Beranda Tiket Wisata

Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Pasir, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54473

Pantai Surumanis memang belum sepopuler Pantai Menganti ataupun Pantai Logending. Namun keindahannya tak kalah memesona. Pantai ini memiliki karakteristik pasir hitam kecokelatan dan perbukitan tinggi yang memagari pantai.

Area pantainya tidak terlalu luas, namun justru kesan alami masih sangat terasa di tempat ini. Hal unik yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah adanya sebuah air terjun. Ditambah dengan perbukitan karst dengan tumbuhan hijau di atasnya membuatnya terlihat rindang dan menyegarkan. Wisatawan pun bisa naik ke atas bukit dan menikmati panorama pantai dari ketinggian. Puncak bukit menjadi area favorit karena terdapat semacam gardu pandang dan beragam spot foto.

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis

Sebelum dapat menikmati keindahan Pantai Surumanis, setiap wisatawan akan ditarik biaya masuk di loket tiket. Harga tiket di sini sangat murah meriah. Selain itu ada tambahan biaya lagi jika ingin naik ke puncak bukit dan menikmati wahana foto yang tersedia di sana.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp10.000
Spot foto Rp5.000

Baca: Wisata Alam BUKIT HUD Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Surumanis

Untuk jam operasionalnya sendiri Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke pantai ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan di Pantai Surumanis adalah pagi atau sore hari ketika cuaca sedang cerah. Wisatawan pun banyak yang datang pada malam hari untuk berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Pantai “Hidden Gem” di Kebumen

Pantai yang masih asri dan alami
Panorama yang indah dari pantai ini dengan sunset yang sangat romantis. Foto: Gmaps/Ahmad Dzulfiqar

Lokasinya yang terpencil dan masih belum banyak diketahui membuat Pantai Surumanis disebut-sebut sebagai permata tersembunyi di Kebumen. Ketika menapakkan kaki di pantai ini suasana tenang sangat terasa. Angin yang berhembus dengan suara ombak besar khas pantai selatan sangat syahdu dan menenangkan pikiran.

Keunikan dari tempat ini adalah adanya air yang turun dari celah bukit karang. Hal ini membuatnya seolah seperti sebuah air terjun yang ada di tepi pantai. Berjarak sekitar 40km dari pusat kota, pantai ini sangat cocok menjadi tujuan untuk sejenak melepas penat dari rutinitas harian.

Beragam aktivitas pun bisa dilakukan di tempat ini. Bermain-main dengan ombak atau pasir hitam khas Pantai Surumanis pastinya sangat mengasyikkan. Bagi penggemar petualangan rasakan juga sensasi mendaki ke puncak bukit dengan pemandangan laut dan barisan tebing yang memesona.

Bermalam dan menikmati panorama sunrise dari pantai ini pun juga bisa menjadi pilihan. Keindahan yang ditawarkan obyek wisata ini tentunya membuat siapa saja akan merasa betah.

Baca: WADUK SEMPOR Tiket & Aktivitas

Bermain Dengan Ombak di Pantai Surumanis

Terletak di sebelah selatan pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat tempat ini memiliki karakter ombak yang yang besar. Wisatawan bisa menikmati serunya bermain air di pantai ini. Area bibir pantai yang landai membuat aktivitas bermain air relatif aman. Namun harus tetap berhati-hati. Sebab di pantai ini banyak sekali batu-batu karang besar yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Sensasi ketika air yang jernih menghantam tubuh akan memberikan kesegaran tersendiri. Waktu terbaik untuk bermain air di tempat ini adalah pagi atau sore hari. sebab ketika siang akan terasa sangat terik dan justru kurang nyaman.

Baca: Pantai Watu Bale Tiket & Aktivitas

Naik Ke Atas Bukit

Perjalanan menuju puncak bukit di Pantai Surumanis
Untuk naik ke atas bukit wisatawan sudah disediakan akses berupa anak tangga. Foto: Gmaps/Andi Ono

Aktivitas favorit wisatawan di Pantai Surumanis ini adalah naik ke atas bukitnya. Sebab dari atas bukit wisatawan bisa melihat pemandangan menakjubkan dari pantai ini. Pesona laut biru dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya menjadi sebuah keindahan yang sangat memanjakan mata. Angin yang berhembus di atas bukit pun terasa lebih sejuk.

Untuk akses menuju ke puncak bukit sudah disediakan tangga dan jalan setapak berpaving sehingga akan lebih memudahkan. Sesampainya di atas bukit tersedia juga beberapa tempa duduk untuk bersantai. Terdapat pula bangunan berupa pendopo yang cocok dipakai untuk berkumpul bagi yang datang bersama rombongan. Dari pendopo pemandangan laut lepas bisa terlihat dengan jelas karena posisinya yang berada di tepi bukit.

Baca: GOA JATIJAJAR Tiket & Pesona

Air Terjun di Pantai Surumanis

Pantai unik dengan adanya air terjun
Hal unik dari pantai ini adalah adanya air terjun dengan airnya yang jernih. Foto: Gmaps/Adi Gombonk

Hal unik dari pantai ini adalah adanya sebuah air terjun. Air tersebut turun dari celah-celah batuan karang. Wisatawan bisa bermain-main di bawahnya. Sensasi ketika air yang segar mengguyur tubuh terasa sangat menyegarkan. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun tersebut maka wisatawan harus datang di musim hujan. sebab ketika kemarau maka aliran air akan kering.

Aneka Spot Foto Menarik

Pantai dengan beragam spot foto yang unik
Di Pantai ini wisatawan bisa menemukan banyak spot foto yang sangat menarik dan unik. Foto: Gmaps/Susiana Fitri

Beragam spot foto estetik pun juga banyak tersedia di pantai ini. Salah satu yang cukup unik adalah sebuah jembatan kayu yang ada di atas bukit. Bangunan jembatan kayu ini seolah memagari tepian bukit. Dari jembatan tersebut wisatawan bisa berfoto dengan background yang indah. Pantai Surumanis berpadu dengan bukit dan tebing di sekelilingnya menjadi sebuah keindahan yang layak diabadikan.

Selain jembatan kayu, terdapat juga bangunan semacam gardu pandang. Letaknya juga berada di atas bukit. Dari sini wisatawan bisa melihat setiap sudut dari Pantai Surumanis. Selain dua spot tersebut, masih ada banyak lagi spot foto lainnya seperti patung burung elang atau ranjang jaring.

Fasilitas Pantai Surumanis

Meski terbilang baru namun fasilitas di obyek wisata ini sudah cukup lengkap. Di tempat ini tersedia area parkir luas, toilet dan kamar mandi, gazebo, pendopo, spot foto, warung kuliner, mushola hingga camping area.

Lokasi Pantai Surumanis

Obyek wisata Pantai Surumanis ini beralamat di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 40km dari pusat kota Kebumen dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 29

Berikan Rating