Beranda Tiket Wisata

Wisata PANTAI MIRIT Berpasir Hitam Eksotik – Januari 2023

0
Pantai Mirit Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat : Miritpetikusan, Mirit, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Pantai Mirit Kebumen memang tidak seperti pantai lainnya yang menawarkan hamparan pasir putih yang memukau. Pasir di pantai ini justru warnanya hitam keabu-abuan. Memang sedikit berbeda dari pantai kebanyakan, tetapi pemandangan sekitar pantai tak kalah indah.

Kawasan sekitar pantai terasa teduh dengan pepohonan dan tanaman hijau. Ditambah dengan hewan-hewan laut yang menghuni kawasan pasirnya. Seperti kerang putih, kepiting, dan undur-undur laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Mirit

Berlibur ke Pantai Mirit tidak perlu merogoh kocek. Pengunjung bebas keluar masuk kawasan wisata tanpa membayar tiket apa pun. Artinya semua keindahan pantai bisa dinikmati secara gratis

Harga Tiket Masuk Pantai Mirit
Tiket masuk Gratis

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Mirit

Kawasan wisata Pantai Mirit selalu terbuka setiap hari. Pengunjung bisa datang kapan saja karena area pantai selalu buka selama 24 jam.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Aktivitas Wisata di Pantai Mirit

Kabupaten Kebumen memang terkenal akan wisata pantainya yang eksotis. Salah satunya ada Pantai Mirit yang kondisi alamnya banyak penuh dengan pepohonan hijau. Walaupun tergolong destinasi yang baru terkenal, tetapi keseruannya tidak kalah dengan pantai lainnya. Berikut ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

Bersantai Di Tepi Pantai

Sekumpulan orang bersantai di Pantai Mirit.
Area tepi pantai tempat yang paling pas buat bersantai karena suasananya sangat hening dan sunyi. Foto : Googlemap/Alena Qania

Pemandangan alam Pantai Mirit waktu pagi hari sungguh memukau. Hamparan pasir berwarna kehitaman membentang sepanjang bibir pantai. Ditambah dengan laut biru khas pantai selatan yang memiliki ombak cukup ganas. Udara sekitar terasa sejuk dengan hadirnya pepohonan hijau tumbuh di sekitar bibir pantai.

Kawasannya tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok menjadi tempat bersantai. Wisatawan bisa duduk di tepi pantai sambil memandangi keindahan laut Pantai Mirit. Apalagi pihak pengelola sudah menyediakan bangunan pondok kayu. Jadi pengunjung bisa bersantai tanpa perlu takut terpapar sinar matahari langsung.

Baca: PANTAI LUMUT Tiket & Ragam Daya Tarik

Berburu Hewan Laut

Kepiting laut di tepi Pantai Mirit Kebumen
Wisatawan bisa mencari kepiting untuk mengisi waktu rekreasi selama berada di pantai. Foto: Google Maps/ Sugiantoro 92

Kondisi alamnya yang masih alami tak heran jika di sekitar pantai terdapat beragam hewan laut. Misalnya kerang, kepiting, dan undur-undur laut. Biasanya wisatawan memburu ketiga hewan tersebut untuk dijadikan berbagai macam olahan makanan. Untuk mencarinya pun harus ekstra sabar karena kebanyakan bersembunyi di dalam pasir.

Khusus undur-undur laut jumlahnya sangat banyak jika sudah memasuki Bulan Juli dan Agustus. Selama itu kawasan ini akan dipenuhi undur-undur laut berkeliaran di bibir pantai. Hewan laut ini memiliki bentuk tubuh bulat menyerupai telur. Serta berwarna hitam keabu-abuan dan sering hidup di wilayah pesisir pantai.

Baca: PANTAI SUWUK Tiket Masuk & Ragam Wahana

Bermain Ayunan Di Pinggir Pantai

Pantai Lumut memiliki satu wahana ayunan yang bisa dimainkan. Wahana ini merupakan hasil swadaya mahasiswa UGM pada saat melakukan kegiatan KKN di sana. Hampir keseluruhan badan ayunan terbuat dari kayu. Mulai dari bagian penyangga hingga tempat duduk ayunannya.

Menariknya posisi ayunan langsung menghadap ke arah laut lepas. Pengunjung pun bisa bermain sambil menikmati ombak yang bergulung tiada henti. Selain itu bisa juga berfoto selfi dengan latar belakang laut biru yang indah. Beruntungnya tersedia 2 ayunan sehingga tak perlu antre terlalu lama untuk mencobanya.

Baca: Pantai Menganti Tiket Masuk & Daya Tarik

Melihat Panorama Sunset Sore Hari

Panorama sunset di Pantai Mirit.
Pesona sunset yang memukau dengan pancaran sinar matahari berwarna kuning keemasan. Foto : Googlemap/Mu ghista

Hampir sama seperti pantai lainnya yang ada di Kabupaten Kebumen. Kawasan Pantai Mirit juga memiliki pemandangan sunset yang tak kalah indah. Begitu menjelang sore hari biasanya wisatawan bersiap menunggu kemunculannya di tepi pantai. Tujuannya tidak lain ingin mengabadikannya menggunakan kamera ponsel.

Dari kejauhan pengunjung akan melihat pergerakan matahari yang perlahan meninggalkan persinggahannya. Pesonanya sendiri terletak dari pancaran cahaya kekuningan yang memenuhi seisi langit pantai. Dengan perpaduan warna abu-abu dan jingga. Keduanya menghasilkan gradasi warna bagaikan sebuah lukisan yang sangat indah.

Baca: Alun-alun Kebumen Wisata Murah Tengah Kota

Belajar Membuat Garam

Pembuatan garam menggunakan teknik tunnel di Kampung Garam Pantai Mirit.
Wisata edukasi berupa Kampung Garam yang merupakan sentra industri pembuatan garam menggunakan teknik tunnel. Foto : Googlemap/Black Mirror

Kawasan Pantai Mirit terkenal dengan sebutannya sebagai  Kampung Garam. Sebuah usaha kecil yang diprakarsai oleh Kelompok Usaha Garam Rakyat Jagad Kidul pada tahun 2019. Selain sebagai sentra industri, kawasan ini juga dijadikan wisata edukasi. Di sini pihak pengelola akan mengajak pengunjung belajar membuat garam menggunakan teknik tunnel.

Jika biasanya petani tradisional mengalirkan air laut ke pematang tambak garam. Lain halnya dengan teknologi tunnel yang menggunakan lahan seadanya dengan tambahan wadah penampungan. Lalu prosesnya dibantu geoisolator dan sebuah penutup plastik yang bentuknya menyerupai lorong. Berlibur ke Kampung Garam ini wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun.

Fasilitas Pantai Mirit

Meski tergolong baru, namun fasilitas umumnya sudah memadai. Pantai Mirit memiliki area parkir yang luas untuk menampung kendaraan motor atau mobil. Selain itu ada juga toilet bersih dan tempat bersantai seperti pondok kayu. Jikalau merasa lapar sudah tersedia beberapa warung kecil di sekitar pinggir pantai.

Lokasi Pantai Mirit

Pantai Mirit berlokasi di Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kalau dari Bandara Baru Yogyakarta International Airport (YIA) kurang lebih waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Sedangkan jika berangkat dari pusat Kota Kebumen memakan waktu kurang lebih 40 menit. Dengan jarak tempuh sekitar 25 Kilometer.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini