Beranda Tiket Wisata

Pantai Air Manis Padang Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis : Rp5.000 - Rp10.000Jam Buka: 09:00 - 17:00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Desa Air Manis, Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, 25217

Kadang kala, suatu tempat muncul berkaitan dengan legenda masyarakat sekitar, seperti Pantai Air Manis. Yang mana sangat lekat dengan legenda yang begitu terkenal seantero negeri, yaitu Malin Kundang. Legenda seorang anak durhaka yang dikutuk menjadi batu karena tidak mengakui ibu kandungnya. Yang terwujud dalam patung batu berupa manusia yang sedang sujud di pantai ini.

Masyarakat dan wisatawan begitu antusias dan tertarik dengan keberadaan patung yang melegenda ini. Dan menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Pantai Air Manis. Tak hanya batu itu, pantainya sendiri pun memiliki keindahan yang menawan. Serta berbagai wahana dan hal unik yang wajib dicoba ketika berkunjung ke pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis

Objek wisata ini menetapkan tarif yang sangat terjangkau. Tarif ini hanya untuk tiket masuk, sementara untuk wahana lain dikenakan tarif tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp10.000
Anak-anak Rp5.000
Wahana
ATV Rp 100.000

Baca: PANTAI NIRWANA Padang Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Air Manis

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga petang.

Jam Operasional
Setiap hari 09:00 – 17:00 WIB

Pesona Indahnya Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Pantai Air Manis. Foto: Gmap/ariz wokey

Pantai Air Manis memiliki pesona keindahan tersendiri yang mampu memikat hati wisatawan. Air lautnya yang biru dan bersih ini, tampak tenang dengan ombak yang kecil. Deburan ombaknya pun seolah menjadi melodi yang mengalun indah. Berpadu dengan suara desiran dedaunan yang saling bergesek.

Pantai ini memiliki area pasir yang landai dan luas. Pasirnya berwarna putih kecokelatan, dan begitu lembut butiran pasirnya. Di bagian pesisirnya pun masih banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang. Menjadi peneduh sekaligus membuat suasana semakin tampak asri.

Baca: MIFAN WATERPARK Tiket & Wahana

Lekat dengan Kisah Malin Kundang yang Melegenda

Batu yang Dipercaya sebagai Malin Kundang yang Dikutuk Ibunya
Batu yang Dipercaya sebagai Malin Kundang yang Dikutuk Ibunya. Foto: Gmap/muhammad fajri

Pantai Pasir Putih dipercaya sebagai lokasi tempat legenda Malin Kundang berasal. Malin Kundang adalah cerita rakyat dari Sumatera Barat. Mengisahkan seorang anak bernama Malin Kundang, yang hidup miskin bersama ibunya. Kemudian, Malin Kundang pergi ke kota untuk mengadu nasib dan menjadi saudagar kaya.

Ketika sudah kaya, ia pulang dan saat sang ibu menghampirinya, Malin Kundang tidak mengakui ibunya. Ibunya yang kecewa kemudian mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Kisah yang melegenda ini terwujud dalam sebuah batu berbentuk manusia yang bersujud. Tak hanya itu, di sekitar batu tersebut ada juga perlengkapan dan batuan berbentuk dinding kapal.

Ada tong, jangkar, tali tambang, yang juga terbuat dari batu. Menurut kepercayaan kapal dan isinya tersebut milik Malin Kundang yang ikut berubah menjadi batu. Wisatawan bisa berfoto dekat dengan batu ini. Bahkan, di sekitarnya tidak ada pagar sehingga dari jarak dekat pun bisa mengambil foto.

Menyeberangi Laut Menuju Pulau Pisang

Menyeberang ke Pulau Pisang Kecil saat Air Surut
Menyeberang ke Pulau Pisang Kecil saat Air Surut. Foto: Gmap/Banx Jamal

Tak jauh dari pesisir pantai, terdapat sebuah pulau bernama Pulau Pisang Kecil. Pulau Pisang Kecil ini memiliki luas sekitar 1 hektar. Di dalamnya tak berpenghuni, hanya kawasan pasir yang ditumbuhi dengan pepohonan. Tak lupa, ada juga pohon kelapa yang membuatnya terlihat khas pantai daerah tropis.

Pulau ini hanya bisa didatangi saat siang hingga sore hari. Di mana air laut menuju pulau sedang surut, sehingga wisatawan dapat berjalan melintasi lautan. Meskipun seru bermain di sini, sebaiknya jangan terlena terlalu lama. Karena telat sedikit, air laut akan pasang dan sulit untuk menyeberanginya kembali.

Selain Pulau Pisang Kecil, wisatawan juga dapat mengunjungi pulau yaitu Pulau Pisang Besar. Wisatawan dapat berkunjung dengan naik perahu. Sementara untuk Pulau Pisang Besar terdapat penduduk. Sebagian besarnya berprofesi sebagai nelayan.

Memacu Adrenalin dengan Wahana ATV

Berkeliling Pantai dengan ATV
Berkeliling Pantai dengan ATV. Foto: Gmap/Andi Abdurrachman

Sebelum menceburkan diri di laut, wisatawan dapat mencoba wahana pemacu adrenalin. Di sini terdapat motor ATV dan paralayang. Untuk motor ATV, disewakan per jam seharga Rp 100.000. Wisatawan bisa puas berkeliling di area pantai sembari berfoto-foto.

Tidak ada trek khusus, yang membuat wisatawan bisa lebih bebas berpetualang. Bahkan melewati area pantai pun bisa dilakukan. Jika belum puas dengan ATV, wisatawan juga bisa mencoba paralayang. Aktivitas ini tidak hanya bagi sudah yang ahli saja, tapi bisa juga untuk pemula.

Bagi pemula, dapat akan mendapat pendamping pemandu untuk terbang tandem dengan paralayang. Tentu akan seru menyaksikan indahnya Pantai Air Manis dari ketinggian. Apalagi menyaksikan ombak yang bergulung dengan rapi. Membuat hati senang dan puas sekaligus.

Bermain Seru di Perairan Pantai

Pantai Air Manis memiliki perairan yang ramah. Wisatawan dapat bermain air di tepian pantai. Bahkan tak sedikit anak-anak yang juga menikmati perairan pantainya. Dengan bermain air menggunakan pelampung.

Di saat ombak sedang tinggi, wisatawan juga dapat memanfaatkannya untuk bermain selancar. Tidak banyaknya batuan karang membuat selancar lebih nyaman.

Menikmati Sore sambil Berjalan Santai

Di sore hari, objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan dapat menikmatinya sambil berjalan santai di pesisir pantai. Cobalah dengan tidak mengenakan alas kaki, dan rasakan halusnya butiran pasir mengenai kaki. Akan meninggalkan rasa nyaman dan lembut yang tak terlupakan.

Sambil berjalan santai, wisatawan juga dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Langit yang mulai oranye karena matahari mulai turun, membawa pemandangan menawan. Dari kejauhan juga tampak Gunung Padang yang menambah keindahan pemandangan. Saat-saat seperti inilah yang dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto.

Fasilitas Pantai Air Manis Padang

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan kamar mandi. Ada juga area parkir, tempat istirahat, area bermain, dan lokasi pancing.

Lokasi Pantai Air Manis Padang

Wisata Pantai ini Berlokasi di Desa Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Tepatnya berlokasi di balik Bukit Gado-Gado dan Gunung Padang.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini