Beranda Tiket Wisata

Bali Butterfly Park Tabanan Tiket & Atraksi September 2021

Bali Butterfly ParkHarga Tiket: Rp20.000 - Rp40.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: 0361-8940596Alamat: Jl.Batukaru,Sesandan, Buruan, Penebel, Tabanan, Bali, Indonesia, 82181

Kupu-kupu adalah salah satu serangga cantik yang dapat ditangkarkan. Salah satu tempat penangkaran sekaligus objek wisata kupu-kupu adalah Bali Butterfly Park. Tempat wisata yang menjadi salah satu taman kupu-kupu besar di Kabupaten Tabanan, Bali.

Selain sebagai wahana rekreasi, objek wisata ini juga menjadi sarana edukasi bagi wisatawan. Pengunjung yang datang pun tak sedikit berasal dari kalangan anak-anak. Yang datang bersama keluarga atau sekolahnya.

Harga Tiket Masuk Bali Butterfly Park

Harga tiket dibedakan antara pengunjung anak-anak serta pengunjung dewasa. Dan ada perbedaan harga tiket antara wisatawan domestik dan mancanegara. Asyiknya, harga tiket sudah termasuk welcome drink untuk setiap pengunjung.

Harga Tiket Wisatawan Domestik
DewasaRp40.000
Anak-anakRp20.000
Harga Tiket Wisatawan Mancanegara
DewasaRp100.000
Anak-anakRp50.000

Baca: Alas Kedaton Monkey Forest Tabanan

Jam Buka

Objek wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Dan di kala pagi, kupu-kupu akan banyak keluar dan beterbangan. Sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Bali Butterfly Park.

Jam Operasional
Setiap hari08.00-17.00

Keindahan Pemandangan Bali Butterfly Park

Kupu-kupu di alam
Sesuai namanya atraksi utama taman rekreasi ini tentu serangga kupu-kupu dengan berbagai jenis.. Foto: Gmap/Gabriel Heßling

Memasuki taman rekreasi ini, pengunjung akan disambut patung kupu-kupu raksasa. Patung ini berada di atas kolam air, dimana di bawahnya terdapat tulisan “Bali Butterfly Park Tabanan”. Di kolam air, terdapat bunga teratai yang daunnya melebar dan tampak di permukaan air.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan taman yang asri dan indah. Berbagai tanaman hias dengan warna hijau bergradasi tampak ditanam dengan rapi dan terawat. Beberapa tanaman pun dibentuk sedemikian rupa, dan bunga warna-warni mekar, memperkaya kecantikan taman ini.

Baca: Bali Zoo Gianyar Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Tidak hanya tanaman hias, di sini juga terdapat pepohonan untuk membuat suasana rimbun. Sehingga, pengunjung tidak kepanasan saat berwisata di sini. Di luar kawasan, pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan sawah yang menjadi latar belakang taman ini.

Kupu-Kupu Berbaur di Taman

Bali Butterfly Park termasuk taman yang sudah lama, dibangun sejak 17 Desember 1996. Di lahan seluas 45 are ini, terdapat kurang lebih 25 spesies kupu-kupu. Jumlahnya mencapai 900 ekor lebih dari berbagai spesies tersebut.

Sayangnya, serangga yang indah ini tidak dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Dimana kupu-kupu memiliki siklus hidup pendek, umumnya hanya dapat hidup satu minggu. Sementara prosesnya dari telur, menjadi ulat, kepompong, hingga kupu-kupu memerlukan waktu dua bulan.

Kupu-kupu ini dibiarkan terbang bebas, meskipun tetap dalam sarang. Namun, sarang yang disediakan begitu luas hingga pengunjung juga dapat masuk ke dalamnya. Di dalamnya banyak sekali bunga-bunga sehingga seolah kupu-kupu hidup di alamnya.

Berfoto Bersama Kupu-Kupu

Di pagi hari, akan banyak kupu-kupu berterbangan diantara bunga warna-warni. Ini adalah kesempatan emas bagi pengunjung untuk berfoto dalam jarak yang dekat dengan kupu-kupu.

Kupu-kupu memiliki masa hidup yang sangat singkat. Oleh karena itu, pengelola mendatangkan 1.500 kepompong dari tempat penangkaran di Singaraja dan Jembrana. Dimana dari jumlah tersebut, sekitar 75% berhasil menetas dan hidup.

Baca: Bali Safari Marine Park Tiket & Animal Show

Kupu-kupu tidak boleh berada dalam suhu terlalu panas atau terlalu banyak hujan. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangbiakan dan kelangsungan hidup kupu-kupu. Dan serangga cantik ini dapat hidup baik dalam suhu 27 derajat celcius.

Kupu-Kupu Barong Primadona Bali Butterfly Park

Kupu - Kupu Barong
Kupu-Kupu Barong. Foto: Gmap/Bali Butterfly Park

Ada satu primadona di sini, yaitu Kupu-Kupu Barong, dengan nama latin Attacus atlas. Kupu-kupu ini menjadi primadona karena ukurannya yang sangat besar dan coraknya yang begitu unik. Luas sayapnya mencapai 40 cm dan panjangnya kurang lebih 25 cm.

Di ujung sayap kupu-kupu barong terdapat corak yang khas seperti kepala ular. Tujuan coraknya terlihat seperti ini yaitu untuk mengelabui predator, seperti kadal dan burung. Berbeda dengan kupu-kupu lain, kupu-kupu barong hanya dapat bertahan lima hari.

Baca: Bali Bird Park Tiket Domestik & Ekshibisi

Selain masa hidup yang singkat, kupu-kupu ini justru melakukan reproduksi selama delapan jam. Selain di Bali, serangga ini juga dapat ditemukan di Jawa Barat, yang ukurannya lebih kecil. Sementara di Kalimantan, warnanya lebih hitam daripada di Bali.

Fasilitas Bali Butterfly Park Tabanan

Fasilitas di sini yaitu area parkir yang luas, restoran, toko souvenir, dan mesin ATM. Selain itu, ada juga museum yang menampilkan koleksi kupu-kupu. Serta ada kolam ikan koi di area taman.

Lokasi dan Kontak Bali Butterfly Park Tabanan

Objek wisata ini berada di Jalan Batukaru, Desa Sesandan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Informasi lebih lanjut pengunjung dapat menghubungi nomor 0361-8940-596.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca