Goa Jatijajar Harga Tiket: Rp6.500 - Rp13.500 Jam Buka: 05.00 - 22.00 WIB No. Telepon: 0287381988 Alamat: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar,Ayah,Kebumen,Jawa Tengah,Indonesia,54473.

Banyak cara untuk mengagumi ciptaan Tuhan, salah satunya dengan mengunjungi wisata alam. Keindahan wisata alam terjadi dengan sendirinya, sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Salah satu keindahan tersebut adalah Goa Jatijajar Kebumen.

Decak kagum penuh syukur otomatis akan terucap ketika mengunjungi gua ini. Tak menjadi soal meski harus berjalan kaki cukup lama sambil menelusuri tangga. Sebab keindahan di dalam gua tak dapat digambarkan hanya sebatas kata-kata.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket masuk untuk menjelajahi Goa Jatijajar termasuk terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan belasan ribu untuk tiket masuk ke gua ini.

Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar Kebumen
Tiket MasukRp13.500
Tiket Masuk AnakRp6.500

Baca: Benteng VAN DER WIJCK Kebumen Tiket & Aktivitas

Jam Buka Goa Jatijajar

Gua ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai subuh sampai malam hari.

Jam Buka
Setiap Hari05.00 – 22.00 WIB

Wisata ke gua ini beragam daya tarik bisa disaksikan. Selain tentu keindahan gua, sejarah dan diorama yang unik. Berikut daya tarik wisata yang bisa didapat di gua ini.

1. Terbentuk dari Proses Alami

Gua alami Goa Jatijajar
Gua wisata yang terbentuk dari proses alami ribuan tahun. Foto: Google Maps/Yohanes Sigit Hertanto

Goa Jatijajar merupakan situs geologi di Kebumen yang terbentuk dari proses alami. Goa ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 200 meter. Menurut sejarah, goa ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani.

Ketika sedang mencari rumput, petani tersebut tak sengaja jatuh ke lubang. Tak disangka, lubang tempat jatuh si petani merupakan langit-langit Gua. Gua ini sendiri berasal dari pohon jati yang tumbuh sejajar di mulut gua.

2. Patung Dinosaurus Sebagai Simbol

Disambut dinosaurus.
Disambut dinosaurus. Foto: google maps/Muhammad Dzulfiqar Rizwanda

Setelah membeli tiket, pengunjung akan memasuki kawasan wisata gua. Dalam perjalanan menuju gua, wisatawan akan disambut oleh patung dinosaurus. Mulut patung dinosaurus ini terbuka dan menyemburkan air dengan derasnya.

Patung dinosarus dibuat sebagai simbol yang menunjukkan bahwa gua ini sudah sangat tua. Meski bentuknya dinosaurus, patung ini tidaklah seram. Pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk bermain air, sekaligus spot foto.

Air yang menyembur dari mulut patung dinosaurus tersebut memiliki beberapa fungsi. Yang pertama sebagai tempat bermain para pengunjung. Fungsi yang kedua sebagai irigasi sawah-sawah penduduk di sekitar gua.

3. Tempat Berpetualang di Perut Bumi

Suasana di dalam goa jatijajar.
Suasana di dalam goa jatijajar. Foto: google maps/Tian Wicayto29

Goa Jatijajar juga sering disebut sebagai tempat berpetualang di perut bumi. Hal ini tak lepas dari jarak gua yang memiliki panjang 250 meter. Goa ini memiliki tinggi rata-rata 12 meter dengan lebar 15 meter.

Dengan struktur seperti itu, gua ini termasuk mudah ditelusuri pengunjung. Apalagi jalur di dalam gua sudah di beton dan dilengkapi lampu-lampu penerangan. Sehingga tak perlu keterampilan dan peralatan khusus untuk menelusuri gua ini.

4. Diorama di Dalam Goa Jatijajar

patung diorama dalam goa jatijajar
Patung-patung diorama di dalam gua. Foto: Google Maps/Ika Yuni Anggrahini

Menurut cerita, Goa Jatijajar ditengarai sebagai tempat bersemedi Raden Kamandaka. Kisah tentang Raden Kamandaka ini di kemudian hari dikenal sebagai legenda Lutung Kasarung. Di dalam goa terdapat diorama yang menggambarkan legenda Lutung Kasarung.

Ada 8 diorama yang terdapat di dalam gua. Diorama-diorama tersebut diwujudkan oleh 32 patung. Keseluruhan patung di dalam goa tersebar mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar.

Di dalam gua pun sudah ditata sedemikian rupa dengan dengan berbagai ornamen. Ada jalan yang dibeton, tangga dan bahkan lampu yang digunakan sebagai penerangan. Meskipun begitu tetap tidak mengurangi keaslian nuansa alami gua ini.

5. Keindahan Stalagtit dan Stalagmit Goa Jatijajar

Stalagtit dalam gua
Stalagtit goa jatijajar. Foto: google maps/Novlin Mamondol

Selain diorama, di dalam gua terdapat hal lain yang tak kalah menarik. Hal tersebut adalah stalagtit dan stalagmit yang menghiasi sepanjang goa. Stalagtit dan stalagmit merupakan batuan alami yang terbentuk di dalam goa.

Batuan tersebut terbentuk dari endapan air hujan yang bereaksi dengan batu kapur. Bentuk stalagmit berasal dari bawah, menuju ke atas. Sedangkan stalagtit menggantung dari atas goa menuju ke bawah.

Perpaduan keduanya seringkali membentuk sesuatu yang unik. Gumpalannya yang terkadang berwarna putih, dari kejauhan nampak seperti salju. Keindahan alam seperti ini sayang dilewatkan tanpa menjadikannya sebagai background foto.

6. Sungai Mengalir di Bawah Tanah

mata air sungai bawah tanah Goa Jatijajar
Mata air sungai bawah tanah di dalam gua. Foto: Google Maps/ibnunurdiansyah putroadi

Selain diorama di atas, ada hal lain yang juga menarik di Goa Jatijajar. Di dalam gua ini terdapat sungai bawah tanah yang mengalir. Jumlah sendang ini ada 7 buah, dimana hanya 4 sendang yang bisa dijangkau.

Keempat sendang ini adalah : Sendang Jombor, Puser Bumi, Mawar dan Kanthil. Ada 2 sendang yang menjadi favorit para pengunjung. Sendang tersebut adalah Sendang Mawar dan Sendang Kanthil.

Air dari Sendang Mawar dan Sendang Kanthil ini sepanjang tahun bertemu. Pertemuan kedua air ini kemudian keluar melalui mulut patung dinosaurus di depan goa. Sementara Sendang Jombor dan Puser Bumi dibiarkan alami dengan keadaan jalan yang licin.

7. Menyantap Kuliner Khas Goa Jatijajar

Setiap tempat selalu memiliki kuliner yang khas dan beda dari yang lain. Begitu pula dengan yang ada di Goa Jatijajar ini. Kekhasan kuliner tersebut seringkali menjadi salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung.

Di sekitar kawasan wisata gua ini, pecel menjadi kuliner khas yang nikmat untuk disantap. Yang membuat pecel di sini semakin khas adalah tambahan bunga kecombrongnya. Harga per porsinya juga sangat berahabat.

Fasilitas di Goa Jatijajar

Goa Jatijajar semakin lama semakin diperbarui berbagai fasilitasnya untuk mengakomodasi kegiatan pengunjung. Berbagai fasilitas tersebut antara lain toilet, lahan parkir, hingga masjid. Terdapat pula taman yang bisa menambah keasrian suasana di sana.

Kontak & Lokasi Goa Jatijajar

Goa Jatijajar dekat dengan lokasi wisata lainnya di Kebumen, sehingga mudah ditemukan. Alamatnya di Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi kontak (0287) 381988.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here