Beranda Tiket Wisata

PANTAI SINDANGKERTA Tasik: Tiket & Ragam Aktivitas Oktober 2021

Pantai SindangkertaHarga Tiket: Rp3.500Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 46189

Pantai Sindangkerta yang ada di Tasikmalaya memiliki daya tariknya tersendiri. Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini masih sangat sepi. Hanya spot foto yang ada di pantai ini, tidak banyak aktivitas yang tersedia.

Namun, justru itulah daya tarik dari objek wisata yang masih jarang wisatawan ini. Karena jarang pengunjung, menjadikan tempatnya begitu tenang dan damai.

Harga Tiket Masuk Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

Objek wisata ini menerapkan tarif tiket masuk yang masih sangat terjangkau. Meskipun juga berlaku tarif parkir untuk wisatawan, namun semuanya masih terjangkau. Dan tidak ada perbedaan harga tiket untuk dewasa juga anak-anak. Maupun saat hari libur ataupun hari biasa.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 3.500
Tarif Parkir
MotorRp 3.000
MobilRp 5.000
Mini busRp 30.000

Baca: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Tasikmalaya

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke pantai ini kapan saja. Umumnya, pengunjung datang dari pagi hingga sore. Di malam hari tak banyak wisatawan yang datang. Bahkan yang berkemah pun tidak terlalu sering.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Tersembunyi dari Pantai Sindangkerta

Batuan Karang di Pantai Sindangkerta
Batuan Karang di Pantai Sindangkerta. Foto: Gmap/ahmad solihin

Pantai Sindangkerta bukanlah pantai yang umum sebagai tujuan wisata. Tak mengherankan, karena tempat ini berada agak jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, keasrian pantai masih terjaga karena belum banyak wisatawan berkunjung. Begitu sampai di tepian pantai, wisatawan akan segera takjub dengan pemandangan sekitar. Perpaduan dari laut, pasir pantai, pepohonan, menciptakan harmoni pemandangan yang memukau.

Pantai ini memiliki area pasir putih yang cukup luas. Pasirnya begitu lembut dan nyaman sebagai tempat bermain. Sayangnya, area berpasir ini tidak langsung menyatu ke area perairan. Terpisah dahulu oleh batuan karang yang menjadi alas pijakan sebelum menuju pantai. Area karang ini cukup dangkal, dan biasanya wisatawan bermain-main air di area ini. Namun tentu harus tetap berhati-hati, karena karang yang tajam serta berlumut dapat membahayakan.

Masih di area tepi pantai wisatawan dapat menyaksikan jajaran pepohonan yang hijau. Seolah kawasan pantai berpagar pepohonan hijau yang sangat alami.

Baca: KAMPUNG NAGA Tasik Wisata Desa Asri & Asli

Pantai Indah dengan Ombak yang Ganas

Pemandangan Laut Indah Pantai Sindangkerta
Pemandangan Laut Indah Pantai Sindangkerta. Foto: Gmap/Cahyadi Permana Al-Hijad

Selama berada di sekitar pantai sajian jernih air laut akan menemani. Membuat siapapun tergoda untuk menceburkan diri dan bermain di pantai. Namun, tempat ini memiliki ombak yang besar dan cukup ganas. Oleh karena itu, wisatawan tidak disarankan untuk berenang terlalu jauh ke lautan.

Meskipun memiliki ombak yang besar, tempat ini juga tidak cocok untuk kegiatan berselancar. Karena tepian pantai yang masih berupa batuan karang, sangat berbahaya bagi peselancar.

Baca: Bukit Kacapi Tasikmalaya Lanskap Hijau Pegunungan Memukau

Mercusuar sebagai Spot Foto Menarik

Mercusuar sebagai Spot Foto Menarik
Mercusuar sebagai Spot Foto Menarik. Foto: Gmap/Agung Herdin N

Sementara itu yang tak kalah menariknya adalah pemandangan sekitar pantai. Kombinasi dari pasir pantai, lautan indah, serta pepohonan membuatnya kaya akan spot foto. Begitu juga aktivitas nelayan dengan perahu yang terparkir di tepian pantai turut melengkapi. Serta ada satu spot yang menarik dan tidak banyak ada di pantai lain.

Spot ini adalah spot mercusuar yang ada di wilayah laut. Sayangnya, mercusuar ini tidak dapat dijangkau dengan berjalan ataupun berenang. Umumnya, wisatawan hanya menjadikan mercusuar ini sebagai latar belakang foto. Berfoto di tepi pantai, dengan latar belakang mercusuar dan lautan lepas akan sangat menarik.

Ketika matahari mulai terbenam, terkadang ada burung-burung yang terbang mengelilingi menaranya. Pemandangan yang indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Baca: TEEJAY Waterpark Tiket & Wahana

Mencari Ikan di Batu Karang

Wisatawan sedang Asyik Bermain di Tepian Pantai
Wisatawan sedang Asyik Bermain di Tepian Pantai. Foto: Gmap/Aril Bar

Aktivitas lain yang tersedia di pantai ini adalah mencari ikan di sela-sela batuan karang. Karang-karang di tepi pantai ini akan tampak berwarna kehijauan karena lumut yang menempel. Pada saat air surut, hamparan karang ini akan tampak dengan jelas. Wisatawan tidak hanya dapat bermain air, tapi juga mencari ikan-ikan kecil.

Ikan warna-warni ini dapat ditangkap dengan jaring kecil. Lalu memasukkannya di ember. Biasanya, anak-anak akan membawa ikan ini pulang sebagai kenangan saat berkunjung.

Tak heran, karena kawasan pantai ini juga merupakan tempat bagi taman laut bernama Taman Lengsar. Luasnya sekitar 20 hektar, dan di dalamnya juga terdapat aneka biota laut. Mulai dari aneka ikan, penyu, hingga terumbu karang yang beraneka macam.

Baca: Jembatan Cirahong Perlintasan Unik Era Kolonial

Acara Budaya Tahunan

Tidak hanya tempat wisata, pantai ini juga menjadi tempat menggelar acara tahunan. Yaitu acara bernama Hajat Lembur Mapag Taun, yang dilaksanakan setiap 1 Januari. Warga di desa sekitar akan berkumpul di tepi pantai. Dengan membawa makanan dan aneka hasil pertanian.

Laki-laki dan perempuan, dewasa hingga anak-anak, ikut dalam acara ini. Mengenakan pakaian adat dan duduk beralaskan tikar. Acara ini digelar dengan tujuan terutama untuk mengucapkan syukur serta menolak bala. Serta sebagai pengingat bahwa manusia dan alam hidup berdampingan, sehingga harus menjaga alam dengan baik.

Baca: Curug Dengdeng Tasikmalaya Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas Pantai Sindangkerta

Area sekitar pantai sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari area parkir, toilet, musholat, tempat makan, hingga gazebo. Dan di sekitar kawasan wisata bahkan sudah banyak penginapan untuk wisatawan.

Lokasi Pantai Sindangkerta

Objek wisata ini berlokasi di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jarak dari kota Tasikmalaya kurang lebih 68 Kilometer. Untuk mencapainya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Sedangkan untuk jalannya sendiri sudah mulus teraspal.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini