PANTAI REMEN Tuban Tiket & Daya Tarik Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Pantai Remen: Rp5.000 - Rp15.000
  • Jam Buka: 06.30 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Remen, Jenu, Tuban, Jawa Timur, Indonesia , 62352

Pantai Remen merupakan pantai wisata yang berada di Tuban, Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu. Pantai ini adalah satu-satunya pantai pasir putih di Tuban. Dengan garis pantai yang mencapai 500 meter. Menjamin keleluasaan bermain pengunjung yang datang. Mari cari tahu, apa saja daya tarik objek wisata pantai ini bagi wisatawan?

Harga Tiket Masuk Pantai Remen

Untuk menikmati pesona alamnya, pengunjung cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp5.000 untuk yang membawa motor. Sedangkan untuk yang membawa mobil harga tiket masuk pantai remen sebesar Rp15.000

Baca: TEBING PELANGI Tuban Tiket Masuk & Wahana

Jam Buka Pantai Remen

Pantai Remen terbuka untuk umum setiap harinya mulai pukul 06.30 hingga pukul 05.00 sore. Hindari berkunjung ketika musim liburan untuk menghindari kepadatan pengunjung. Bagaimanapun, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Tuban dan sekitarnya.

Pesona Pantai Remen

hamparan pasir putih bersih yang menyambut wisatawan Pantai Remen
Pantai Pasir Putih Remen, atau Pantai Remen, adalah satu-satunya pantai pasir putih dari daerah Tuban, Jawa Timur. Pasir putih ini bukanlah kondisi alami, melainkan sisa bahan pembangunan pabrik yang terseret ombak dan akhirnya menjadi dekorasi permanen. – Foto: Google Maps / mas joko tresno

Tuban, sebagai daerah di kawasan pesisir utara Pulau Jawa, memiliki beragam pantai wisata menarik. Arus lautnya tenang, kenampakan geografisnya dengan dominasi pasir cokelat dengan kontur landai. Namun ternyata ada satu pantai cantik berpasir putih di Tuban. Pantai itu berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu.

Sesuai lokasinya, pantai ini bernama Pantai Remen. Pantai tersebut digadang-gadang sebagai satu-satunya pantai berpasir putih di Tuban. Dengan hutan cemara di sepanjang bibir pantai, banyak juga yang menyandingkannya dengan pesisir Bali. Namun, Remen tentu memiliki identitas dan pesona alamnya tersendiri.

Baca: PANTAI SOWAN Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Menarik

Pasir Non-Alami

birunya air laut berpadu dengan hamparan pasir putih
Meski bukan pantai pasir putih alami, wisatawan tidak berhenti berkunjung kemari. Panorama alam yang terhampar justru semakin menarik pengunjung untuk rekreasi di sini – Foto: Google Maps / Darren Kindangen

Banyak orang pergi ke Bali untuk menghabiskan liburan di pantai-pantainya yang indah. Ternyata, di Tuban terdapat pantai yang keindahannya bisa bersaing dengan Bali. Pantai ini berada di Desa Remen, bagian barat laut Tuban Kota. Baru sejak tahun 2015 pantai ini terbuka sebagai pantai wisata.

Sebelumnya, pantai ini hanyalah pantai pasir coklat biasa. Lahannya penuh bebatuan karang dan belum memiliki daya tarik. Siapa sangka pembangunan pabrik yang tak jauh dari sana berhasil mengangkat nilainya. Pasir sisa pembangunan terbawa arus laut dan terdorong ombak hingga Pantai Remen.

Ya, pasir putih di pantai ini bukanlah proses alam yang alami. Pasir itu kini mengubah area pantai menjadi ‘pantai pasir putih’. Perubahan ini rupanya mengundang wisatawan yang terpesona dengan penampilan barunya.

Sekarang, pasir putih di pantai ini jadi tampak mencolok. Perpaduan pasir putih dan laut birunya kini jadi primadona wisata. Pantai ini cocok menjadi tempat berfoto, piknik, atau sekadar bermain ombak.

Baca: Destinasi Wisata Menarik di Tuban

Laguna dan Cemara

berteduh di bawah pohon cemara sambil melihat indahnya laguna buatan
Sebuah laguna luas yang sengaja dibuat oleh warga sekitar jadi salah satu daya tarik wisata. Danau buatan ini menampung air laut – Foto: Google Maps / Yuli Anto

Sejak mulai mendapat perhatian sebagai tujuan wisata, kawasan pantai mulai berbenah. Untuk mengurangi efek abrasi, kawasan bibir pantai ditanami pohon cemara. Hutan cemara ini kini mempercantik sekitar pantai. Tidak hanya itu, hutan juga memberi keteduhan bagi para pengunjungnya.

Hal lain yang membedakan dengan pantai lain adalah lagunanya. Pengunjung akan disambut oleh sebuah kubangan air luas sebelum sampai ke pantai. Inilah laguna yang sengaja dibuat oleh warga sekitar. Laguna ini menampung air laut dan jadi spot rekreasi menarik.

Laguna ini memisahkan kawasan hutan dengan garis pantai. Tempat ini jadi spot favorit anak-anak untuk bermain. Laguna ini menghadirkan kolam renang dengan suasana pantai yang unik. Salah satu sudut laguna bahkan bermanfaat untuk wahana sepeda air.

Rekreasi Alam

barisan sepeda air di pinggir laguna
Beragam pilihan aktivitas rekreasi menarik tersedia di sekitar pantai, salah satunya bermain sepeda air di area laguna – Foto: Google Maps / Ayu Andika

Banyak wisatawan yang datang untuk rekreasi keluarga. Di sini, banyak aktivitas menarik untuk segala kalangan usia. Mulai dari berenang, bermain ombak, bermain pasir pantai, atau piknik sambil berjemur.

Ada juga beragam wahana bermain. Lahan pantainya yang landai cocok sebagai area bermain ATV. Pengunjung juga bisa bermain layangan yang dijajakan di sekitar pantai. Atau, mengayuh sepeda air bersama keluarga di area laguna.

Pemandangan Langit

panorama langit senja Pantai Remen
Pantai Remen bisa jadi tempat yang tepat untuk menyaksikan cantiknya langit saat matahari kembali ke peraduan – Foto: Google Maps / Baihaqi Ramadhan

Selain wisata keluarga, Pantai Remen rupanya menyajikan kesempatan wisata romantis. Pantai yang menghadap ke utara ini memiliki pemandangan langit yang menakjubkan. Utamanya, ketika matahari terbit atau terbenam. Pengunjung akan mendapatkan pemandangan langit yang takkan terlupakan.

Sayangnya, di sekitar pantai ini belum tersedia akomodasi penginapan. Wisatawan bisa saja mendirikan tenda untuk berkemah. Asalkan tetap berada di area yang aman dan seau menjaga kebersihan.

Fasilitas Pantai Remen

Pantai Remen memang belum lama terbuka sebagai tempat wisata populer. Lokasinya yang tidak terlalu luas juga tidak memberi banyak ruang untuk keberadaan akomodasi penginapan. Tetapi tidak perlu khawatir karena fasilitas umum lainnya sudah tersedia di sini. Area parkir serta warung makan dan kios yang juga menyediakan toilet umum sudah banyak hadir di sini.

Lokasi Pantai Remen

Pantai Remen terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasinya memang agak berada di kawasan pelosok desa. Namun, sebenarnya pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban.

Akses Pantai Remen

Untuk menuju Pantai Remen, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau sepeda motor. Bisa juga menggunakan transportasi online dari pusat Kota Tuban. Meski berada di desa pinggiran Tuban, namun jaraknya hanya sekitar 20 km dari kota.

Dari Kota Tuban, arahkan kendaraan memasuki jalur Pantura menuju Desa Remen. Wisatawan bisa memilih rute melalui Pantai Mentoso dengan melalui Desa Beji. Atau, melewati Desa Sumurgeneng hingga mencapai Jalan Desa Remen.

Setelah melewati Balai Desa Remen, belok kanan di perempatan. Akses jalan menuju pantai dari sini cukup sempit, jadi wisatawan perlu berhati-hati. Jika datang dalam rombongan bus, kendaraan perlu diparkir agak jauh dari lokasi pantai. Pada musim libur, tingginya jumlah pengunjung bisa membuat jalanan kecil ini macet.

Berikan Rating

4.5 - 56 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *