Beranda Tiket Wisata

Pasir Hitam Eksotis di Pantai Balian Tabanan - Februari 2021

Pantai Balian Harga Tiket: Rp Jam Buka: Rp2.000 - Rp350.000 No. Telepon: - Alamat: Lalanglinggah, Selemadeg Barat, Tabanan, Bali, Indonesia, 82162.

Jika mengunjungi Tabanan, sebagian besar wisatawan pasti mengaku pernah berkunjung ke Tanah Lot. Namun, pernahkan berkunjung ke Pantai Balian? Sebuah pantai indah yang masih sepi di Tabanan, Bali.

Berada di Pantai Belian membuat rasa seolah di pantai sendiri. Karena tidak banyak pengunjung yang datang, sehingga wisatawan bebas mengeksplore pantai. Bermain di pantai pun menjadi lebih leluasa tanpa banyak gangguan.

Tiket Masuk Pantai Balian Tabanan

Pengunjung yang datang tidak dikenakan tiket masuk objek wisata ini. Hanya saja, dikenakan tarif parkir untuk motor atau mobil. Sementara jika ingin berselancar, pengunjung dapat belajar di sini dengan biaya tertentu.

Harga Tiket
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000
SurfingRp350.000

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Jam Buka Pantai

Objek wisata ini buka setiap hari, dengan jam buka sepanjang hari. Hal ini memberikan keuntungan bagi pengunjung untuk dapat menyesuaikan waktu kunjungan. Baik yang ingin menyaksikan matahari terbit dan terbenam, atau untuk berselancar.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pasir Hitam Pantai Balian

eksotisme tepi pantai berpasir hitam
Pasir Hitam Pantai Balian. Foto: Gmap/TJ Biddle

Pantai Balian terbilang berbeda dari pantai lain yang ada di Pulau Bali. Jika biasanya Bali memiliki pantai berpasir putih, maka tidak dengan Pantai ini. Objek wisata ini justru memiliki pasir berwarna hitam.

Meski begitu, tidak menurunkan daya tarik dan keindahan dari Pantai di Kabupaten Tabanan ini. Pasirnya tetap lembut dan nyaman ketika diinjak dengan kaki. Begitu juga dengan material yang ada di pasir.

Baca: Pantai Pandawa Tiket & Daya Tarik

Jika biasanya tedapat cangkang kerang atau hewan laut lain, maka tidak berlaku di sini. Pasir pantai justru terdapat batu – batu halus yang ukurannya kecil. Batu – batu ini turut memperindah pemandangan yang ada di pasirnya.

Pesona Keindahan Pantai Balian

garis pantai balian tabanan
Pemandangan pantai balian dilihat dari ketinggian. Foto: Google Maps/Nyoman Edy Junaedy

Pantai Balian memiliki air yang begitu jernih. Pengunjung dapat merasakan sepoi angin dan percikan air dari ombak ketika berada di tepi pantai. Pantai ini terlihat sangat luas, sejauh mata memandang tidak ada penghalang.

Ditambah lagi, objek wisata ini tidak terlalu ramai, dan kebanyakan pengunjung adalah turis asing. Di hadapan pantai, terdapat jajaran pohon kelapa yang berjajar rapi. Menjulang tinggi menambah keindahan alamnya.

Baca: Pantai Kuta Bali 7 Aktivitas Top

Dari kejauhan, terdapat beberapa tebing yang menjorok ke arah lautan. Tebing – tebing ini pun ditumbuhi dengan tanaman dan rerumputan. Membuatnya tampak hidup dan serasi dengan warna tebing yang cokelat kekuningan.

Muara Pantai Balian Menjadi Terbaik untuk Berendam

Muara Tukad Balian
Muara Tukad Balian. Foto: Gmap/Tradhip Igoesto

Nama Balian diambil karena pantai ini merupakan muara dari Tukad (sungai) Balian. Aliran Tukad Balian bertemu dengan air laut dan membelah area pantai. Hal ini, menyebabkan timbul dua jalan masuk menuju Pantai.

Banyak pengunjung yang senang untuk berenang di muara Tukad Balian ini. Karena aliran airnya tidak deras dan tidak terlalu dalam. Beberapa anak kecil tampak asyik bermain, membaur dengan turis asing yang tengah berendam.

Baca: Keindahan Spektakuler Angel’s Billabong Nusa Penida

Suasananya yang cukup tenang membuat pantai ini tepat dijadikan tujuan untuk liburan santai. Berendam sembari menikmati indahnya pemandangan pantai dan suara deburan ombak yang menenangkan.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbenam

sunset di pantai balian
Menyaksikan keromantisan matahari terbenam juga bisa dilakukan di pantai ini. Foto: Google Maps/Faizal Erlangga

Posisi Pantai Balian menghadap ke arah barat. Oleh karena itu, pantai ini menjadi lokasi strategis untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Menyaksikan kemegahan mega oranye berpendar seiring geraknya menuju ke peraduan.

Bagi pemburu foto dengan objek matahari, objek wisata ini sangat pas. Datanglah kala sore hari dan tunggulah matahari mulai turun.

Dari kejauhan, gerombolan burung mulai terbang menuju ke sarang. Sayup – sayup terdengar suara gerombolan burung ini saling memanggil. Beradu dengan suara deburan ombak yang bergemuruh.

Surga Bagi Peselancar

Pantai balian destinasi para peselancar
Peselancar yang sedang bersantai di tepi pantai menunggu ombak. Foto: Gmap/Monica McKenna

Tidak hanya indah, Pantai Balian juga memiliki karakteristik ombak yang besar dan tinggi. Karenanya, sangat tepat untuk lokasi berselancar. Ombaknya sendiri bertipe reef-rockly, yaitu bergerak dari arah kanan ke kiri.

Gelombangnya memiliki kekuatan normal dengan frekuensi yang cepat tapi teratur. Selain itu, ombaknya juga tidak mudah pecah. Dimana dikenal sebagai ombak regional classic, yang bisa dijelajahi semua peselancar berbagai level.

Jika ingin berselancar, pengunjung dapat datang sebelum pukul 11 siang. Hal ini dikarenakan waktu tersebut adalah saat angin darat berembus lebih kencang. Sehingga berselancar lebih menyenangkan dan penuh tantangan.

Lokasi Pantai Balian

Kawasan wisata pantai ini berada di Desa Lalalinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan. Lokasinya berada tidak jauh dari jalan utama Jalan Raya Denpasar Gilimanuk. Sehingga, akses menuju objek wisata mudah dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca