Beranda Tiket Wisata

PANTAI MELASTI Lampung: Tiket & Daya Tarik - Agustus 2021

Pantai Melasti Lampung Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Jl. Bengkunat - Krui, Marang, Pesisir Selatan, Lampung Barat, Lampung, Indonesia, 34875.

Pantai Melasti adalah pantai yang terletak di kawasan Pesisir Barat, Lampung. Nama ‘Melasti’ sendiri merupakan nama upacara keagamaan Hindu. Ya, pantai ini seringkali dijadikan lokasi upacara bagi komunitas Bali yang tinggal di Lampung.

Keistimewaan pantai ini adalah adanya pura yang dibangun di pinggir pantai. Pura ini memberikan sentuhan rasa Bali di Lampung, jauh dari pulau aslinya. Pasirnya yang putih dan luas serta pemandangan laut yang biru semakin menambah daya tarik pantai ini.

Tiket Masuk Pantai Melasti Lampung

Memasuki kawasan pantai indah ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun. Pantai ini tidak memberlakukan tiket masuk alias gratis.

Tiket Masuk
Harga tiket masukGratis

Baca: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Lampung

Jam Operasional

Tempat wisata ini terbuka untuk umum setiap harinya. Pengunjung bisa datang kapan saja kemari. Namun, hindari berkunjung 2 – 4 hari sebelum Nyepi. Pada waktu tersebut, pantai ini menjadi lokasi Upacara Melasti bagi komunitas Bali Pekon Marang.

Jam Buka
Setiap hari24 Jam

Cita Rasa Bali di Pantai Melasti Lampung

Perpaduan laut biru, pasir putih, dan pura Hindu menghadirkan sedikit rasa 'Bali' di Pulau Sumatera
Indahnya Pantai Melasti di kawasan Pesisir Barat, Lampung. Ciri kahs pantai ini adalah pura yang berdiri di pinggir pantainya – Foto: Google Maps/Andrian Story

Pantai Melasti merupakan salah satu pantai cantik yang berada di kawasan pesisir Barat Lampung. Pantai ini memanjang di pinggir jalan raya Lintas Barat Sumatera. Posisinya menghadap langsung ke Samudera Hindia yang luas. Tak heran jika ombaknya besar bergulung-gulung.

Bagi warga Bali yang tinggal di Lampung, pantai ini punya arti sendiri. Mendekati hari raya Nyepi, penganut Hindu di Lampung dan sekitarnya menggelar upacara Melasti di pantai ini. Selain itu, terdapat tempat beribadah bagi umat Hindu tepat di bibir pantai. Ditambah suasana pantai yang asri, Pantai Melasti semakin banyak memikat wisatawan yang ingin merasakan ‘Bali’ di Pulau Sumatera.

Baca: Teluk Kiluan Tiket & Ragam Aktivitas

Suasana Pantai

pengunjung berjemur dan menikmati waktu santai di Pantai Melasti
Meski minim fasilitas, pantai yang tenang membuat pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan nyaman di kawasan pantai ini – Foto: Google Maps/Andrian Story

Pantai Melasti hanya berjarak sekitar 200 meter dari jalan raya Lintas Barat Sumatera. Lokasinya dipisahkan dengan sebaran pohon kelapa yang kurus dan menjulang. Pepohonan ini seolah jadi pagar alami yang melindungi kecantikan pantai. Pengunjung cukup berjalan melalui jalan setapak atau pinggiran area pura.

Di balik pepohonan, terhampar pasir putih yang amat luas. Wajar, karena pantai ini memanjang menghiasi kawasan Pesisir Barat Pulau SUmatera. Menghadap ke Samudera Hindia, angin laut akan langsung menampar siapapun yang tiba di sana. Deburan ombak yang dipecah batu karang siap menyambut.

Ombak Tinggi

Formasi batu karang di sekitar bibir Pantai Melasti menghadap langsung ke Samudera Hindia
Angin yang besar membuat gulungan ombak di pantai ini cukup berbahaya, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang – Foto: Google Maps/Niwayan Ayu

Pantai ini bukanlah pantai wisata komersil. Tidak ada tempat makan, jasa penyedia olahraga air, bahkan hotel atau resor mewah. Namun, pengunjung tetap bisa menghabiskan waktu di sini. Wisatawan bisa berpiknik, berfoto, atau sekadar bermain air di sekitar bibir pantai.

Baca: LEMBAH HIJAU Lampung Tiket & Aktivitas

Tetapi, jangan mencoba untuk berselancar, apalagi berenang hingga ke tengah laut. Ombak di pantai ini memang terkenal cukup ‘ganas’. Dengan angin yang cukup kencang, gulungan ombaknya pun besar dan berbahaya. Jadi, pengunjung perlu berhati-hati saat bermain air di kawasan pantai ini.

Pemandangan Eksotis

Bangunan pura yang berdiri megah di pinggir pantai
Pura Tirta Bhuana dengan dominasi warna merah, biru, dan putih, jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini – Foto: Google Maps/ebta suci nopriyanti

Setelah asyik menikmati kecantikan laut, jelajahi area pura yang ada di pinggiran pantai. Pura Tirta Bhuana adalah tempat ibadah umat Hindu yang sengaja didirikan di sana. Pura itu juga jadi penanda bahwa pantai ini erat dengan kehidupan komunitas Bali di Lampung dan sekitarnya.

Menjelang Nyepi, Pantai Melasti Lampung akan ramai dikunjungi oleh penganut Hindu, terutama warga Bali yang tinggal di sana. Pantai ini menjadi lokasi digelarnya Upacara Melasti, yaitu semacam upacara penyucian. Wisatawan non-Hindu tentu saja bisa menyaksikan acara ini. Asalkan jangan sampai mengganggu keberlangsungan dan khusyuknya acara tersebut.

Baca: PUNCAK MAS Lampung Tiket & Wahana

Memburu Panorama Sunset

panorama matahari terbit dari balik Pura Tirta Bhuana
Menghadap langsung ke Samudera Hindia, Pantai Melasti bisa jadi lokasi yang cocok untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam – Foto: Google Maps/Nikelod 2546

Ya, berkunjung ke pantai ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Artinya, pengunjung bisa berwisata kapan saja kemari. Terutama pada sore hari jika ingin berburu pemandangan matahari terbenam.

Pantai Melasti menghadap ke arah barat langsung ke laut lepas Samudera Hindia. Lokasi ini sangat pas untuk dijadikan tempat menyaksikan matahari kembali ke peraduan. Pemandangan semburat jingga akan menghiasi langit Pantai Melasti. Ditemani suara debur ombak, jangan lewatkan momen indah bersama orang terkasih pantai ini.

Fasilitas Pantai Melasti

Karena masih belum sepenuhnya dikembangkan sebagai tempat wisata, Pantai Melasti belum memiliki fasilitas yang memadai. Siap-siap saja untuk kesulitan menemukan warung atau toilet umum di kawasan pantai. Hanya ada pura yang berdiri di pinggir pantai serta area parkir. Sebelum berkunjung, pastikan untuk membawa bekal yang cukup ya.

Baca: SLANIK WATERPARK Tiket & Wahana

Akses & Lokasi Pantai Melasti

Pantai Melasti berada di pinggir jalan raya Bengkunat – Krui yang merupakan jalur lintas barat Sumatera. Jalan ini selalu ramai karena menghubungkan Provinsi Lampung dengan Bengkulu. Oleh karena itu, tidak sulit memperhitungkan akses jalan dan kendaraan untuk menjangkaunya. Kondisinya jalannya sudah sangat baik dan aman untuk dilalui.

Dengan lokasinya yang berada di pinggir jalan raya, baik bus maupun motor bisa mencapai Pantai Melasti. Jarak dari jalan utama ke gerbang pantai hanya sekitar 200 meter. Dari Bandar Lampung, dibutuhkan waktu kurang lebih empat – lima jam untuk mencapainya dengan mobil. Tentu akan lebih singkat lagi jika mengendarai motor.

Pantai Melasti Lampung terletak di Jalan Bengkunat – Krui, Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Pantai ini dekat dari perkampungan masyarakat Bali di kawasan Pekon Marang. Jaraknya kurang lebih 42 km sebelum Krui jika berangkat dari arah Bandar Lampung.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini