Beranda Tiket Wisata

Pantai Pamayangsari Harga Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Pamayangsari : GratisJam Buka: 07.00 – 19.00No. Telepon: GratisAlamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat., Indonesia, 46189

Pantai Pamayangsari tujuan rekreasi keluarga berupa wisata alam laut yang dipenuhi kapal-kapal nelayan. Selain berfungsi sebagai area wisata, kawasan ini juga dimanfaatkan untuk tempat pelelangan ikan. Banyak dari nelayan yang menjual hasil tangkapannya langsung ke pengunjung sekitar tempat wisata. Keuntungan membeli ikan di sini adalah harganya murah dan ikannya masih segar.

Di sekitar kawasan terdapat dua menara yang menjadi ikon Pantai Pamayangsari. Terdiri dari menara mercusuar dan menara pandang. Melalui salah satu menara tersebut pengunjung bisa melihat keindahan laut dari ketinggian. Misalnya menyaksikan panorama sunset yang memancarkan cahaya dari ufuk barat.

Harga Tiket Pantai Pamayangsari

Berkunjung ke Pantai Pamayangsari tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Wisatawan bisa keluar masuk secara bebas tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Harga Tiket Pantai Pamayangsari
Tiket Masuk Gratis

Jam Buka

Kawasan pantai ini selalu buka selama 24 jam. Meskipun pengunjung yang datang mulai ramai pada saat sore hari.

Jam Buka
Setiap hari 07.00 – 19.00

Daya Tarik Pantai Pantai Pamayangsari

Dari dulu keindahan Pantai Pamayangsari sudah terkenal seantero Kabupaten Tasikmalaya. Dari tahun 1973 hingga sekarang hampir tak pernah sepi kunjungan wisatawan. Tak heran karena kawasan sekitar pantai menyimpan beragam pesona dan daya tarik yang memukau. Di antaranya ada syukur laut, batu pemecah ombak, menara kembar, dan pelelangan ikan.

Atraksi Ritual Syukur Laut

Daya tarik utama pantai ini yaitu Ritual Syukur Laut. Sebuah prosesi pelepasan sesaji ke laut yang diletakkan pada wadah bernama jampana. Di dalamnya berisi bunga 7 rupa dengan 2 kepala hewan ternak. Terdiri dari kepala sapi dan munding bule atau kambing hitam.

Biasanya syukur laut berlangsung saat awal bulan Muharram Tahun Hijriah. Para nelayan akan melarungkan sesaji dan berusaha memperebutkan air di sekitar jampana. Masyarakat setempat mempercayai bahwa air yang disiram ke kapal akan mendatangkan rezeki melimpah.

Setelah semua prosesi syukur laut selesai. Selanjutnya para warga akan menggelar acara hiburan seperti pentas dangdut dan kesenian daerah. Lalu pada malam harinya ada pasar malam dengan beragam wahana permainan seru. Seluruh acara ini merupakan inisiatif dari anak muda setempat.

Baca: Ampera Waterpark Tasik Tiket & Wahana

Menara Kembar

Pemandangan Menara Kembar Pantai Pamayangsari.
Pantai Pamayangsari mempunyai ikon menara kembar berupa menara mercusuar dan menara pandang. Foto : Googlemap/Asep Apandi Saputra

Salah satu yang ikonik di pantai ini yaitu 2 menara yang berdiri kokoh. Keduanya adalah menara mercusuar dan menara pandang. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan menara kembar. Posisinya berada di ujung pantai sebelah batu pemecah ombak.

Dari kedua menara tersebut, pengunjung hanya boleh memasuki menara pandang. Bangunannya terbuat dari beton dan terdapat anak tangga melingkar di dalamnya. Sekumpulan anak tangga itu bisa menjadi jalan untuk mencapai lantai paling atas. Memang sedikit melelahkan, tetapi semua itu terbayar dengan pemandangan alamnya yang sangat indah.

Sesampainya di atas, wisatawan dapat melihat hamparan laut biru dengan ombak menggulung-gulung. Lalu di sisi lainnya terlihat juga beberapa rumah warga dan luasnya area persawahan. Karena keindahan alamnya lokasi ini sering menjadi pilihan spot foto. Atau bisa juga untuk tempat bersantai sambil menikmati embusan angin sepoi-sepoi.

Baca: TEEJAY Waterpark Tasik Tiket & Wahana

Batu Pemecah Ombak Eksotik

Batu Pemecah Ombak Pantai Pamayangsari.
Lokasi spot batu pemecah pmbak menawarkan sensasi berfoto dengan latar belakang hamparan laut biru yang sangat luas. Foto : Googlemap/Risye Barbara

Kawasan sekitar pantai terdapat area batu pemecah ombak. Bentuknya berupa bebatuan besar yang terletak di sekitar bibir pantai. Fungsi utama batu ini memang sebagai penghalau ombak pantai selatan yang terkenal besar. Tujuan selain mencegah abrasi pantai juga mempermudah nelayan untuk memarkirkan kapal.

Batuan ini membentang sepanjang pantai dari barat ke timur. Hingga berujung di 2 menara kembar tadi. Tak jarang wisatawan menuju ke area bebatuan ini untuk berfoto. Selain untuk lebih dekat ke laut, bebatuannya sendiri juga terlihat eksotik.

Baca: PANTAI SINDANGKERTA Tasik: Tiket & Ragam Aktivitas

Tempat Pelelangan Ikan

Aktivitas Jual Beli Ikan Pantai Pemayangsari.
Sentra penjualan ikan paling murah di Kabupaten Tasikmalaya. Foto : Googlemap/Elegi Zuhri

Selain menawarkan keindahan laut, ternyata Pantai Pamayangsari juga menjadi sentra pelelangan ikan. Di sini pengunjung bisa membeli ikan dari nelayan secara langsung. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan tidak sampai menguras kantong.

Setiap hari kawasan ini selalu ramai kunjungan wisatawan yang ingin membeli ikan. Jika tidak mau kehabisan sebaiknya datang sekitar jam 10.00 pagi. Sebab pada jam tersebut nelayan baru saja pulang dari melaut. Tentunya dengan membawa hasil tangkapan ikan yang masih segar.

Menariknya lagi ikan yang di beli tadi bisa langsung diolah hari itu juga. Pengunjung bisa membawanya ke warung-warung terdekat yang ada di sekitar pantai. Wisatawan tinggal memberikan ikannya lalu menunggu beberapa menit hingga makanannya selesai dimasak.

Pemandangan Sunset yang Indah

Pesona Pantai Pamayangsari tidak berhenti di keindahan lautnya saja. Kawasan ini pun juga memiliki panorama sunset yang sangat indah. Menjelang sore hari pengunjung bisa menikmati cahaya keemasan memancar dari arah barat. Di mana pada saat itu matahari bersiap pergi meninggalkan singgasananya.

Panorama matahari terbenam tampak di seluruh penjuru pantai. Namun lokasi yang paling pas untuk melihatnya ada di puncak menara pandang. Di sana pengunjung dapat melihat sunset dengan mata telanjang . Ukuran matahari terlihat sangat besar dan seolah-olah jaraknya begitu dekat.

Fasilitas

Meski wisata ini tidak membebankan tiket masuk kepada para pengunjung. Tetapi fasilitas penunjang yang tersedia sudah cukup memadai. Mulai dari area parkir cukup luas, toilet bersih, dan hadirnya beberapa tempat makan. Bagi wisatawan yang ingin menginap bisa menyewa tempat penginapan di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Pamayangsari

Alamat lengkap Pantai Pamayangsari berlokasi di Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Menuju pantai ini wisatawan bisa naik kendaraan umum dari Terminal Indihiang Tasik. Rute perjalanannya yang dipilih adalah Tasikmalaya – Cipatujah.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini