Beranda Tiket Wisata

Ragam Aktivitas Wisata Di Pantai Legon Pari - Februari 2020

Tgl. Update:Kamis, November 28, 2019
Pantai Legon Pari Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sawarna, Bayah, Sawarna,Bayah,Lebak,Banten,Indonesia,42393.

Banten memang dikenal memiliki banyak pantai sebagai destinasi wisata bahari. Mulai dari sisi utara, barat, hingga selatan, Provinsi Banten menyimpan banyak keindahan alam di kawasan pesisir. Tidak sedikit pantai yang belum terjamah atau diketahui oleh kalangan luas. Salah satunya adalah Pantai Legon Pari yang berada di daerah Sawarna.

Dengan panorama Samudera Hindia serta hamparan pasir putih yang cantik, Pantai Legon Pari adalah harta bahari tersembunyi yang bisa ditemukan di Banten.

Tiket Masuk

Untuk menikmati seluruh keindahan yang ditawarkan di Pantai Legon Pari, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

Harga Tiket
Tiket masukRp5.000

Baca: 9 Pantai Paling Menarik di Banten

Jam Buka

Area wisata pantai ini bisa dikunjungi oleh kalangan umum setiap hari. Tidak ada jam operasional yang diberlakukan, namun lebih baik datang ketika pagi atau siang hari. Akses jalan menuju lokasi cukup berbahaya jika dilalui dalam kondisi gelap.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari
Pantai Legon Pari dengan hamparan pasir putih – Foto: Google Maps/Pandu Maulana

Pantai Legon Pari bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang sempurna. Pasir putih yang bersih dan luas, panorama laut biru tanpa halangan, dilengkapi gulungan ombak yang indah dan menawan. Akan tetapi karena aksesnya yang terbatas, pantai ini tidak seramai Pantai Carita atau Pantai Sawarna.

Namun, hal ini juga menjadi nilai tambah selain keindahan alamnya yang memesona. Suasana pantai cenderung lebih tenang karena tidak dipadati pengunjung. Pantai ini cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan untuk menyegarkan pikiran  melalui suasana pesisir selatan.

Baca: Pantai Tanjung Layar Wisata Pantai Legenda

Panorama Pantai

Matahari terbit
Pemandangan matahari terbit di Legon Pari – Foto: Google Maps/Otong Lenong

Ketika tiba di Pantai Legon Pari, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan pemandangan laut yang luas serta pantai berpasir putih yang indah. Dengan posisinya yang berada di lekukan pesisir selatan, Pantai Legon Pari menyajikan panorama pantai yang luas.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya hamparan pasir putih yang menyatu dengan laut biru menuju Samudera Hindia. Angin laut yang sejuk berhembus dan langsung menyapa tanpa terhalang apapun.

Baca: Pantai Tanjung Lesung Tiket & Aktivitas

Ombak bergulung-gulung dan berdebur ketika menyapu bibir pantai, menciptakan suasana khas pesisir yang menenangkan hati. Jangan harap menemukan keramaian wisatawan yang berseluncur atau menaiki wahana semacam jetski di sini. Meski minim fasilitas, namun keasrian pantainya masih terjaga dengan baik.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan bermain pasir pantai atau berenang di sekitar bibir pantai. Di bagian timur dan barat, lahan berpasir akan berubah menjadi kawasan batu karang yang menjorok ke laut. Area ini biasanya dijadikan lokasi jalan santai sambil menikmati angin laut.

Kearifan Lokal

Perahu nelayan
Perahu-perahu nelayan yang berada di sekitar pantai – Foto; Google Maps/Gema Pratama

Selain sebagai objek wisata, pantai ini merupakan lahan melaut bagi masyarakat setempat. Banyak  warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan dan berangkat melaut dari pantai ini. Jajaran perahu nelayan bisa dengan mudah ditemukan di sudut-sudut pantai.

Di sore hari, wisatawan bisa menyaksikan warga yang bergotong royong mendorong perahu menuju laut untuk mencari ikan. Pengunjung tidak akan menemukan fasilitas penginapan mewah atau hotel bintang lima di kawasan Pantai Legon Pari.

Baca: PANTAI ANYER Tiket, Aktivitas &  Wahana

Namun, tersedia fasilitas akomodasi berupa homestay  di rumah warga sekitar serta rumah bilik sederhana yang tidak jauh dari pantai. Memilih homestay memberi keuntungan untuk lebih dekat dengan penduduk asli Sawarna.

Piknik dan Berkemah

Panorama pantai
Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan laut – Foto: Google Maps/Khairul Dwi Wibowo

Sepanjang pesisir Pantai Legon Pari terdapat beragam kios maupun warung makan sederhana. Warung-warung ini dilengkapi dengan gazebo atau saung yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Wisatawan bisa menikmati makanan ditemani suara ombak di sini.

Kawasan pantai juga bisa menjadi lokasi berkemah yang berkesan. Wisatawan tinggal membawa peralatan berkemah dan mendirikan tenda di area yang aman. Lebih baik tidak terlalu dekat dengan bibir pantai untuk menghindari air pasang. Memasak barbekyu hasil laut di tepi pantai dan memasang api unggun tentu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca: Pantai Sawarna Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas Pantai Legon Pari

Pengunjung yang menggunakan kendaraan besar seperti mobil atau bus bisa memarkirkan kendaraannya di area parkir yang tersedia sebelum memasuki akses jalan yang sempit. Tersedia jasa transportasi ojek  untuk mencapai lokasi pantai.

Fasilitas di sekitar pantai memang masih minim, namun sudah tersedia toilet dan kamar mandi umum serta beragam warung makan disertai saung peristirahatan. Penginapan yang bisa dipilih terbatas pada homestay di rumah warga sekitar atau gubuk sederhana yang tak jauh dari bibir pantai.

Akses ke Pantai Legon Pari

Salah satu alasan objek wisata ini masih jarang disambangi wisatawan adalah karena akses jalannya yang terbatas. Setelah melalui Jalan Sawarna-Bayah, pengunjung akan memasuki kawasan permukiman warga. Pengunjung akan melewati gang dan jalan desa yang kecil.

Selanjutnya, pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung yang bisa dilewati secara bergantian. Dari sana, perjalanan masih berlanjut melalui jalur perkebunan dan hutan sekitar dua hingga tiga kilometer. Jalur ini hanya bisa dilalui dengan motor atau berjalan kaki.

Baca: Pantai Carita Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Lokasi Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Dengan jarak sekitar 230 km dari Jakarta, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk ke objek wisata ini sekitar 9 jam. Pengunjung bisa melalui rute barat atau rute timur untuk sampai ke pantai ini.

Rute barat yaitu melalui Malingping menuju Bayah dan akhirnya Sawarna. Sementara rute timur yaitu Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna. Rute di Cikidang cukup ekstrem untuk dilalui, sehingga wisatawan yang sensitif terhadap guncangan perlu mewaspadai kemungkinan mabuk kendaraan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here