Beranda Tiket Wisata

PANTAI KARANG HAWU: Tiket & Daya Tarik September 2021

Pantai Karang HawuHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jl. Raya Cisolok, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, -

Pantai Karang Hawu berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai indah ini konon menyimpan berbagai kisah mistis mengenai Ratu Selatan, yaitu Nyai Roro Kidul. Kisah ini sudah menjadi legenda turun-temurun dari masyarakat.

Selain lautnya, objek wisata ini juga memiliki spot pegunungan, dimana terdapat petilasan ulama tersohor Sukabumi. Meskipun terselimuti kisah mistis, tak menutup keindahan dan keseruan berwisata di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Hawu Sukabumi

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang sangatlah terjangkau. Bahkan, harga tarif masuk ini sudah termasuk dengan tarif parkirnya. Juga tidak ada pembedaan tarif parkir. Baik di hari biasa ataupun hari libur, dan bagi anak-anak atau dewasa.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi

Jam Operasional

Wisata pantai ini dapat dinikmati kapan saja. Mulai dari pagi hingga malam, bahkan hingga pagi lagi. Dan waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada saat pagi atau sore hari. Ketika matahari terbit dan tenggelam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Pantai Karang Hawu Sukabumi

Karang yang ada di Pantai Karang Hawu
Karang yang ada di Pantai Karang Hawu. Foto: Gmap/Mulyani 507

Karang Hawu, pantai yang menyimpan sejuta pesona. Seperti namanya, di pantai ini terdapat banyak karang yang ada di tepian. Dan juga sebuah karang yang menjorok ke laut, menjadi ikon dari objek wisata ini. Serta, di beberapa bagian membentuk seperti tungku, yang dalam bahasa Sunda disebut Hawu.

Karena kondisi inilah pantai indah ini disebut dengan Karang Hawu. Karang ini hanya berada di salah satu sisi pantai saja, sehingga aktivitas di sepanjang tepi pantai tidak terhalang. Wisatawan masih dapat puas bermain dan berlarian di tepi pantai, sambil berkejaran dengan ombak. Ombak di pantai ini cukup tinggi, tak mengherankan karena pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang besar.

Selain itu di tepian pantai banyak tumbuh pepohonan yang rindang. Pepohonan ini juga sering menjadi tempat berteduh wisatawan. Begitu juga bagian daratan pantai yang tertata rapi, dengan pembatas khas taman. Dari sini wisatawan dapat menyaksikan jajaran pegunungan. Yang tampak siluetnya dari tepi pantai.

Baca: GEOPARK CILETUH Tiket & Pesona Alam

Legenda Nyai Roro Kidul

Pemandangan Indah Pantai Karang Hawu
Pemandangan Indah Pantai Karang Hawu. Foto: Gmap/Andi Aja

Menurut masyarakat pantai ini terdapat cerita legenda mengenai Nyai Roro Kidul. Putri Prabu Siliwangi, yang terkenal dengan kecantikan parasnya dan halus budinya. Namun, kebaikan ini justru menimbulkan iri dan dengki dari para selir Sang Prabu. Puncaknya, selir-selir ini mengirim sihir untuk sang putri hingga mengakibatkan putri menderita penyakit kulit.

Sayangnya, penyakit ini tidak ada obatnya dan Sang Putri diusir dari istana. Nyai Roro Kidul pun berjalan ke arah selatan dan bertapa di Bukit Karang Hawu. Selanjutnya dalam pertapaan itu, Sang Putri mendapatkan petunjuk untuk terjun ke laut selatan sebagai obat penyakitnya. Nyai Roro Kidul pun mengikuti petunjuk tersebut, dan penyakit kulitnya pun sembuh sehingga ia cantik kembali.

Setelah sembuh, ia menjadi manusia yang memiliki kesaktian. Ia pun juga harus menjadi ratu di kerajaan laut, yang kemudian berjuluk Ratu Laut Selatan. Sayangnya, setelah sembuh dan sakti, sang putri tidak dapat kembali menjadi manusia biasa. Dan ia harus hidup selamanya di dalam laut.

Baca: Curug Cikaso Tiket & Pesona Alam

Pegunungan tempat Sang Ulama

Pemandangan Senja di Pantai Karang Hawu Sukabumi
Pemandangan Senja di Pantai Karang Hawu Sukabumi. Foto: Gmap/Gian Pratama Marzuki

Jika melihat dari bibir pantai, terdapat dua pegunungan yang tampak asri. Pegunungan tersebut yaitu Pegunungan Winarum dan Pegunungan Rahayu. Keduanya dapat dicapai dengan treking dari pantai melewati jalan setapak. Selama pendakian, wisatawan dapat melihat pemandangan asri serta menikmati suara debur ombak lautan.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, wisatawan tentu akan mendapatkan pemandangan yang semakin memukau. Yaitu hamparan lautan luas yang dapat disaksikan dari atas bukit. Hal ini tentu menjadi spot berfoto yang begitu indah. Jangan lupa siapkan juga kamera serta memori supaya muat menampung foto-foto indah dari atas bukit ini.

Selain menikmati keindahan, wisatawan juga akan menjumpai makam dan petilasan keramat. Makam ini adalah makam ulama besar Sukabumi bernama Syeh Hasan Ali. Dulunya bukit ini juga menjadi tempat bersejarah karena menjadi tempat pertemuan 40 ulama besar. Tujuannya untuk membicarakan strategi penyebaran agama Islam di Sukabumi bagian selatan.

Baca: Curug Sawer Tiket & Ragam Aktivitas

Menikmati Kuliner sambil Menyaksikan Matahari Terbenam

suasana sunset dengan langit berwarna keemasan
Langit Senja di Karang Hawu. Foto: Gmap/Mardhatillah Mardha

Pasti akan sangat seru jika makan sambil menikmati pemandangan indah. Wisatawan dapat merasakan kenikmatan ini dengan memesan makanan di warung yang ada di tepi pantai. Di sini, berjajar warung yang terutama menjual aneka makanan laut. Mulai dari ikan, cumi-cumi atau sotong, udang, dan lainnya.

Hidangan makanan laut tersedia dalam beragam pilihan masakan. Mulai dari dibakar, saus tiram, saus padang hingga digoreng.  Lebih seru lagi karena area makan berada tepat di tepi pantai. Jadi bisa menikmati makanan sambil menanti senja, menikmati indahnya matahari terbenam. Tentu, makan dengan suasana romantis ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Baca: Curug Cimarinjung Sukabumi Tiket & Daya Tarik

Lokasi Pantai Karang Hawu Sukabumi

Kawasan wisata pantai ini berlokasi di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Berjarak kurang lebih 72 Kilometer dari kota Sukabumi. Untuk sampai ke area pantai paling tidak butuh waktu 2,5 jam menggunakan kendaraan.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini