Beranda Tiket Wisata

PANTAI SUWUK Tiket Masuk & Ragam Wahana – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk : Rp3.500 - Rp6.500Jam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Puring, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54383

Kebumen termasuk salah satu daerah pesisir yang memiliki beragam pantai, salah satunya Pantai Suwuk. Pantai ini berada di deretan pantai selatan Kebumen. Yang mana berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di sekitar pantai pun terdapat pantai lain, bahkan Pantai Karangbolong berada tepat di sebelahnya.

Berbagai daya tarik ditawarkan oleh pantai yang eksotis ini. Mulai dari berjalan menyusuri pantai, menunggang kuda, berenang di kolam, hingga kuliner uniknya. Semua dapat dinikmati di pantai ini bersama keluarga atau teman. Lokasi pantai ini juga strategis, untuk menjangkaunya bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk

Objek wisata ini menetapkan tarif yang berbeda berdasarkan usia. Sementara di hari biasa maupun hari libur harganya tetap sama.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp6.500
Anak-anak Rp3.500
Menunggang Kuda Rp20.000
Perahu / orang Rp10.000

Baca: Pantai Watu Bale Tiket & Aktivitas

Jam Buka Pantai Suwuk Kebumen

Objek wisata ini buka setiap hari dan sepanjang hari. Namun umumnya, wisatawan akan datang di pagi hingga sore hari. Dan di sore hari semakin padat karena ramai pengujung yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Pemandangan Mempesona Pantai Eksotis Suwuk Kebumen

Berkuda Menyusuri Pantai Suwuk
Berkuda Menyusuri Pantai Suwuk. Foto: Gmap/Eko Yuli Purnomo

Pantai Suwuk memang tergolong pantai eksotis yang sangat menarik di Kebumen. Gambaran pasir putih pantai tidak akan ditemukan di sini. Sebagai gantinya, pasir hitam yang lembutlah yang menyelimuti permukaan pantai. Membuatnya tampak begitu eksotis dan memesona dengan keunikannya.

Air laut pun tampak berwarna biru kehijauan dari kejauhan. Warna putih dari riak ombak pun tampak bergulung-gulung di permukaan pantai. Ombak di pantai ini begitu tinggi, sehingga terdapat larangan berenang di pantai ini. Sekilas pantai ini tampak seperti Pantai Parangtritis, hanya saja ombaknya lebih tinggi dari Parangtritis.

Pantai ini semakin indah karena masih rimbunnya pepohonan di sekitar pantai. Pohon kelapa, pohon cemara, hingga nipah atau sejenis palem yang tumbuh di sekitar pantai. Di beberapa titik, tampak bukit karst yang berselimut pohon dan rerumputan hijau. Bahkan jika ombak bergulung, bukit karst tampak sedikit berkabut, membuatnya sedikit tampak misterius.

Baca: Pantai Menganti Tiket Masuk & Daya Tarik

Menunggangi Kuda Menyusuri Tepi Pantai

Berkuda Menyusuri Pantai Suwuk
Berkuda Menyusuri Pantai Suwuk. Foto: Gmap/Eko Yuli Purnomo

Salah satu cara menikmati pantai yaitu dengan menyusuri pesisirnya. Wisatawan dapat berjalan kaki tanpa alas di atas pasir. Rasa lembut pasir akan terasa membelai telapak kaki. Apalagi, tak banyak batu atau keong dan kerang, sehingga lebih nyaman menapakinya.

Lebih seru lagi, wisatawan dapat menyusuri pantai dengan menunggangi kuda. Banyak penyewaan kuda di pantai ini. Satu kuda dapat memuat satu atau dua orang jika salah satunya kecil. Wisatawan akan berkuda menyusuri pantai selama sekitar 30 menit.

Tak perlu khawatir karena akan mendapat pendamping seorang pawang kuda. Yang akan menuntun kuda melewati jalur yang aman. Satu kali berkeliling tarifnya sebesar Rp20.000. Sedangkan jika hanya ingin berfoto, tarifnya hanya Rp10.000.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Menyusuri Sungai Telomoyo yang Unik

Berlayar di Sungai Telomoyo
Berlayar di Sungai Telomoyo. Foto: Gmap/rio paradika

Di kawasan Pantai Suwuk, terdapat sebuah sungai bernama Sungai Telomoyo. Sungai ini bermuara di Muara Suwuk, yang memisahkan Pantai Suwuk dengan Pantai Karangbolong. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan perahu tradisional bermesin. Dengan berlayar wisatawan bisa sekaligus menyaksikan keindahan Pantai Karangbolong.

Perahu ini dapat memuat lima hingga enam orang penumpang sekaligus. Tentunya dalam satu perahu terdapat pengemudi perahu yang sudah andal. Sedangkan tarifnya sendiri untuk per orang per satu kali perjalanan masih cukup terjangkau. Semilir angin yang berhembus turut menemani perjalanan seru dengan perahu ini.

Baca: Benteng VAN DER WIJCK Tiket & Aktivitas

Berfoto dengan Pesawat di Tepi Kolam

Pesawat Boeing 737
Pesawat Boeing 737. Foto: Gmap/febriyan joko

Yang tak kalah unik di Pantai Suwuk adalah adanya pesawat Boeing 737 di kawasan pantai. Pesawat ini bukanlah bangkai pesawat asli, namun sengaja dibangun di area kolam renang. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi pantai sebagai destinasi wisata.

Keberadaan pesawat ini sangat menarik minat wisatawan untuk berfoto. Tak hanya berfoto dari luar, wisatawan juga bisa masuk ke dalam. Duduk di kursi penumpang hingga kursi pilot, merasakan seolah terbang asli dengan pesawat. Untuk bisa masuk ke pesawat, wisatawan dikenakan tarif Rp 5.000 untuk 20 menit kunjungan.

Baca: WADUK SEMPOR Tiket & Aktivitas

Berenang di Kawasan Pantai Suwuk

Pantai Suwuk yang berombak tinggi menyebabkan wisatawan dilarang berenang di pantainya. Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan untuk tetap bermain air. Karena, di dekat pantai terdapat sebuah kolam renang anak yang dapat digunakan. Jadi, wisatawan tetap bisa berenang di kawasan pantai tanpa khawatir ombak besar.

Kolam renang ini tidak terlalu dalam, karena diperuntukkan bagi anak-anak. Meskipun tak menutup kemungkinan remaja dan dewasa turut bermain di dalamnya. Untuk menambah keseruan, dibangun juga wahana seluncuran di area kolam.

Berkeliling Naik Odong-odong

Selain berkuda, wisatawan juga dapat berkeliling kawasan pantai dengan odong-odong. Yaitu sepeda kayuh yang dimodifikasi sehingga dapat ditumpangi hingga empat orang. Di atasnya pun terdapat atap supaya lebih teduh ketika bermain di siang hari.

Bedanya dengan berkuda, odong-odong diberi jalur khusus jalan setapak. Tidak di tepian pantai, karena akan sangat berat jika mengayuh di kawasan berpasir. Dari odong-odong, wisatawan dapat berkeliling sembari mampir ke warung-warung sepanjang pantai. Bahkan, bisa sekalian membeli cinderamata khas Pantai Suwuk.

Menikmati Kuliner Khas Pantai Suwuk

Kebanyakan pantai menyediakan kuliner khas laut seperti ikan dan seafood. Tak jauh berbeda dengan Pantai Suwuk, yang juga menawarkan hidangan tersebut. Bedanya, di pantai ini terdapat makanan khas tersendiri. Yaitu pecel lontong yang sangat nikmat.

Lengkapi dengan mendoan khas Kebumen yang berukuran sebesar piring. Ditambah juga dengan peyek yutuk atau yutuk goreng. Yutuk adalah hewan laut sejenis undur-undur, dan ada yang menyebutnya ubur-ubur. Semakin nikmati jika ditemani dengan es kelapa segarnya.

Lokasi Pantai Suwuk

Pantai wisata ini berada di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Untuk sampai ke lokasi dari kota Kebumen memakan waktu kurang lebih 1 jam. Sementara jaraknya sekitar 35 Kilometer.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini