Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN BENANG KELAMBU Tiket & Keunikan - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Benang Kelambu : Rp5.000Jam Buka: 07.00 - 17.30No Telp: -Alamat: Desa, Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83552

Lombok tak hanya menyimpan keindahan pantai, tapi juga keindahan air terjun. Salah satu air terjun indah di Lombok adalah Air Terjun Benang Kelambu. Lokasinya masih berada dalam satu kawasan dengan Geopark Gunung Rinjani. Dengan kawasan yang menawarkan keindahan alam serta kesejukan alam yang menenangkan.

Air Terjun Benang Kelambu tidak seperti air terjun pada umumnya yang terjun dari atas hingga bawah. Melainkan muncul dari sela-sela dinding alam perbukitan. Selain air terjun, di sini juga terdapat kolam-kolam yang bisa untuk berenang. Serta warung makan sederhana yang menjual nasi Kaput khas Lombok.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Untuk menikmati objek wisata ini, tidak dikenakan tarif yang mahal. Bahkan, tarif masuk ditambah dengan tarif parkir pun masih sangat terjangkau. Di sini juga ada fasilitas ojek untuk membawa menuju dan dari air terjun. Yang harganya bervariasi, dan wisatawan dapat melakukan tawar menawar dengan pengemudi.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp5.000
Tarif ojek (opsional)Rp35.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: PANTAI SEGER Lombok Tiket & Daya Tarik Memukau

Jam Buka Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Objek wisata ini dapat buka dari pagi hingga petang saja. Jika lewat dari jam operasional, maka wisatawan tidak lagi bisa masuk kawasan wisata. Hal ini karena penerangan di kawasan wisata masih belum memadai. Sehingga agar tidak terjadi hal buruk, wisatawan hanya boleh berkunjung saat jam operasional.

Jam Operasional
Setiap hari07:00 – 17:30 WITA

Keindahan Air Terjun Benang Kelambu Lombok yang Mempesona

Pesona Keindahan Air Terjun Benang Kelambu
Pesona Keindahan Air Terjun Benang Kelambu. Foto: Gmap/Adistya Erland

Melihat Air Terjun Benang Kelambu, membuat siapapun berdecap kagum. Air terjun ini tampak berbeda dari air terjun kebanyakan. Bukan karena ketinggiannya, melainkan bentuknya yang unik dan begitu cantik. Air terjun ini bukanlah merupakan aliran sungai langsung dari ketinggian yang mengalir deras.

Melainkan keluar dari dinding-dinding batu alam yang berada di balik air terjun. Ditambah dengan dinding air terjun yang penuh semak belukar yang lebat. Sehingga seolah-olah aliran air keluar dari tanaman semak ini, dan alirannya pun lembut seperti kelambu. Sementara aliran air terjun ini berasal langsung dari mata air di Gunung Rinjani.

Aliran air terjun ini turun di undakan yang berada di bawahnya. Tiap undakan memiliki keunikan tersendiri, ada yang membentuk tangga beraturan. Kemudian ada undakan dari batu alami yang terdiri dari undakan-undakan kecil yang unik. Alam di sekitar air terjun juga sangat memukau, dengan hijaunya tanaman yang ada di sekitar air terjun.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Berenang di Kolam Air Terjun

Berenang di Kolam bawah Air Terjun
Berenang di Kolam bawah Air Terjun. Foto: Gmap/Nurul Hidayati

Pada saat berkunjung ke sini jangan lupa membawa baju ganti. Karena siapapun tentu akan tergoda untuk berbasah-basahan di kawasan air terjun. Karena aliran ari terjunnya tidak terlalu deras. Melainkan lembut seperti tirai kelambu, sehingga aman bermain di bawahnya.

Wisatawan dapat bermain di bawah air terjun serta di sekitar bebatuan. Tidak hanya di bawah air terjun langsung, wisatawan juga dapat bermain di undakan air terjun. Lokasinya tak jauh di depan air terjun, dan undakan ini membentuk air terjun lain.

Jika ingin berenang, terdapat kolam yang lokasinya beberapa meter dari air terjun. Kolam ini juga dibedakan antara kolam anak-anak dan dewasa. Kolam dewasa lebih dalam, sedangkan kolam anak-anak lebih dangkal. Airnya tampak jernih dan sejuk bahkan dapat diminum.

Baca: 4 Aktivitas Menarik di PANTAI CEMARA Lombok

Berfoto di depan Air Terjun Benang Kelambu

Berfoto di Depan Air Terjun
Berfoto di Depan Air Terjun. Foto: Gmap/Lalu Reza

Siapa yang bisa menolak berfoto di depan air terjun yang indah ini. Wisatawan pasti akan tergoda mengambil beberapa foto di depannya. Atau berfoto langsung di bawah air terjun. Memperlihatkan betapa megah dan indahnya terjunan air terjun ini.

Kemudian dapat duduk di bebatuan yang ada di bawah air terjun. Spot favorit lain yaitu tingkatan yang ada di depan air terjun yang memiliki tiga tingkatan. Tingkat pertama memiliki ketinggian 30 meter, merupakan tingkat air terjun yang paling tinggi. Tingkatan kedua adalah ketinggian 10 meter, dan tingkatan ketiga memiliki ketinggian 5 meter.

Wisatawan dapat duduk di tingkatan ini, dan berfoto dengan latar belakang air terjun. Inilah mengapa disarankan untuk membawa baju ganti. Meskipun tidak berenang atau bermain air, akan tetap basah. Karena beberapa spot foto mengharuskan wisatawan bergelut langsung dengan air.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Mitos Air yang Berkhasiat

Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini memiliki khasiat. Siapapun yang mandi di air terjun ini akan awet muda. Tak hanya itu, ada kepercayaan bahwa yang mandi di sini akan terbebas dari berbagai macam penyakit. Mitos ini masih dipegang masyarakat setempat secara turun-temurun.

Hal ini terkait dengan sumber mata air yang mengalir di air terjun ini. Air yang mengalir konon berasal dari Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani. Bukan dari sungai yang terbelah jurang. Sehingga airnya tampak lebih halus karena mengalir dari celah-celah batuan dinding sungai.

Nyata atau tidaknya mitos ini, masih banyak masyarakat yang mempercayainya. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang mempercayai mitos tersebut. Hal ini terbukti oleh banyaknya wisatawan yang menyempatkan mandi di kolam air terjun.

Baca: PANTAI KUTA Lombok Tiket & Aktivitas

Fasilitas Air Terjun Benang Kelambu

Warung sebagai Fasilitas di Objek Wisata
Warung sebagai Fasilitas di Objek Wisata. Foto: Gmap/Mr. Kencot

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik. Mulai dari lahan parkir, toilet yang memungkinkan sebagai kamar bilas, mushola, dan warung. Setelah bermain, sempatkan mampir ke salah satu warung untuk menikmati segelas minuman hangat. Jangan lupa mencoba nasi kaput khas Lombok, sejenis nasi campur yang dibungkus mengerucut.

Alamat Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 21

Berikan Rating