Beranda Tiket Wisata

PANTAI PASUT Tabanan Tiket & Daya Tarik September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Pasut : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Desa Tibubiu, Kerambitan, Tabanan, Bali, Indonesia, 82161

Tabanan tak hanya memiliki Tanah Lot, ada juga pantai memesona lainnya yaitu Pantai Pasut. Karakteristik area pantainya berantai pasir hitam dengan ombak yang cukup tenang. Keunikan yang jarang ditemukan di pantai daerah Bali Selatan yang umumnya berwarna putih atau coklat.

Mungkin masih sedikit wisatawan luar Bali yang mengenal Pantai Pasut. Karena lokasinya yang masih terbilang sepi dan tenang. Namun justru menjadi daya tarik bagi yang ingin menikmati suasana tenang pantai. Tak hanya itu, berbagai aktivitas menarik juga dapat dilakukan di pantai eksotis ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasut Tabanan

Untuk dapat menikmati objek wisata ini tidak ada pungutan biaya masuk. Hanya tiket parkir jika memarkirkan kendaraan di pintu masuk pantai. Namun, beberapa wisatawan membawa masuk kendaraan mereka hingga ke bibir pantai.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
Parkir kendaraanRp 2.000 – Rp 5.000

Baca: GUNUG BATUKARU Jalur Pendakian & Keindahan

Jam Buka Pantai Pasut Tabanan

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja, karena tidak ada aturan khusus mengenai jam operasionalnya. Mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Indahnya Pesona Eksotis Pantai Pasut

Tenangnya Suasana Tepi Pantai
Tenangnya Suasana Tepi Pantai. Foto: Gmap/desak riani

Bukan pantai pasir putih, melainkan hamparan pasir hitam yang akan menyambut wisatawan setibanya di Pantai Pasut. Garis pantai begitu panjang dengan kawasan pasir yang luas dan landai. Pasir pantai di sini cukup padat, sehingga lebih mudah berjalan atau bahkan berlari di atasnya. Apalagi di bagian yang terkena ombak, tampak berkilau dan memantulkan pemandangan di atasnya.

Objek wisata ini memiliki air laut yang jernih serta tenang. Deburan ombaknya dapat menjadi suara yang sayup-sayup terdengar memberi ketenangan. Cocok bagi wisatawan yang ingin berenang atau snorkeling di wilayah pantai, karena tergolong aman. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga tumbuh berbagai pepohonan yang tinggi menjulang.

Dengan dominasi pepohonan kelapa, bahkan ada satu pohon kelapa unik. Batangnya tidak tumbuh lurus ke atas, melainkan miring, kemudian mematah ke atas. Beberapa wisatawan ada yang berani memanjat pohon tersebut dan mengambil foto di patahan pohon itu. Pohon lain yang turut menjadi mayoritas adalah pandan laut, yang daunnya mengeluarkan aroma wangi.

Baca: THE BLOOMS GARDEN Tabanan Tiket & Ragam Taman Tematik

Pemandangan Matahari Terbenam

Senja di Pantai Pasut yang Menawan
Senja di Pantai Pasut yang Menawan. Foto: Gmap/Андрей Магасумов

Pantai Pasut menjadi lokasi yang tepat berburu indahnya matahari terbenam. Dari bibir pantai, wisatawan dapat melihat dengan jelas matahari di ufuk barat. Karena tidak terhalang oleh bukit atau tebing. Sehingga dari bibir pantai saja, pemandangan matahari terbenam sangat jelas.

Sore berubah menjadi senja, matahari semakin bergulir menuju peraduannya. Warna yang kuning terang pun berubah menjadi senja yang meredup. Warnanya juga memantul di permukaan lautan yang tenang.

Yang lebih unik lagi adalah pantulan cahaya matahari di atas pasir. Area pasir yang terguyur oleh ombak memantulkan pemandangan di atasnya. Seolah cermin yang memantulkan pemandangan dengan jelas, seperti langit, bahkan matahari. Wisatawan pun sering kali berfoto di area ini dan hasilnya pun terbukti sangat memukau.

Baca: Sangeh Monkey Forest Tiket & Daya Tarik

Menyaksikan Serunya Lomba Drag Bike

Komunitas Motor yang Berkendara di Pantai Pasut Tabanan
Komunitas Motor yang Berkendara di Pantai Pasut Tabanan. Foto: Gmap/Djoe Avarell

Jarang sekali area pantai dijadikan lokasi Drag Bike, dan Pantai Pasut adalah salah satunya. Drag Bike merupakan salah satu tipe balapan motor. Lintasan yang digunakan adalah area pasir di pantai ini. Lokasi ini dipilih karena memiliki pasir yang cukup padat meski sedikit licin.

Dua motor diadu untuk berpacu dengan kecepatan di atas lintasan pasir. Motor dengan ban khusus digunakan supaya tidak mudah tergelincir di area berpasir. Sesekali pembalap tergelincir karena licinnya pasir, atau ban tenggelam di pasir yang basah. Keseruan dan riuh suara penonton menyeruak di kawasan pantai.

Selain Drag Bike, wisatawan yang hanya ingin menjelajah pantai dengan motor juga bisa. Beberapa kali komunitas motor trail menggunakan Pantai Pasut sebagai lokasi yang dilalui. Unik dan tentu saja menarik, dapat menjelajah pantai dengan motor.

Baca: Alas Kedaton Monkey Forest Tabanan

Dari Pura Segara hingga Perlombaan Dayung

Pura Segara di tepi Pantai
Pura Segara di tepi Pantai. Foto: Gmap/gungrisma ningrat

Di Pantai Pasut juga terdapat sebuah pura yang menjadi lokasi peribadatan umat Hindu. Pura ini merupakan Pura Segara, yang lokasinya berada di depan pantai. Keberadaan pura ini menjadi daya tarik tersendiri. Dan wisatawan diperbolehkan mengambil foto di dekat pura.

Selain pura, hal lain yang menarik adalah adanya muara Sungai Yeh Po di dekat pantai. Di waktu-waktu tertentu, muara sungai ini menjadi ramai karena adanya perlombaan dayung. Para peserta dari seluruh penjuru Bali mengikuti perlombaan tahunan ini menyusuri sungai Yeh Po. Dan berakhir di muara yang berdekatan dengan Pantai Pasut ini.

Berenang, Snorkeling Hingga Memancing

Lautan di Pantai Pasut memiliki ombak yang tenang. Lokasi ini tepat bagi wisatawan yang ingin bermain air di pantai. Wisatawan dapat berenang di sekitar bibir pantai, di lokasi yang tidak terlalu dalam. Atau berkejaran seru dengan ombak yang bergulung kecil menuju pantai.

Airnya yang jernih juga menjadi lokasi yang tepat untuk menjelajahi alam bawah lautnya. Wisatawan dapat melakukan snorkeling di dekat wilayah pantai. Tak perlu membawa peralatan sendiri, karena sudah tersedia persewaan peralatan snorkeling.

Tak hanya itu, wisatawan juga dapat memancing di spot-spot sekitar pantai. Di sini juga terdapat persewaan pancing, sehingga tidak perlu membawa dari rumah. Wisatawan juga sekaligus dapat bertanya pada pemilik persewaan, spot yang tepat untuk memancing.

Fasilitas di Pantai Pasut Tabanan

Di sini telah tersedia fasilitas umum yang cukup lengkap. Ada toilet, area parkir, dan tak lupa warung-warung yang menyediakan olahan seafood. Wisatawan dapat sekalian menyantap nikmatnya olahan seafood ini di tepi pantai. Ditemani dengan sebuah minuman kelapa yang menyegarkan.

Lokasi Pantai Pasut Tabanan

Objek wisata ini berlokasi di Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali. Berjarak tak jauh dari pusat Kota Tabanan hanya sekitar 14 Kilometer saja. Dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini