Pantai Sawarna Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna,Bayah,Lebak,Banten,Indonesia,42392.

Pantai Sawarna merupakan kawasan wisata tepi laut di Lebak, Banten. Area pantai ini memiliki beberapa wisata pantai ditambah wisata guanya. Keindahan panorama laut, wisata gua yang eksotis, serta keasrian alam menjadi daya tariknya.

Nama Pantai Sawarna diambil dari nama kepala desa pertama di daerah tersebut, yaitu Swarna. Kata Sawarna sekaligus menandakan bahwa penduduk di lokasi tersebut satu warna, yakni masyarakat Sunda.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Tiket masuk wisata pantai ini terbilang cukup murah. Cukup dengan beberapa ribu pengunjung sudah bisa menikmati keindahan kawasan pantai.

Harga tiket masuk Pantai Sawarna
Senin – MingguRp 5.000

Baca: Pantai Anyer Tiket, Aktivitas & Wahana

Jam Buka

Pantai terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi setiap hari. Buka selama 24 jam.

Waktu operasional
Senin – Minggu24 jam

Ragam Aktivitas Wisata Di Pantai Sawarna

Pantai Sawarna memiliki bentang kawasan tepi laut dengan banyak titik pantai dan wisata gua. Lokasi-lokasi tersebut menjadi tempat yang cocok untuk beragam aktivitas wisata pantai.

Menikmati Keindahan Pantai

keindahan bentang alam pantai sawarna
Pantai Sawarna menawarkan keindahan panorama tepi laut dengan airnya yang berwarna biru dan pesona pasir putih dikelilingi perbukitan hijau yang asri.
Foto : Instagram/kevinarlim27

Pantai Sawarna menawarkan keindahan panorama tepi laut dengan airnya yang berwarna biru. Wilayah bibir pantainya menebarkan pesona lembutnya pasir putih dikelilingi perbukitan hijau yang asri. Di beberapa bagiannya terdapat pantai karang yang alami dan eksotis.

Harmoni keindahannya menjadi daya tarik destinasi wisata ini bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan menjuluki Pantai Sawarna sebagai ‘The Hidden Paradise’ atau ‘Surga yang Tersembunyi’.

Baca: Pantai Tanjung Lesung Tiket & Aktivitas

Dengan cakupan wilayah wisata Sawarna cukup luas, sajian bentang alam yang menawarkan aneka pemandangan mengagumkan. Wisatawan dapat menikmati pantainya yang terbentang mulai dari di sisi barat hingga sisi timurs. Mulai dari Pantai Pulo Manuk sampai ke Pantai Karang Taraje menggambarkan betapa eksotisnya kawasan Pantai Sawarna.

Surfing

menantang ombak bermain surfing
Gelombang Pantai Sawarna yang cukup tinggi disertai angin kencang ideal untuk olahraga surfing.
Foto : Google Maps/Rizman Panggabean

Laut Sawarna berhadap langsung dengan Samudera Hindia. Terkenal akan ombak yang besar, karakter gelombang di pantai ini cukup tinggi. Hal ini membuat objek wisata tepi laut ini sangat cocok dikembangkan sebagai wisata selancar.

Gelombangnya yang cukup tinggi disertai angin kencang ideal untuk olahraga surfing. Lokasi ini menjadi favorit surfing bagi wisatawan lokal maupun mancanegara hampir setiap harinya. Dengan tingginya antusiasme wisatawan, di kawasan ini juga tersedia tempat-tempat penyewaan papan selancar.

Beberapa wilayah dari kawasan Pantai Sawarna kerap menjadi tempat berselancar. Antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, dan Pantai Karang Seupang. Selain itu juga di Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pulo Manuk.

Bermain Pasir dan Air

bermain air dan pasir di pantai sawarna
Dengan area pasir pantai putihnya yang luas, wisatawan dapat bermain air dan berkejaran dengan ombak Pantai.
Foto : Instagram/ceritasiopay

Bersantai di kawasan pantai banyak dilakukan wisatawan untuk menikmati suasana berlibur mereka. Banyak wisatawan berjalan-jalan santai bertelanjang kaki untuk menikmati lebutnya pasir putih. Keluarga terutama dengan anak-anak juga sangat menyukai bermain pasirnya yang bersih.

Wisatawan tak perlu khawatir bermain air dan berkejaran dengan ombak Pantai Sawarna. Dengan area pasir pantai putihnya yang luas, wisatawan tidak merasa terganggu dengan gelombang khas pantai selatan. Para penjaga pantai pun siap mengawasi dan mengingatkan wisatawan yang tanpa sadar memasuki area berbahaya.

Baca: Coconut Island Carita Tiket & Wahana

Berenang

Dengan area perairan tepi pantai yang indah, Pantai Sawarna memiliki banyak spot untuk wisatawan dapat berenang. Terutama di area perairan dangkal di Pantai Pasir Putih dan Pulo Manuk.

Wisatawan dapat berenang pada standar batas aman yaitu 25-30 meter dari bibir pantai. Rambu-rambu seperti bendera dan papan imbauan pun dipasang di setiap tepi pantai. Tidak semua titik dilengkapi tower pemantau, namun tim life-guard  siap mengarahkan, memantau serta menyelamatkan.

Momen Sunrise dan Sunset di Pantai Sawarna

menikmati sunset dari tepi pantai
Di Pantai Sawarna, wisatawan akan mendapatkan indahnya momen sunrise maupun sunset.
Foto : Instagram/sawarna_beach

Di Pantai Sawarna, wisatawan akan mendapatkan indahnya momen sunrise maupun sunset . Pemandangan indah tempat ini sering sekali dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan fotografi.

Seperti umumnya, kebanyakan wisata pantai selalu menawarkan panorama menjelang senja yang indah. Pemandangan matahari terbenam yang menawan dapat dinikmati keindahannya dari semua titik pantainya.

Sedangkan untuk menikmati indahnya langit sunrise hanya dapat dilakukan di beberapa area pantai saja. Tempat yang tepat antara lain pantai Karang Beureum, Legon Pari, dan Tanjung Layar. Indahnya fajar dari ufuk timur memberikan sajian momen sunrise yang memukau.

Trekking Gua

Selain wisata tepi laut, di objek wisata ini juga terdapat beberapa objek wisata goa. Di pantai dengan gua, wisatawan dapat melakukan jelajah gua, seperti Goa Lalay dan Goa Langir. Bersama dengan pemandu, wisatawan akan diarahkan serta diberi penjelasan mengenai sejarah terkait gua tersebut.

Menginap dan Berkemah di Pantai Sawarna

kegiatan berkemah di pantai sawarna
Berkemah memberikan kesempatan lebih banyak untuk menjelajahi ragam aktivitas lain di Pantai ini.
Foto : Instagram/anggiabd_76

Wisata Pantai Sawarna memiliki beberapa lokasi pantai serta wisata gua. Satu hari tidak akan cukup untuk menjelajahi kawasan wisata sepanjang desa tepi laut ini.

Dengan menginap di kawasan pantai, wisatawan dapat mengunjungi banyak tempat yang ada di wisata Sawarna. Wisatawan juga dapat beristirahat sambil menikmati keindahan panorama pantai lebih lama.

Untuk menginap di sekitar area pantai, tersedia beberapa penginapan dan hotel. Selain itu, wisatawan yang menyukai alam bebas juga dapat berkemah di wilayah aman pantai.

Pantai di Sekitar

Pantai Sawarna memiliki panorama alam yang berbeda satu sama lain dengan beragam titik lokasi wisata. Seperti deretan pantai dengan daya tariknya masing-masing, serta wisata gua-gua cantik.

Pantai Tanjung Layar

Pantai ini merupakan wisata unggulan yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Sawarna. Ciri khasnya yaitu sepasang karang berukuran raksasa berbentuk layar kapal yang sedang terkembang. Itulah sebabnya lokasi pantai ini diberi nama Tanjung Layar.

Pantai Pasir Putih

Lokasi ini merupakan pantai di Sawarna dengan hamparan pasir putih terpanjang. Di pantai ini sudah ada tower pemantau dan tim life guard yang siap memantau.

Pantai Karang Taraje

Ciri khas pantai ini terdiri dari karang besar yang saling bertumpuk menyerupai tangga. Dari sinilah penyebutan ‘Taraje’ yang dalam bahasa Sunda berarti tangga. Terdapat spot menyerupai air terjun yang terbentuk dari debur ombak besar yang menghempas karang.

Pantai Legon Pari

Lokasi ini merupakan pantai di Sawarna yang paling cocok untuk berenang. Karakter pasirnya lebih lembut, air lautnya biru, dan ombaknya lebih tenang. Pasirnya masih bersih, suasana alam masih alami dan tenang membuatnya bagai pantai pribadi.

Pantai Karang Beureum

Karang di tempat ini memiliki warna kemerah-merahan. Beureum dalam bahasa Sunda berarti berwarna merah. Karang mendominasi setiap sudut pantai ini, dalam jumlah dan ukuran tidak terlalu besar.

Pantai Gua Langir

Selain pantai asri, pantai yang lokasinya tersembunyi ini memiliki gua–gua menembus tebing. Gua ini diisi dengan batuan stalagtit dan stalagmit yang terbentuk sejak ratusan tahun lalu. Di ‘surga tersembunyi’ ini terdapat beberapa gua :

Gua Langir, banyak air menetes dari dinding tebing dengan bebatuan simetris yang besar dan basah.

Gua Seribu Candi, dinamakan demikian karena banyaknya batuan stalagmit yang menyerupai stupa candi. Lorongnya pendek dengan banyak ornamen alam yang indah.

Gua Kanekes, berbentuk horizontal dengan panjang sekitar 85 meter.

Gua Harta Karun, dahulu dimanfaatkan penjajah Jepang untuk menyimpan harta rampasan. Bagian depan gua ini ditumbuhi vegetasi hijau.

Pantai Karang Bokor

Di pantai ini terdapat pulau dari karang yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman khas pantai. Dibuka untuk umum sekitar pertengahan 2017, Karang bokor memiliki pemandangan yang indah. Suasana di atas tebing yang menghadap lautan lepas diiringi deburan ombak yang keras.

Pantai Pulau Manuk

Letaknya berdekatan dengan Leweung (hutan) Saketeng, lokasi ini masih rimbun dengan banyak kera dan lutung. Aktivitas memberi makanan kera merupakan pengalaman seru saat datang ke tempat ini.Di Pantai ini juga terdapat spot berenang dengan ombak yang tenang.

Bukit Cariang

Dari Bukit Cariang kita bisa melihat panjang pesisir Pantai Sawarna secara keseluruhan. Tempat ini cocok untuk menikmani pantai dari ketinggian sambil bersantai menikmati hidangan ringan.

Gua Lalay

Daya tarik Gua Lalay adalah terdapatnya batuan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi dengan jumlah yang cukup banyak. Panjangnya lebih dari 1000 meter, namun wisatawan hanya disarankan sampai 200-400 meter. Keunikan goa ini yaitu hampir seluruh dasarnya terendam air setinggi betis orang dewasa.

Fasilitas

Pantai Sawarna telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan. Wisatawan dapat menemukan banyak tempat makan, toilet, dan tempat beristirahat di kawasan wisata ini. Di ujung pantai terdapat batu-batu karang yang dimanfaatkan sebagai spot untuk swafoto.

Jasa pemandu wisata juga tersedia untuk memperoleh informasi dan menemukan tempat indah tersembunyi di sini. Puluhan personel Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten siaga mengamankan aktivitas wisata di pantai ini.

Lokasi Pantai Sawarna

Objek wisata alam pantai ini berlokasi di Jalan Raya Sawarna, Desa Sawarna, Bayah, Kebupaten Lebak, Banten 42393. Dari Jakarta berjarak sekitar 183-234 kilometer atau sekitar 6 jam perjalanan. Wisatawan dapat mengambil rute jalur barat ke Malingping, lalu Bayah kemudian Sawarna. Sedangkan jalur timur melalui Pelabuhan Ratu ke Cisolok lalu Sawarna.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,80 | 5 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini