Beranda Tiket Wisata

Wisata Gunung Galunggung Tiket Murah & Beragam Aktivitas Juni 2023

1
Gunung Galunggung Harga Tiket Masuk : Rp15.000. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Linggawangi, Leuwisari, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 46464.

Gunung Galunggung adalah gunung berapi yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dengan ketinggian mencapai 2.167 Mdpl, dan memiliki pemandangan serta pesona yang masih asri. Udara di kawasannya masih sangat alami dan sejuk, bahkan di beberapa waktu terasa dingin. Wisatawan akan merasakan ketenangan dan kenyamanan udara bersih selama berada di sini.

Meskipun termasuk gunung berapi, Gunung Galunggung terbilang aman dikunjungi. Terlebih karena gunung ini memiliki deretan objek wisata yang layak dikunjungi. Seperti Kawah Gunung Galunggung, pemandian air panas, dan spot foto di tepi tebing dengan pemandangan bentang alam perbukitan. Selain itu, terdapat berbagai aktivitas menarik seperti berkemah dan mengendara kendaraan off-road pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Gunung Galunggung Tasikmalaya

Untuk menikmati objek wisata ini dikenakan tarif yang cukup terjangkau. Bahkan, sekali membayar tiket masuk, sudah termasuk beberapa kawasan di dalamnya. Sehingga tidak perlu membayar lagi. Namun, jika ingin berkemah, ada tarif tersendiri di luar tarif tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp15.000
Tarif mendirikan tenda Rp15.000

Baca:

Jam Buka Gunung Galunggung

Objek wisata ini dapat dikunjungi kapan saja. Namun jika untuk wisata, biasanya wisatawan akan datang di pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Serunya Wisata Gunung Berapi di Tasikmalaya

Gunung Galunggung salah satu gunung yang banyak mendapat kunjungan di Jawa Barat. Bukan hanya para pendaki, namun juga pengunjung yang hanya ingin berwisata. Kendati gunung ini masih aktif, namun tak menyurutkan minat wisatawan untuk bertandang ke sini. Karena pesona alamnya yang masih sangat asri dan begitu nyaman.

Pemandangan dari atas gunung pun sangat menakjubkan. Wisatawan dapat melihat perbukitan di sekitarnya, tampak begitu hijau berselimut pepohonan. Kabut tipis samar-samar menutupi puncak bukit, membuatnya tampak sedikit misterius. Ditambah dengan awan yang menggumpal seolah menyentuh puncak bukit paling tinggi.

Kebanyakan wisatawan yang datang untuk menikmati pesona kawah di kaki Gunung Galunggung. Kawah ini memang tidak boleh digunakan untuk berenang atau digunakan airnya. Namun, wisatawan tetap dapat mendekati kawah, karena masih tergolong tidak beracun.

Baca:PASIR KIRISIK Tasikmalaya: Tiket & Wahana Keren

Mengunjungi Kawah Galunggung yang Fenomenal

Pesona Kawah Gunung Galunggung
Pesona Kawah Gunung Galunggung. Foto: Gmap/Rizky Cahaya Live Vokal

Kawah di kaki Gunung Galunggung menjadi destinasi favorit wisatawan. Dari ketinggian, air kawah tampak berwarna hijau dengan permukaan yang tenang. Air tetap menggenang dengan tenang di kawah ini. Tak ada pagar pembatas bagi wisatawan, bahkan wisatawan dapat mendekati area kawah.

Meski begitu, tidak ada wisatawan yang bermain hingga memasukkan tubuh ke perairan kawah. Wisatawan pun hanya berfoto di sekitar danau tanpa mengusiknya. Selain itu, kawah ini juga tidak mengeluarkan bau belerang yang menyengat. Sehingga aman bagi wisatawan untuk mendekatinya.

Untuk mencapai kawah, wisatawan dapat menaiki anak tangga yang berjumlah kurang lebih 620 pijakan. Tingginya sekitar 300 meter, yang dapat ditempuh dari 2 jalur. Yaitu jalur biru dengan 510 anak tangga, dan jalur kuning dengan 620 anak tangga. Jika merasa akan lelah untuk menaiki anak tangga, wisatawan juga dapat menaiki ojek menuju kawah.

Baca: Ampera Waterpark Tasik Tiket & Wahana

Berendam Air Panas di Sumber Air Alami

Kolam Air Panas Gunung Galunggung
Kolam Air Panas Gunung Galunggung. Foto: Gmap/Kang AL Jailani

Bukan di kawah, namun ada di kolam-kolam, sumber air panas gunung mengalir. Pengelola telah menyediakan beberapa kolam untuk dapat digunakan wisatawan berendam. Di antaranya kolam bagi wisatawan umum, yang dapat dinikmati bersama. Ada juga kolam pribadi yang menyediakan bak rendam khusus yang tertutup.

Air kolam ini berasal dari air gunung alami. Menurut kepercayaan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain itu, berendam di air panas tentu dapat membuat tubuh lebih rileks. Sehingga dapat mengurangi stres.

Untuk menikmati berendam air panas, wisatawan tidak perlu membayar biaya lagi. Karena sudah termasuk dalam biaya tiket masuk.

Baca: TEEJAY Waterpark Tiket & Wahana

Berfoto di Gardu Pandang

Gardu Pandang yang Luas
Gardu Pandang yang Luas. Foto: Gmap/kata owell

Berada di alam dengan pemandangan memukau, aktivitas yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto. Di puncak gunung, terdapat sebuah gardu pandang terbuat dari kayu. Sekelilingnya sudah terdapat pembatas dari kayu setinggi kurang lebih satu meter. Gardu pandang ini disangga dengan kayu-kayu kokoh yang berlokasi di tepi tebing.

Gardu pandang ini cukup luas, mampu menampung lebih dari 20 orang sekaligus. Luasnya gardu pandang juga memungkinkan wisatawan untuk berfoto tanpa banyak halangan. Serta lebih aman karena tidak berdesakan.

Dari gardu pandang ini, dapat menyaksikan pemandangan perbukitan yang indah. Perbukitan hijau yang tampak begitu asri, dengan naungan langit birunya. Dari gardu pandang, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam. Tentunya mengamati dari sini akan lebih aman karena ada pagar pembatas di sekelilingnya.

Baca: CURUG BADAK Tiket & Aktivitas

Berkemah di Bukit Landai

Berkemah di Gunung Galunggung
Berkemah di Gunung Galunggung. Foto: Gmap/wnd ysi

Bagi yang suka bermalam di alam ada sebuah area camping ground di kawasan bukit yang landai. Areanya tidak tertutup pepohonan, dengan alas berupa tanah berpasir. Di sini, wisatawan dapat mendirikan tenda karena lokasinya cukup luas. Bahkan tak hanya tenda, beberapa wisatawan ada yang menggunakan mobilnya sebagai tenda juga.

Bertualang di Jalanan Offroad

Bersepeda di Jalur Gunung Galunggung
Bersepeda di Jalur Gunung Galunggung. Foto: Gmap/Fiks Rider

Wisatawan yang suka dengan tantangan dapat mencoba jalur offroad di kaki gunung. Ada beberapa pilihan kendaraan untuk mencoba jalur ini. Dengan mobil offroad, motor trail, atau dengan sepeda gunung.

Ketiga kendaraan ini memiliki jalur masing-masing. Yang tentunya semua menantang, karena mengikuti naik turun jalur pegunungan. Dengan medan tanah yang licin dan berpasir. Tentunya sangat seru dan menantang.

Lokasi Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Objek wisata bernuansa alam ini berlokasi di Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari pusat kota Tasikmalaya jaraknya kurang lebih 21 Kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Ulasan Pembaca
4.7 / 5. dari 33 Berikan Nilai

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini