Beranda Tiket Wisata

Pantai Menganti Tiket Masuk & Daya Tarik - Agustus 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Menganti : Rp10.000Jam Buka: 07:00 - 17:00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Karangduwur, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54473

Pantai Menganti merupakan salah satu dari deretan pantai cantik di Kabupaten Kebumen. Sekaligus menjadi satu-satunya pantai di Kebumen yang berpasir putih. Inilah mengapa, banyak yang menyebutnya sebagai pantai yang eksotis. Bahkan, keindahannya kerap kali dibandingkan dengan pantai yang ada di Pulau Bali.

Pemandangan sekitar pantai sungguh memesona, masih alami dengan bentang alamnya yang indah. Selain itu, berbagai wahana permainan pun dihadirkan di kawasan pantai ini. Ditambah dengan berbagai spot foto yang unik dan menarik pun turut memeriahkan keseruan di pantai. Wisatawan pun dapat menikmati berbagai kuliner laut lezat, dan berkemah di tepi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen

Objek wisata ini menetapkan tarif tiket masuk yang terjangkau. Tarif tiket masuk ini sudah termasuk tarif parkir. Sedangkan jika wisatawan ingin naik shuttle bus yang mengantar dari parkiran ke spot utama pantai maka akan dikenakan tarif tambahan lagi, dan ini bersifat opsional.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
Tarif shuttle busRp15.000
Sepeda GantungRp20.000
Balon UdaraRp15.000
Sewa TendaRp15.000

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Menganti Kebumen

Bagi wisatawan yang tidak bermalam bisa berkunjung dari pagi hingga sore hari. Sementara bagi yang bermalam, tidak ada jam operasional khusus. Dan memang, untuk mengunjungi pantai ini sebaiknya saat pagi hingga sore. Karena di malam hari, kondisi jalanan gelap dan rawan.

Jam Operasional
Setiap hari07:00 – 17:00 WIB

Mengagumi Indahnya Primadona Pantai di Kebumen

Eksotisnya Pantai Menganti
Eksotisnya Pantai Menganti. Foto: Gmap/Eko Purwadi

Deburan ombak pantai selatan akan menyambut kedatangan wisatawan dengan derunya. Suasana meriah seolah terpancar dari suara yang dihadirkan ombak. Dari kejauhan, air laut sudah tampak begitu jernih dan bergradasi. Kemudian di tengah tampak biru tua, dan semakin terlihat biru kehijauan di dekat pesisir pantai.

Kawasan pantai semakin eksotik dengan bukit berselimut rerumputan yang mengelilinginya. Rumputnya tampak hijau dan segar, dengan selingan pohon-pohon yang tampak segar. Teduh, hijau, dengan kombinasi warna biru laut, memang begitu meneduhkan pandangan. Dari kejauhan terlihat perahu nelayan yang terparkir dengan rapi.

Bentuk dari perahu ini adalah perahu tradisional dari kayu. Warnanya seragam, yaitu biru laut, namun cukup terlihat terang ketika berada di lautan. Selain itu pasir di pantai ini yang putih dan lembut bersentuhan dengan kaki. Membuatnya berbeda dari pantai lain di Kebumen yang berpasir hitam.

Baca: PANTAI LOGENDING Tiket & Ragam Aktivitas

Berfoto Cantik di Jembatan Merah

Cantiknya Jembatan Merah. Foto Gmap
Cantiknya Jembatan Merah. Foto Gmap. Foto: Gmap/Sugeng Prayitno

Salah satu bangunan unik di sekitar pantai yaitu Jembatan Merah. Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah jembatan kayu dengan pegangan berwarna merah. Jembatan merah ini melintasi area karang di bawahnya, yang tergenang air pada saat pasang. Dan bercabang dua di ujungnya menuju ke arah lautan.

Dari atas jembatan ini, wisatawan dapat berfoto di tepiannya. Dengan latar belakang lautan yang luas, akan menghasilkan foto yang memukau. Di jembatan ini pun bisa menampung banyak orang sekaligus. Karena jembatan cukup luas dan kokoh.

Baca: Pantai Watu Bale Kebumen Tiket & Aktivitas

Serunya Naik Sepeda Gantung

Kemudian aktivitas yang seru dan lain dari pantai lainnya adalah wahana yang ada di Pantai Menganti. Di sini, terdapat sebuah wahana bernama Sepeda Gantung. Seperti namanya, wahana ini merupakan sebuah sepeda yang tergantung di ketinggian beberapa meter. Wisatawan dapat menaiki sepeda ini menyeberang ke sisi lain, sembari berfoto.

Tak perlu khawatir, karena wisatawan akan mendapat pengaman yang memadai. Dan untuk menikmati wahana ini, wisatawan perlu membayar biaya terpisah dari tiket masuk.

Menikmati Pemandangan Pantai dari atas Balon Udara

Selain Sepeda Gantung, ada juga wahana Balon Udara yang juga menarik. Wisatawan dapat menaiki wahana setelah membayar tiket. Selama berada di atas balon, pemandangan pantai akan tampak lebih indah. Laut, perbukitan, pasir putih, hingga perahu nelayan dan warung yang berjejer tampak indah.

Jangan lupa membawa kamera untuk berfoto. Tak jarang, para pasangan akan berfoto romantis di atas Balon Udara.

Baca: WADUK SEMPOR Tiket Masuk & Aktivitas

Bersantai di Bukit Sigatel

Gazebo di Bukit Sigatel
Gazebo di Bukit Sigatel. Foto: Gmap/kukun triyono

Di kawasan pantai ini terdapat sebuah tempat bernama Bukit Sigatel. Di bukit ini, wisatawan dapat melihat pemandangan lautan lepas tanpa halangan. Bukit ini tidak terlalu tinggi, bahkan terbilang mudah untuk menjangkaunya. Kemiringannya pun tidak terlalu curam dan aman untuk didaki.

Area bukitnya tertutup rerumputan hijau dan subur. Di area ini juga terdapat banyak gazebo yang dapat digunakan dengan gratis. Gazebo berukuran kurang lebih 2×2 meter terbuat dari kayu dan tanpa dinding. Dengan atap dari jerami kering yang membuatnya tampak begitu eksotis.

Baca: GOA JATIJAJAR Tiket & Pesona

Lembah Menguneng yang Eksotis

Pemandangan Samudera Hindia akan tampak jelas pada saat wisatawan berada di Lembah Menguneng. Lokasinya berada di turunan bukit, dekat dengan tepi laut. Dari sini, hijaunya bukit akan berpadu langsung dengan bentangan Samudera Hindia. Dan di sini pula terdapat homestay yang dapat digunakan sebagai tempat menginap wisatawan.

Menikmati Pemandangan Senja di Tanjung Karang Bata

Spot Menyaksikan Matahari Terbenam
Spot Menyaksikan Matahari Terbenam. Foto: Gmap/Ganda

Kemudian spot lain yang ada di sini yaitu Tanjung Karang Bata. Lokasi ini berada di dekat pantai, berbatasan langsung dengan laut. Berupa tumpukan batu karang yang berbentuk rapi, seperti batu bata. Lokasi ini sangat tepat menjadi spot untuk menikmati indahnya matahari terbenam.

Pada saat sore hari, ombak cukup tenang menghempas ke area pantai. Diiringi dengan perahu-perahu nelayan yang hilir mudik di lautan. Tampak seperti kendaraan darat yang memadati lalu lintas di jam sibuknya.

Pemandangan Matahari Terbit yang Memesona

Berkemah di Tepi Pantai Menganti
Berkemah di Tepi Pantai Menganti. Foto: Gmap/Bintang Muda

Selain matahari terbenam, Pantai Menganti juga menjadi spot tepat untuk menikmati matahari terbit. Syaratnya mudah, wisatawan hanya harus berkemah di kawasan pantai untuk mendapatkan pemandangan ini. Pengelola telah menyediakan lokasi khusus untuk camping ground. Wisatawan hanya perlu membayar biaya tenda.

Pada saat pagi hari, wisatawan dapat menikmati keindahan alam matahari terbit di bukit. Begitu elok, seolah menyampaikan pesan bahwa hari ini akan menjadi hari bahagia.

Fasilitas Pantai Menganti Kebumen

Objek wisata ini telah dilengkapi fasilitas umum yang cukup lengkap. Ada lahan parkir, musala, toilet, kamar bilas, dan warung makan. Di warung makan menyediakan berbagai olahan khas ikan dan hewan laut lainnya. Bahkan, wisatawan juga dapat meminta dimasakkan ikan atau hewan laut hasil pancingan sendiri.

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Pantai ini berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Lokasinya berjarak 48 Kilometer dari Kota Kebumen. Bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini