Beranda Tiket Wisata

Keindahan Sunset Pantai Melasti Tabanan Yang Memukau - Agustus 2021

Pantai Melasti Tabanan Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Beraban, Kediri, Tabanan, Bali, Indonesia, 82121.

Melasti adalah nama dari suatu upacara keagamaan, namun Melasti juga digunakan sebagai nama pantai. Pantai ini berlokasi dekat dengan Pantai Tanah Lot. Oleh karena itu, karakteristik fisik dari Pantai Melasti tidak jauh berbeda dari Tanah Lot.

Jika dibandingkan dengan Tanah Lot, pantai ini masih cukup sepi. Tidak banyak wisatawan yang datang mengunjungi objek wisata ini. Padahal, Kawasan pantai memiliki keindahan yang tidak banyak dimiliki oleh pantai lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti

Karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Ini juga yang membuat objek wisata ini belum dikelola dengan manajemen yang baik. Oleh karena itu, tiket masuk masih digratiskan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: PANTAI BATU BOLONG Sunset Memukau Di Canggu

Jam Operasional

Objek wisata pantai ini tidak menerapkan batasan kunjungan. Namun, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah sore hari, ketika matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Indahnya Pantai Melasti

kawasan wisata pantai melasti
Kawasan wisata pantai melasti berlokasi tidak jauh dari Pura Batu Bolong. Foto: Google Maps/ Bostjan Selak

Meskipun indah, pantai ini masih cukup sepi, belum banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Padahal, objek wisata ini memiliki keindahan yang tidak kalah jika dibandingkan pantai lainnya. Hanya saja, masalah akses menuju pantai yang masih harus dibenahi.

Area pantai juga memiliki air yang jernih, meskipun tidak berwarna biru seperti Dreamland. Air jernih ini diimbangi dengan pasir pantainya yang berwarna hitam. Yang mana justru menambah pemandangan semakin eksotis.

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Objek wisata ini juga memiliki tebing – tebing batu yang tinggi. Batuan karang juga tampak berserakan di tepi pantai. Inilah mengapa tidak diperbolehkan berselancar karena dikhawatirkan akan menabrak batuan karang.

Air Terjun Pantai Melasti

Inilah yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, yaitu keberadaan air terjun. Pantai Melasti memiliki garis pantai yang pendek, dan dikepung oleh batuan karang. Air terjun ini keluar dari atas batu karang dan langsung diteruskan ke lautan.

Air terjun ini berasal dari pengairan sawah di daerah sekitar Tanah Lot. Air tersebut mengairi sawah – sawah penduduk, mengalir melalui batuan karang yang kemudian diteruskan ke laut. Pemandangan antara air terjun dengan pantai menjadi perpaduan yang memperkaya kecantikan pantai.

Sayangnya, air terjun ini bersifat musiman. Hanya saat musim penghujan air terjun mengalir ke pantai, sementara di musim kemarau akan kering. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk menyaksikan air terjun adalah saat musim hujan.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbenam

sunset di pantai melasti tabanan
Seperti kebanyakan pantai, sunset menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Foto: Google Maps/August Tabalujan

Pantai Melasti juga cocok dijadikan spot untuk menyaksikan matahari terbenam. Kala senja mulai datang, matahari perlahan turun dari singgasananya. Beristirahat untuk mempersiapkan diri menyinari pada esok hari.

Bentuk bulat sempurna dan warna oranye yang begitu terang membuatnya tampak menawan. Pancaran sinarnya mengenai sisi batu karang yang ada di pantai. Membentuk siluet perkasa sang batu karang.

Baca: Pasir Hitam Eksotis di Pantai Balian Tabanan

Pengunjung dapat berfoto sambil bermain – main dengan matahari. Berfoto seolah – olah sedang memegang matahari, atau sedang memakan matahari. Pasti akan seru dan menghasilkan jepretan foto yang keren.

Berenang di Tepi Pantai

Meskipun tidak dianjurkan untuk berselancar, pengunjung tetap dapat bermain di perairan dengan berenang. Airnya begitu jernih, sehingga pemandangan bawah air tampak indah. Dan sebaiknya, pengunjung tidak terlalu ke tengah karena ombak cukup besar.

Karena masih sepi, pengunjung dapat bebas mencari spot untuk berenang. Tanpa khawatir terganggu oleh pengunjung lain ketika sedang menikmati segarnya air pantai.

Snorkeling diantara Batu Karang

Jika membawa peralatan snorkeling, pengunjung dapat menjelajahi alam bawah laut dengan snorkeling. Alam bawah laut Pantai Melasti sangat indah. Pengunjung dapat melihat batuan karang kecil yang ada di bawah perairan.

Diantaranya akan berenang ikan – ikan kecil yang lucu. Sesekai, ikan – ikan ini akan mengintip dan pergi menjauh ketika pengunjung mulai mendekati. Oleh karena itu, berhati – hatilah ketika mendekati ikan – ikan.

Fasilitas di Pantai Melasti

Objek wisata ini belum dikelola dengan baik sebagai tempat wisata. Oleh karena itu, fasilitas umum seperti toilet dan area parkir belum tersedia. Warung – warung pun belum banyak berdiri, sehingga pengunjung sebaiknya membawa perbekalan sendiri.

Lokasi Pantai Melasti

Objek wisata ini berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya kurang lebih 30 kilometer dari kawasan Kuta. Bisa ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca