PANTAI LUMUT Tiket & Ragam Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Pantai Lumut: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Sidoharjo, Puring, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, -

Pantai Lumut Kebumen menawarkan tapi pantai yang masih sangat asri dan penuh dengan pepohonan kelapa. Dengan hamparan pasir berwarna kecokelatan dan laut biru membentang luas. Selama berada di pantai ini wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas. Misalnya bermain di kolam renang, wahana ATV, berkuda, serta berbagai spot selfi.

Harga Tiket Masuk Pantai Lumut

Bagi yang berencana ke Pantai Lumut tidak perlu menyiapkan budget lebih. Karena untuk masuk ke kawasan pantainya masih gratis. Hanya perlu menyiapkan biaya untuk parkir dan bermain berbagai wahana.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Naik KudaRp15.000
Parkir Sepeda motorRp5.000
Parkir MobilRp10.000

Baca: GOA JATIJAJAR Kebumen Tiket & Pesona

Jam Buka

Wisata alam ini tidak memiliki batasan waktu tertentu bagi wisatawan yang ingin berkunjung.  Hampir setiap hari pihak pengelola selalu membukanya selama 24 jam penuh. Untuk harinya mulai dari Senin sampai dengan Sabtu.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Aktivitas Wisata Pantai Lumut Kebumen

Wisatawan yang datang ke Pantai Lumut Kebumen dapat melakukan beragam aktivitas seru. Salah satunya bersantai di tepi pantai sambil memandangi keindahan lautnya. Karena ombak lautnya cukup ganas, jadi pihak pengelola tidak mengizinkan pengunjung untuk berenang.  Tak usah kecewa, sebagai gantinya  bisa melakukan aktivitas lain berikut ini.

Berenang Di Kolam Anak

Anak kecil bermain bola di kolam anak Pantai Lumut.
Kolam renang anak-anak yang tidak terlalu dalam cocok untuk anak-anak. Foto : Googlemap/Supriyadi,amk

Pantai Lumut memiliki 2 wahana kolam renang khusus anak-anak. Pertama hanya berupa kolam biasa dan yang lainnya ada fasilitas air mancur. Bentuk kolamnya segi empat dengan ukurannya tidak terlalu luas. Sedangkan untuk kedalaman airnya sendiri kurang dari 1 meter.

Bagi anak-anak yang belum bisa berenang tidak perlu khawatir. Pihak pengelola telah menyediakan ban pelampung sebagai alat bantu. Selain itu ada pula fasilitas permainan bola untuk menambah keseruan selama berenang. Jadinya sambil berenang bisa sekaligus bermain lempar tangkap bola.

Baca: Pantai Menganti Tiket Masuk & Daya Tarik

Berfoto Di Spot Unik

Spot sayap kupu-kupu di Pantai Lumut.
Pantai Lumut memiliki sejumlah spot foto menarik seperti sayap kupu-kupu, jembatan mini, dan miniatur perahu kertas. Foto : Googlemap/Gianto Putera

Aktivitas yang tidak boleh ketinggalan saat berkunjung ke pantai sudah pasti berfoto. Apalagi kawasan sekitar pantai memiliki beragam spot-spot unik dan keren. Misalnya ada ornamen sayap kupu-kupu, miniatur kapal kertas, dan jembatan mini. Setiap spot mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Sayap kupu-kupu ciri khasnya terletak dari ukurannya yang  besar dan berwarna cerah. Di mana warnanya menggunakan  dasar hitam dengan campuran putih, merah, oranye, dan hijau. Kemudian untuk miniatur perahu kertas posisinya berbentuk seolah-olah mengambang di udara. Selanjutnya ada keunikan jembatan mini serta pada gapura bertuliskan Pantai Lumut di bagian atasnya.

Baca: WADUK SEMPOR Tiket & Aktivitas

Mencicipi Kuliner Khas Pantai Lumut

Liburan ke Pantai Lumut tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi wisata kulinernya. Kawasan ini memiliki tempat makan yang menawarkan sensasi menyantap makanan di tepi pantai. Berupa warung-warung tradisional yang menjajakan berbagai menu. Warung-warung sederhana ini terbuat dari anyaman bambu. Kebanyakan menu yang dijual adalah makanan khas Indonesia.

Salah satu makanan favorit wisatawan yaitu Nasi Mogana. Sejenis lauk yang terbuat dari kelapa parut dengan campuran tempe, ikan asin, dan bumbu dapur. Semakin nikmat dengan adanya tambahan daging ayam kampung sebagai pelengkapnya.

Lalu menu lainnya ada tempe mendoan dan pecel sayur.  Keduanya dihidangkan pada sebuah piring yang terbuat dari bambu. Masih ada makanan lainnya seperti bakso, mie ayam, dan lontong. Semuanya dijual pada kisaran harga Rp5.000 sampai dengan Rp20.000.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Wisatawan menunggang kuda di atas pasir Pantai Lumut
Wisatawan bisa berkeliling area pantai dengan menunggang kuda. Foto: Google Maps/ Siti Nurhati

Selain menyuguhkan pemandangan alam berupa pantai dan laut biru. Pantai Lumut juga menawarkan sensasi berkeliling area sekitar dengan naik kuda. Tidak perlu takut jika belum mahir menungganginya. Karena wisatawan akan ditemani satu orang pawang yang siap membantu.

Pawang tersebut bertugas menarik tali dan menunjukkan jalan. Jadi wisatawan bisa santai duduk di atas kuda sambil menikmati panorama pantai yang memesona. Sementara kudanya sendiri cukup besar berambut hitam dan kulit kecokelatan.

Baca: Pantai Watu Bale Kebumen Tiket & Aktivitas

Mengelilingi Area Pantai Naik ATV

Wahana permainan ATV di tepi Pantai Lumut Kebumen
Selain naik kuda terdapat pilihan lain untuk berkeliling area pantai menggunakan ATV. Foto: Google Maps/Bagus Setyo H

Jika naik kuda dirasa membuat takut, alternatifnya bisa mencoba wahana ATV. Kendaraan sejenis motor yang mempunyai empat roda dengan 2 pegangan tangan di bagian atasnya. Pantai Lumut menyediakan ATV ini tidak lain untuk menawarkan sensasi perjalanan anti mainstream. Selama bermain pengunjung akan melewati lintasan pasir yang lumayan berdebu.

Menariknya pihak pengelola mengizinkan pengunjung mengendarainya seorang diri. Namun itu khusus bagi yang sudah mahir. Jika tidak tahu caranya, wisatawan bisa minta bantuan petugas untuk mengajarinya.

Baca: PANTAI SUWUK Kebumen Tiket Masuk & Ragam Wahana

Fasilitas Pantai Lumut

Pantai Lumut sudah memiliki fasilitas umum yang memadai. Di sini tersedia area parkir yang luas, musala untuk tempat ibadah, dan toilet. Paling utama ada tempat makan yang menyediakan beragam menu makanan.

Lokasi Pantai Lumut

Wisata pantai ini berlokasi di Sidoharjo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berjarak 26 Kilometer ke selatan dari Kota Kebumen. Dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit berkendara.

Berikan Rating

4.6 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *