PANTAI SOAN GALUH Spot Cantik Dengan Gugusan Batu Karang Februari 2024

PANTAI SOAN GALUH

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Antap, Selemadeg, Tabanan, Bali, Indonesia, 82162

Pantai Soan Galuh satu dari sekian banyak pantai eksotis yang terdapat di Tabanan Bali. Tepi pantainya berpasir gelap serta berhias bebatuan karang. Selain itu areanya juga masih sepi dan tenang. Karena belum sepopuler pantai-pantai lain di Bali.

Meskipun areanya berpasir namun keunikan pantai ini justru terletak pada batuan karangnya. Batuan karang yang besar dengan berbagai bentuk unik. Tak heran jika banyak yang menjadikan area karang ini sebagai lokasi berfoto.

Harga Tiket Masuk Pantai Soan Galuh

Bagi yang ingin berkunjung ke pantai ini tak perlu mengeluarkan uang. Karena memasuki area pantai tidak ada pungutan biaya atau gratis. Hanya perlu menyiapkan uang jika ingin jajan di warung-warung sekitar pantai.

Harga Tiket
TiketGratis

Baca: PURA TANAH LOT Tiket & Atraksi

Jam Buka

Pantai Soan Galuh terbuka untuk wisatawan umum setiap harinya selama 24 jam. Karena memang tidak ada jam operasional yang berlaku. Serta tidak ada penjagaan keamanan yang membuka tutup akses ke pantainya.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Pantai Soan Galuh

Ombak di pantai soan galuh
Pantai Soan Galuh memiliki ombak yang cukup besar. Foto: google maps/Pavel Maksin 

Keindahan pemandangan tepian pantainya ialah daya tarik paling utama di destinasi wisata ini. Namun tidak hanya itu, banyak pula aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Misalnya bersantai dan bermain di pasir pantai, menikmati sunset hingga memancing. Berikut beberapa aktivitas menarik selama berada di Pantai Soan Galuh.

Baca: Kebun Raya Bali Tiket & Koleksi Tanaman Unik

Pantai Dengan Pemandangan Karang Eksotik

Pemandangan saat air laut sedang surut
Batu karang unik berbentuk jamur raksasa yang sering disebut batu nogog. Batu ini bisa diakses saat laut sedang surut. Foto: Foto: google maps/Yuza Dwi prasetyo

Pemandangan di pantai Soan Galuh memang juara. Pasir hitamnya terlihat eksotik dengan sebaran bebatuan karang yang memiliki keunikan bentuk. Pemandangan ikonik ini terlihat pada batu karang berbentuk jamur kembar. Batu jamur tersebut cukup besar, bahkan tingginya melebihi orang dewasa.

Selain area tebing di sekitar pantai terlihat cantik dihiasi tumbuhan semak hijau yang rimbun. Di atasnya tumbuh deretan pepohonan kelapa yang melambai-lambai diterpa angin lautan. Pemandangan pesisir tropis tersebut amat cantik.

Baca: PANTAI PASUT Tabanan Tiket & Daya Tarik

Gua di Tepi Pantai

Gua eksotis di Pantai Soan Galuh
Gua eksotis di Pantai Soan Galuh. Foto: google maps/Yuza Dwi prasetyo

Salah satu yang unik dari Pantai Soan Galuh yaitu terdapat gua di tepi pantai. Guanya terletak di sisi timur pantai terkenal dengan sebutan batu bolong. Area gua cukup luas dan membentuk lorong tembus sepanjang 15 meter.

Pengunjung yang datang tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berfoto di gua batu bolong ini. Karena pancaran cahaya matahari yang menembus masuk ke dalam gua terlihat sangat cantik. Namun jika ingin datang ke gua, pengunjung mesti menunggu air pantainya surut terlebih dahulu.

Baca: Pasir Hitam Eksotis di Pantai Balian Tabanan

Spot Foto Instagramable

Berfoto di atas batu karang
Berfoto di atas batu karang yang menjorok ke laut. Foto: google maps/Arthur Simadibrata

Selain spot foto batu bolong yang merupakan spot favorit. Pengunjung bisa berfoto di atas gugusan bebatuan karang yang lokasinya agak menjorok ke laut. Terutama saat ombak datang menghantam karang, pengunjung akan terkena cipratan air laut. Itu bisa menciptakan hasil foto keren apalagi jika diambil pada waktu yang tepat.

Kemudian di sekitar pantai tersebar bebatuan karang dengan bentuk unik. Bahkan ada yang ukurannya sangat besar dan pengunjung dapat menaikinya. Jika air lautnya surut pengunjung bisa berfoto di atas bebatuan karang berbentuk jamur. Nama lain karang bentuk jamur yakni Batu Nogog yang lokasinya berdekatan dengan bolong.

Menikmati Sunset Sambil Piknik

Sunset di Pantai Soan Galuh
Menikmati sunset dari area sekitar pantai. Foto: google maps/Gilgaa px

Untuk wisatawan yang mau menikmati suasana sunset bisa ke Pantai Soan Galuh pada sore hari. Waktu terbaik datang ke pantai untuk menunggu sunset sekitar pukul 5 sore. Sambil menunggu, wisatawan bisa piknik di tepi pantai sambil menikmati camiilan. Siluet batu karang akan terlihat semakin indah saat di bawah cahaya senja.

Bermain di Tepi Pantai

Di Pantai Soan Galuh ini pengunjung bisa sejenak berjalan-jalan santai. Sembari menikmati semilir angin dan debur ombaknya. Garis pantainya panjang serta pasirnya lembut. Pengunjung bisa mengajak hewan peliharaannya turut bermain di pantai yang luas ini.

Wisatawan yang mengajak anak-anak bisa bermain pasir di pantai. Membuat istana pasir bersama anak bisa jadi sangat seru sebagai aktivitas di pantai ini. Dapat pula bermain layang-layang pada tepian pantai sebab angin pantai memang sangat kencang. Pantai juga sering menjadi sebuah arena sepak bola ataupun permainan sejenis.

Lokasi Memancing

Ombak besar Pantai Soan Galuh memang kurang cocok untuk berenang, namun cocok untuk memancing. Tak heran jika lokasinya sering sebagai tujuan memancing yang populer. Area memancing favorit ialah di tengah laut dengan menyewa perahu atau jukung kayu.

Selain itu pantai ini juga terkenal dengan kegiatan nelayan lokal yang cukup aktif. Di sekitar pantai terdapat pangkalan perahu-perahu nelayan. Saat air pasang, nelayan berangkat ke laut berpatokan pada lorong di batu bolong. Idealnya saat akan berangkat, nelayan memosisikan perahu sejajar dengan lorong. Patokan tersebut ternyata mampu menghindarkan perahu dari hantaman ombak.

Lokasi Pantai Soan Galuh

Lokasi pantai yang satu ini berada di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari kawasan wisata Kuta berjarak kurang lebih 53 kilometer dengan waktu tempuh hampir 2 jam. Sedangkan jika berangkat dari Kota Tabanan hanya berjarak 25 Kilometer dengan waktu tempuh tak sampai 1 jam berkendara.

Berikan Rating

4.7 - 28 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: