Beranda Tiket Wisata

TEBING PELANGI Tiket & Wahana - Juni 2021

Tebing Pelangi Harga Tiket: Rp15.000 - Rp20.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Desa Tuwiri Kulon Mahdeser Jalan Raya Merakurak-Montong, Krajan, Tuwiri Kulon, Merakurak, Tuban, Jawa Timur, Indonesia , 62355.

Tebing Pelangi merupakan salah satu objek wisata baru yang berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Destinasi wisata keluarga ini berada di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak. Tebing Pelangi adalah taman bermain dengan tema pelangi yang unik. Menempati lokasi bekas galian tambang, taman ini jadi ciri khas yang mewarnai pariwisata daerah Tuban.

Tiket Masuk Tebing Pelangi

Tebing Pelangi termasuk objek wisata yang ekonomis. Pengunjung cukup membayar satu tiket masuk per orang untuk masuk kemari. Ada beberapa wahana dan fasilitas yang berbayar, sementara sisanya bisa dinikmati secara cuma-cuma. Asyiknya lagi, anak-anak dengan tinggi di bawah 80 cm tidak perlu membayar tiket masuk.

Tiket Parkir
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobiRp5.000
Tiket Masuk
Senin – JumatRp15.000
Sabtu – Minggu & hari LiburRp20.000
Paket Main Special 1Rp45.000
Paket Main Special 2Rp55.000
Tiket Wahana
Flying FoxRp15.000
SwingRp15.000
Sky BikeRp20.000
Foto bersama hewanRp2.000 – Rp5.000
Lainnya
Sesi Foto Pre-WeddingRp250.000 (max. 5 orang)

Baca: Destinasi Wisata Menarik di Tuban

Jam Operasional

Tebing Pelangi siap menyambut wisatawan setiap hari. Pada hari libur, jam operasionalnya berlaku lebih lama agar pengunjung bisa bermain sepuasnya. Jika ingin menghindari cuaca terik daerah Tuban, sebaiknya berkunjung pada pagi atau sore hari.

Jam Buka
Senin – Jumat08.00 – 20.00 WIB
Sabtu – Minggu & Hari Libur08.00 – 21.00 WIB

Rekreasi di Tebing Pelangi

Tebing Pelangi di Desa Tuwiri Kulon, Merakurak, Tuban
Tebing Pelangi adalah objek wisata baru yang berada di Tuban, Jawa Timur. Destinasi wisata ini mengusung tema pelangi dan menyajikan aneka wahana bermain dan berfoto kekinian di lokasi bekas galian tambang – Foto: Google Maps / Yenny Ismine

Kabupaten Tuban adalah salah satu kabupaten yang terletak di kawasan utara Jawa Timur. Kondisi geografisnya terdiri dari perbukitan batu kapur. Oleh karena itu, kawasan ini juga terkenal sebagai lokasi galian tambang. Ternyata, lokasi galian tambang yang identik dengan suasana gersang ini justru jadi daya tarik bagi pariwisata Tuban.

Namanya Tebing Pelangi, sebuah objek wisata kekinian di kawasan tebing batu kapur. Destinai wisata yang menempati sebuah bekas galian tambang batu yang sudah lama tidak dimanfaatkan. Setelah diteliti dan dipastikan aman, area ini disulap jadi destinasi wisata unik. Berwisata ke Tuban akan semakin berkesan jika menyempatkan untuk bertandang kemari.

Baca: PANTAI REMEN Tuban Tiket & Daya Tarik

Di sini, wisatawan akan dimanjakan oleh beragam wahana permainan dan fasilitas menarik. Mulai dari spot selfie, area bermain, hingga kolam renang. Nikmati suasana liburan yang berbeda dengan dikelilingi pemandangan kawasan batu kapur.

Oase Kawasan Tambang

jembatan dan bebatuan yang diwarnai seperti pelangi
Keberadaan Tebing Pelangi bagaikan oase di Tuban. Kawasan wisata ini memberi warna dan suasana baru dengan memanfaatkan lokasi bekas galian tambang – Foto: Google Maps / Febi Prasetyo

Lokasi Tebing Pelangi berjarak sekitar 15 kilometer saja dari Tuban Kota. Taman bermain alam ini berada di pinggiran kawasan galian tambang. Lahan yang digunakan pun merupakan lahan bekas galian tambang kapur yang sudah ditutup.

Sebelum dikembangkan sebagai tempat wisata, lokasi Tebing Pelangi diteliti terlebih dahulu. Ini untuk mengetahui risiko yang mungkin muncul di kawasan tersebut. Setelah dipastikan aman, barulah diadakan pembangunan taman bermain.

Baca: PANTAI SOWAN Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Meski banyak menghadirkan wahana modern, Tebing Pelangi tidak banyak mengubah penampilan aslinya. Dinding-dinding kapur raksasa dibiarkan terbuka. Sebagian diwarnai agar menarik, namun tidak merusak teksturnya. Pengunjung bisa bermain sambil mengagumi pemandangan alam khas Tuban di tempat wisata ini.

Surga Wisata Selfie

wisatawan berpose di salah satu sudut selfie yang bertema Timur Tengah
Tebing Pelangi memaksimalkan eksplorasi lahan dengan menyediakan beragam spot foto selfie menarik. Spot-spot foto kreatif tersebut bisa dimanfaatkan secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan – Foto: Google Maps / Nurul Istiqomah

Salah satu daya tarik andalan Tebing Pelangi adalah wisata selfie. Begitu menginjakkan kaki di pintu masuk, pengunjung langsung disambut pemandangan berwarna-warni. Setiap sudut di sepanjang jalan setapak dihiasi oleh berbagai macam spot foto.

Pengunjung bisa berfoto di area duduk, jalan setapak, hingga spot khusus foto unik. Dekorasinya sengaja dibuat seunik mungkin dan selaras dengan tren ‘kekinian’. Hampir semua sudut, mulai dari dinding hingga lantai bisa dijadikan tempat berfoto. Pengunjung dijamin tidak akan kehabisan ide untuk mengabadikan momen di sini.

Arena Bermain Anak

pengunjung asyik bermain air di salah satu kolam renang di Tebing Pelangi
Di tengah panas terik kawasan bekas galian tambang, Tebing Pelangi menghadirkan fasilitas kolam renang yang bisa menyegarkan pengunjung. Seluruh kalangan, baik dewasa maupun anak-anak bisa berenang di kolam yang tersedia – Foto: Google Maps / Didin Mbh

Tebing Pelangi didesain agar bisa dinikmati seluruh kalangan. Baik orang dewasa maupun anak-anak bisa memiliki waktu yang menyenangkan di sini. Beragam wahana bermain seperti ayunan, seluncuran, dan arena panjat tersebar di area taman.

Selain itu, ada juga kolam renang terbuka. Tersedia kolam renang dewasa serta anak-anak. Wisatawan bisa berenang sambil merasakan suasana alam Tuban. Bagi yang tidak mau repot, tersedia penyewaan pakaian renang juga.

Wahana Menantang

'melayang' di atas kawasan Tebing Pelangi
Wisatawan bisa menguji adrenalin dengan mencoba wahana melayang yang dihadirkan oleh Tebing Pelangi. Salah satu wahana yang populer ialah Sky Bike. Wahana ini melintas tepat di atas area kolam renang – Foto: Google Maps / sembung satu

Wahana andalan lainnya ialah wahana melayang. Ada beberapa jenis: Sky Bike, Magic Carpet, Swing, dan Flying Fox. Wisatawan bisa menikmati seluruh wahana ini dengan membayar tiket tambahan. Jika membeli tiket bermain spesial, seluruh wahana tersebut bisa dinaiki secara gratis.

Keempat wahana yang berada di ketinggian ini cukup menguji adrenalin, lho. Tetapi jangan khawatir, pengunjung akan diberi perlengkapan keamanan yang diperlukan. Namun, tidak ada fasilitas foto bagi pengunjung ketika sedang berada di atas. Jadi, jangan lupa titip foto pada teman atau keluarga ketika naik wahana ini, ya.

Fasilitas Tebing Pelangi

Objek wisata yang berada di kawasan bekas galian tambang ini ternyata sudah dilengkapi oleh fasilitas yang sangat memadai. Area parkir, toilet, mushola, serta kantin tersedia di sini. Hadir pula aula untuk memfasilitasi kegiatan rombongan.

Adapun wahana hiburan yang tersedia di sini antara lain wahana melayang. Wahana ini terdiri dari sky bike, swing, magic carpet, dan flying fox. Terdapat kolam renang lengkap dengan penyewaan baju renang dan pelampung serta kamar mandi. Berbagai wahana permainan dan spot foto selfie juga tersebar di kawasan ini.

Lokasi Tebing Pelangi

Tebing Pelangi berada di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Tuban. Dengan menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor atau mobil), waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya kurang-lebih 25 menit.

Gerbang masuknya bisa dicapai dari Jalan Raya Merakurak. Dari jalan raya hingga gerbang berjarak sekitar 1 kilometer. Jalan masuknya tidak terlalu besar, namun cukup untuk satu bus.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini