaman Lokananta. Tempat ini kini menjadi galeri seni, museum musik tanah air, serta ruang publik untuk berkarya dan berdaya.

Tidak hanya menarik minat anak muda, berbagai kalangan juga berkunjung ke sini. Tujuannya tidak lain untuk menikmati suasana wisata edukasi dan seni yang berbeda dari biasanya. 

Baca: Jurug Solo Zoo Harga Tiket Masuk dan Koleksi Satwa

Cara Reservasi Galeri Lokananta Bloc

sejarah musik Indonesia
Belajar sejarah lahirnya produksi musik Indonesia – Foto: Gmaps/Michael Rahmadita

Untuk berwisata ke Galeri Lokananta Bloc, pengunjung sebaiknya melakukan reservasi online. Reservasi ini dapat dilakukan melalui tautan yang tersemat di profil akun Instagram resmi Lokananta Bloc (@lokanantabloc).

Perlu diingat bahwa reservasi sebaiknya dilakukan pada hari-H agar tidak menghabiskan kuota kunjungan. Calon pengunjung dapat melakukan reservasi mulai pukul 7 pagi saat formulir dibuka.

Pengunjung bisa memilih dari empat opsi jam kunjungan dan dua jenis tiket, guide  atau walk-in. Tiket berlaku untuk pengunjung mulai dari usia 3 tahun ke atas. Pengunjung juga harus datang maksimal 10 menit sebelum jam kunjungan pilihan untuk melakukan daftar ulang. Tiket hanya berlaku sekali kunjungan dengan durasi maksimal 2 jam.

Berbicara tentang berapa biaya untuk berkunjung ke Lokananta Bloc ini, wisatawan tidak perlu khawatir. Tiket masuk kawasan Studio Lokananta sangat terjangkau, yaitu 30 ribu rupiah. Harga tiket ini berlaku flat setiap harinya, baik weekend maupun weekday. Pembayaran tiket hanya bisa secara non-tunai melalui QRIS atau mesin EDC yang tersedia.

Tiket masuk hanya berlaku untuk kunjungan ke Galeri Lokananta. Bagi pengunjung yang ingin berwisata di kawasan dan taman sekitar tidak perlu membeli tiket. 

Galeri Lokananta

koleksi vinyl
Selain melihat koleksi vinyl, pengunjung juga bisa membeli piringan hitam di Lokananta Bloc – Foto: Gmaps/Asma Tsabitah

Setelah mengalami revitalisasi, wisatawan mungkin penasaran ada apa saja di Lokananta Solo? Jawabannya, beragam spot wisata unik. Namun, daya tarik utama tentu saja Galeri Lokananta yang merupakan galeri seni sekaligus museum. 

Di dalam bangunan bergaya jadul  ini, pengunjung dapat menyambangi sembilan area. Kesembilan area tersebut yaitu Linimasa, Gamelan, Diskografi, Bengawansolo, Anekanada, Proklamasi, Ruang Pamer, Pustaka, dan Toko Lokananta.

Menyusuri seluruh area ini, pengunjung akan mendapatkan wawasan mengenai sejarah perkembangan musik tanah air. Mulai dari alat musik tradisional, lagu populer pertama, hingga band musik pertama. Ada juga ruangan berisi piringan musik, radio zaman dulu, dan pameran desain cover album musik. 

Selain belajar, pengunjung juga akan memanjakan mata dengan desain interior yang indah. Struktur bangunan Galeri Lokananta tidak berubah terlalu banyak. Beberapa sudut justru mendapatkan pemugaran agar lebih kokoh tanpa menghilangkan kesan klasiknya. Ini menjadikan Galeri Lokananta mempunyai banyak sudut aesthetic dan Instagrammable, lho.

Kawasan Lokananta Bloc

amfiteater
Setelah revitalisasi, Lokananta memiliki banyak ruang publik – Foto: Gmaps/Dhani Prasetyo

Beralih ke luar area galeri, pengunjung akan menemukan Kawasan Gerai dan Taman Lingkar. Terdapat jajaran gerai makanan dan minuman serta toko pernak-pernik yang menarik untuk dikunjungi.

Pengunjung bisa bersantai sejenak sambil mengisi perut dengan berbagai menu. Ada juga tempat ngopi yang nyaman untuk berlama-lama mengerjakan tugas atau bekerja. 

Selain itu, ada amfiteater yang berfungsi ganda. Area ini bisa menjadi tempat duduk santai, tempat berkumpul dan diskusi, hingga berfoto-foto cantik. Area ini juga menjadi lokasi untuk berbagai acara kesenian atau festival musik. 

Fasilitas

Fasilitas di Lokananta Bloc yaitu area parkir, toilet, musala, ruang pertemuan, kafe, dan toko suvenir. Tempat wisata ini juga menyediakan pemandu untuk tur keliling galeri.

Lokasi

Lokananta Bloc berlokasi di Jalan Ahmad Yani nomor 389, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk reservasi dan informasi, kunjungi akun Instagram resmi Lokananta Bloc atau hubungi nomor 082141510691.

Berikan Rating

4.6 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: