PANTAI PECARON Tiket Masuk, Lokasi & Daya Tarik Maret 2024

PANTAI PECARON KEBUMEN

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Srati, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54473

Pantai Pecaron Kebumen merupakan sebuah pantai yang terkenal sebagai surga yang tersembunyi. Disebut demikian karena areanya berada di balik tebing.

Selain itu akses jalan yang tidak rata, membuat tempat ini jarang kedatangan wisatawan. Padahal jaraknya hanya sekitar ratusan meter dari Pantai Menganti.

Karena hal inilah, objek wisata ini menjadi pilihan bagi yang ingin mencari ketenangan serta healing. Wahana permainan air bukan menjadi daya tarik utama di sini, melainkan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan.

Seperti menikmati matahari terbenam, memancing, berenang, serta berfoto-foto. Karena pantai ini begitu indah dengan tebing-tebing yang mengelilingi dan muara sungai jernihnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pecaron

Untuk menikmati objek wisata ini dikenakan tiket masuk yang terjangkau. Namun jika ingin berkemah, akan ada tambahan biaya selain tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
WisataRp10.000
BerkemahRp15.000

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Pecaron

Kawasan wisata pantai ini tidak menetapkan jam operasional yang khusus. Namun biasanya wisatawan akan meninggalkan pantai saat matahari sudah terbenam. Kecuali bagi wisatawan yang berniat untuk berkemah.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pemandangan Indah di Surga Tersembunyi Pantai Pancoran

Pemandangan tepi pantai Pecaron dari kawasan perbukitan.
Pemandangan tepi pantai Pecaron dari kawasan perbukitan. Foto: Google Map/ si pajar

Pantai Pecaron yang ada di Kebumen memang layak disebut sebagai surga tersembunyi. Akses jalan menuju tempat ini tidaklah mudah, bahkan banyak pengunjung yang enggan karena jalan yang rusak.

Sehingga tak sedikit yang lebih memilih menghabiskan waktu di pantai lain di dekatnya yang lebih mudah diakses. Padahal, jika ingin berusaha ke objek wisata ini, pemandangan yang didapatkan akan luar biasa indah.

Tepi pantainya memiliki hamparan pasir cokelat kehitaman yang menghampar begitu luas. Terapit perbukitan dan tebing yang berselimut rerumputan dan pepohonan hijau.

Pemandangan ombak yang cukup besar, namun terhalau batuan karang dan tebing-tebing. Tak lupa, batuan karang tersebar di dekat bibir pantai, membuatnya tambah eksotis.

Wisatawan bisa berjalan-jalan santai di sekitar bibir pantai, karena pasir yang begitu halus dan lembut. Keseluruhan pantai ini tampak hijau dan asri, ditambah lagi dengan pepohonan kelapa di tepiannya.

Karena belum banyak pengunjung, jika datang di hari biasa, wisatawan akan merasakan pantai sepi. Seolah pantai milik pribadi tanpa gangguan pengunjung lain.

Baca: PANTAI AYAH Tiket Masuk Dan Daya Tarik

Berfoto dengan Alam yang Menakjubkan

Tak sedikit yang menjuluki Pantai Pecaron sebagai Selandia Baru Indonesia. Tebing-tebing tinggi yang seolah membentengi pantai tampak begitu gagah.

Membentuk perbukitan yang berselimut pohon dan rumput hijau. Wisatawan dapat menjadikan perbukitan ini sebagai latar belakang foto yang sangat menarik.

Wisatawan pun bisa berfoto di kawasan batuan karang. Bahkan bisa juga menaiki batuan karang yang berukuran besar. Menghadap ke pantai dengan latar belakang lautan luas. Akan lebih indah jika berfoto saat ombak datang memecah tenangnya lautan.

Baca: Wisata PANTAI MIRIT Tiket Masuk & Ragam Pesona

Menyaksikan Aktivitas Petani Nira

Di pesisir pantai masih banyak tumbuh pepohonan kelapa. Kelapa ini tak hanya sebagai hiasan atau peneduh pantai. Namun juga dimanfaatkan oleh para petani untuk diolah menjadi nira.

Melihat aktivitas para petani ini memanjat pohon untuk mengambil nira begitu seru. Jarang sekali kini ditemukan kegiatan unik seperti itu.

Nira yang manis ini bermanfaat sebagai bahan baku gula aren. Selain itu ada juga yang digunakan untuk membuat minuman legen. Minuman unik dengan rasa manis alami dari buah nira. Yang segar dinikmati saat dingin di siang hari. Bisa menjadi teman santai ketika berada di objek wisata ini.

Baca: PANTAI LUMUT Tiket & Ragam Daya Tarik

Menikmati Pemandangan Matahari Terbenam

Senja Menawan di Pantai Pecaron
Menikmati suasana senja menawan dari tepi pantai. Foto: Gmap/Pantai Pecaron Chanel

Tidak ada jam tutup untuk Pantai Pecaron, yang memungkinkan wisatawan menghabiskan waktu hingga petang. Sore adalah waktu yang tepat untuk berkunjung, sembari menanti matahari terbenam. Karena pemandangannya begitu memesona dan indah.

Matahari akan perlahan-lahan turun ke peraduan dan seolah tersembunyi di balik bukit. Menyisakan pancaran cahaya oranye yang menyebar ke kawasan pantai. Pemandangan pun tampak begitu romantis dan indah.

Memancing Ikan Laut

Adanya batuan karang dan kawasan di bawah bukit menjadi habitat biota laut. Ada ikan, kerang, hingga udang-udang. Wisatawan yang hobi memancing dapat melakukan aktivitas seru ini untuk berburu hewan laut. Atau menggunakan jaring kecil untuk menangkapnya.

Aliran Sungai menuju Pantai

Hal unik lain yang dapat dijumpai yaitu keberadaan aliran sungai yang bermuara ke laut. Di mana alirannya berasal dari Sungai Watugemulung.

Sementara area hulunya berada di bukit yang lokasinya di Desa Argosari. Wisatawan pun bisa dengan bebas bermain di muara sungai ini, karena areanya berada di tengah kawasan pantai.

Berkemah di Pantai Pecaron

Berkemah di Tepian Pantai
Berkemah di Tepian Pantai. Foto: Gmap/GLAGAHWANGI

Di sini wisatawan dapat menginap, bukan di hotel melainkan dengan mendirikan tenda camping. Suasana yang masih sunyi dan tenang tentu menjadi tempat yang pas untuk menenangkan diri.

Area perkemahannya berada di depan bibir pantai langsung. Dan saat libur tiba, biasanya tak sedikit wisatawan lain yang juga mendirikan tenda.

Lokasinya meskipun tersembunyi, namun menjadi primadona sendiri bagi pecinta alam. Bermalam di sini pun menjadi pengalaman mengasyikkan tersendiri.

Namun tentunya, perbekalan berupa makanan dan minuman, serta obat-obatan pribadi harus sedia sendiri. Karena di sini masih sepi warung.

Berpiknik di Siang yang Tenang

Jika tak ingin menginap, wisatawan tetap dapat menikmati suasana serunya pantai dengan berpiknik. Cukup menggelar tikar atau alas duduk di tepi pantai. Serta membawa bekal yang cukup untuk santai siang ini.

Meskipun siang, di sini tidak terlalu terasa panas dan terik. Karena adanya pepohonan kelapa yang begitu meneduhkan. Ditambah dengan angin semilir yang selalu bertiup sepanjang waktu. Membawa suasana damai dalam ketenangan.

Lokasi Pantai Pecaron Kebumen

Objek wisata ini berlokasi di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jarak dari kota Kebumen ke pantai sejauh 42 Kilometer. Memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi.

Berikan Rating

4.6 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: