Beranda Tiket Wisata

Curug Badak Tasik Tiket & Ragam Aktivitas - Februari 2020

Tgl. Update:Senin, Februari 10, 2020
Curug Badak Harga Tiket: Rrp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Kampung Setiamulya,Desa Sukasetia,Cisayong,Tasikmalaya,Jawa Barat,Indonesia,46153.

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang menyajikan banyak destinasi wisata. Wisatanya pun beragam, mulai dari kekayaan kuliner hingga alam yang indah. Salah satu objek wisata alam yang baru-baru ini dibuka oleh pemerintah adalah Curug Badak.

Air terjun ini berada di dalam kawasan hutan pinus yang asri. Berwisata kemari bisa membantu melepaskan penat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Tiket Masuk Curug Badak

Harga tiket masuk yang harus dibayar oleh pengunjung Curug Badak terbilang murah dan terjangkau. Tiket belum termasuk retribusi parkir dan sewa tikar.

Harga Tiket Masuk 
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp4.000
Sewa TikarRp5.000

Baca: 8 Tempat Wisata Seru di Tasikmalaya

Jam Buka Curug Badak

Kawasan wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata air terjun ini adalah pada awal musim hujan.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Pesona Curug Badak

Curug Badak Batu Hanoman
Curug Badak dan Batu Hanoman berada di Gunung Talaga Bodas, Tasikmalaya – Foto: Google Maps/Ayu Lisdiani

Baca: Curug Dengdeng Tasikmalaya Tiket & Ragam Aktivitas

Sebelum ramai seperti saat ini, wisata Curug ini sudah populer di kalangan warga setempat. Air terjun dengan tinggi sekitar 40 meter ini berada di lingkungan Gunung Talaga Bodas. Air terjun ini letaknya berdekatan dengan air terjun lainnya yang disebut Curug Hanoman.

Di samping keindahan alamnya yang menjadi daya tarik utama, kawasan Curug juga dibuat lebih “kekinian”. Hutan pinus dipadukan dengan kreativitas menjadi tempat wisata selfie dan kafe-kafe yang menarik, terutama untuk anak muda.

Curug Badak

Panorama Curug Badak
Panorama Curug Badak yang memiliki dua air terjun – Foto: Google Maps/Luxman Sbk

Baca: Taman Wisata Karang Resik Tasik Tiket & Wahana

Curug Badak mengacu pada sepasang air terjun di kawasan Gunung Talaga Bodas. Lokasinya berada di tebing yang dikelilingi area hutan. Air terjun tertinggi bisa mencapai tinggi 40 meter.

Namanya datang dari batu yang berada di tengah aliran salah satu air terjun. Batu tersebut berbentuk agak lonjong. Saat debit air sedang tinggi, batu itu tampak menyembul dari balik aliran air yang deras. Warga setempat menyebutnya mirip cula badak, sehingga air terjun ini dinamakan Curug Badak.

Yang menarik dari curug ini adalah kandungan airnya. Air yang mengalir dari curug ternyata mengandung belerang. Ini kemungkinan karena air mengalir dari Gunung Talaga Bodas. Di sekitar lokasi jatuhan air, bebatuan terlihat agak menguning karena belerang dan berbau menyengat.

Karena adanya belerang, warga percaya bahwa air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit kulit. Namun, tidak disarankan mandi di sekitar curug ketika debit air sedang tinggi.

Curug Batu Hanoman

Curug Batu Hanoman
Curug Batu Hanoman yang menyerupai ekor kera atau ekor Hanoman – Foto: Google Maps/Adam Aprilian

Baca: Ampera Waterpark Tasik Tiket & Wahana

Curug Hanoman atau Batu Hanoman adalah air terjun lainnya yang bisa ditemukan di sekitar Curug Badak. Bentuknya landai dan menyerupai sungai berarus deras. Dari jauh, bentuknya tampak seperti ekor kera berwarna putih. Inilah alasan pemberian nama “Hanoman” untuk air terjun tersebut.

Curug Hanoman bisa ditemukan di area pinggir bukit. Jaraknya sekitar 25 meter dari Curug. Kolamnya lebih dangkal dan lebih luas. Pengunjung bisa leluasa bermain air di area curug ini.

Spot-Spot Selfie

Jajaran hammock berwarna-warni
Hammock yang dipasang untuk tempat istirahat sekaligus tempat foto Instagrammable – Foto: Google Maps/Komara Hendrayana

Baca: TEEJAY Waterpark Tasik Tiket & Wahana

Keindahan alam kawasan Curug Badak tidak sampai di sana. Area hutan pinus yang asri disulap oleh warga dengan sedikit kreativitas. Kini, pengunjung bisa menemukan banyak spot berfoto yang lucu dan menarik di sini.

Beberapa spot tersebut tidak hanya enak dilihat (dan difoto), tetapi juga dimanfaatkan sebagai tempat istirahat. Lihat saja barisan hammock berwarna-warni yang dipasang di antara pepohonan. Pengunjung bisa menyewanya dan berayun di hammock sambil menikmati sejuknya suasana hutan.

Selain itu, terdapat banyak spot lainnya. Spot seperti dermaga di ketinggian dan terowongan bunga adalah beberapa di antaranya. Asyiknya, pengunjung cukup membayar biaya seikhlasnya untuk berfoto di sini.

Wisata Kuliner

Jajaran kios dan saung
Ragam pilihan kios makanan lengkap dengan saung dan bale-bale yang nyaman – Foto: Google Maps/Booster Coil

Jangan takut kelaparan ketika berkunjung ke Curug Badak. Kawasan wisata ini punya banyak kios makanan yang siap sedia. Menunya beragam, mulai dari mi instan yang murah-meriah dan menghangatkan, hingga nasi liwet yang bisa disantap bersama-sama.

Keramaian pengunjung kedai kopi Kopisarasa
Pengunjung menikmati kopi di tengah suasana hutan pinus – Foto: Google Maps/Kopisarasa

Baca: Bukit Kacapi Tasik Lanskap Hijau Pegunungan Memukau

Wisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman minum kopi yang berbeda di sini. Kawasan bukit di atas Curug Badak jadi lokasi kedai kopi “kekinian” yang nyaman. Dengan banyak pilihan menu kopi, kedai Kopisarasa menawarkan suasana sejuk khas alam pegunungan untuk menemani waktu rehat. Jangan heran jika  harus berebut tempat duduk dengan pengunjung muda-mudi.

Fasilitas Curug Badak

Curug Badak sudah mengalami pembenahan yang intensif, sehingga fasilitas yang tersedia pun sudah memadai. Area parkir yang luas, toilet, serta mushola bisa ditemukan dengan mudah di sini. beragam kios makanan dan kafe pun hadir untuk memanjakan lidah pengunjung. Air terjun ini juga memiliki spot-spot selfie yang menarik.

Lokasi Curug Badak

Lokasi wisata air terjun ini bisa ditemukan di kawasan Gunung Talaga Bodas, tepatnya di Kampung Setiamulya, Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Wisatawan bisa datang menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua karena akses jalan sudah dalam kondisi baik. Ada beberapa rute yang bisa dilalui, yaitu Jalan Cisinga, dan Cigorowong.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here