Pantai Tanjung Pasir Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Tj. Pasir,Teluknaga,Tangerang,Banten,Indonesia,15510.

Pantai Tanjung Pasir merupakan wisata bentang pantai yang terletak di wilayah Tangerang. Berada dekat dengan Bwisatawanra Internasional Soekarno Hatta membuat destinasi wisata ini banyak diminati. Wisatawan bahkan dapat melihat pesawat lalu lalang secara berkala di kawasan udara pantai.

Pesona alam pantai terlihat memukau dengan pasir dan pepohonannya. Dari bibir pantainya, wisatawan dapat melihat barisan pulau-pulau eksotis.

Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir

Memasuki kawasan wisata pantai ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk pantai cukup murah. Dengan beberapa ribu rupiah sudah bisa menikmati keindahan pantai.

Harga tiket masuk
Senin – Minggu Rp10.000

Baca: Pantai Tanjung Lesung Tiket & Ragam Aktivitas Tepi Pantai

Jam Buka

Kawasan pantai di buka untuk umum selama 24 jam setiap hari. Pengunjung bisa datang ke pantai bahkan malam hari jika ingin menikmati suasana tenang.

Waktu operasional
Senin – Minggu 24 jam

Ragam Aktivitas dan Wahana di Pantai Tanjung Pasir

Dalam perjalanan menuju lokasi Pantai Tanjung Pasir, tampak tambak-tambak luas di kanan kiri jalan. Di pinggir jalan pun terdapat banyak penjual yang menjajakan udang hasil tambak.

Wisata Pantai ini menjadi pilihan favorit wisatawan, terutama wisatawan lokal mengisi masa liburan. Kawasan tepi laut ini disukai sebagai area berlibur bersama rekan dan keluarga. Rata-rata per hari tercatat ribuan orang wisatawan menyerbu destinasi wisata ini.

Di pantai ini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas wisata pilihan. Seperti memancing, berenang, maupun berkeliling pulau-pulau. Selain itu, wisatawan juga dapat menjajal beraneka ragam olahraga air yang menambah keseruan berlibur.

Baca: PANTAI SAMBOLO Anyer Tiket & 8 Aktivitas Pilihan

Menikmati Panorama Pantai

pantai tanjung pasir dengan ombak yang cukup tenang
Menikmati panorama laut Pantai Tanjung Pasir, Tangerang.
Foto : Instagram/sakinah_mudhiiah

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 20 kilometer dengan pasir yang halus. Hamparan pasirnya yang berwarna putih bahkan dapat terlihat dari daratan yang cukup jauh. Di Pantai ini, wisatawan dapat melihat barisan pulau-pulau cantik nan eksotis.

Di sekitar area pantai banyak terdapat pepohonan hijau yang tumbuh subur. Adanya pepohonan tersebut membuat suasana di sekitar pantai menjadi terasa tenang dan sejuk. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Tanjung Pasir.

Piknik dan Gathering

Kebanyakan wisatawan yang datang berkelompok atau bersama rombongan. Baik bersama rekan, sahabat, maupun keluarga. Menikmati liburan di pantai ini dianggap wisata yang cukup murah, tak menguras kantong.

Wisatawan yang berkelompok tersebut memanfaatkan waktu berkumpul ini untuk mempererat keakraban. Mereka duduk bercengkrama dan makan bersama, baik hidangan khas pantai maupun bekal yang dibawa. Acara kelompok seperti gathering, arisan atau perayaan pun juga dilakukan wisatawan di sini.

Baca: PANTAI ANYER Tiket, Aktivitas & Wahana

Bermain Pasir

bermain pasir di tepi pantai
Puluhan pengunjung bermain di tepi pantai. Foto: Google Maps/Herry Albatawie

Area bibir Pantai Tanjung Pasir memiliki hamparan pasir yang masih bersih. Di sini, wisatawan terutama anak-anak menyukai aktivitas bermain air dan pasir.

Kalangan muda pun ikut meriuhkan suasana liburan dengan bermain saling lempar pasir. Keceriaan wisatawan bersama-sama mewarnai aktivitas berlibur.

Berenang

Melihat perairan Pantai Tanjung Pasir, dipastikan wisatawan ingin langsung menceburkan diri berbasah-basahan. Banyak wisatawan berenang di area dekat bibir pantainya. Kebanyakan dari mereka bermain air dan berkejaran dengan ombak yang relatif tenang.

Baca: 10+ Tempat Wisata Paling Seru Di Tangerang

Berkeliling Pulau-pulau

Di Pantai Tanjung Pasir, wisatawan dapat dengan mudah melihat deretan kapal karena adanya sebuah dermaga. Dermaga tersebut cukup ramai, terlebih pada pagi hari, seiring banyaknya wisatawan menuju Kepulauan Seribu. Di pantai ini, wisatawan bisa berkeliling pulau-pulau di sekitar pantai.

Menaiki perahu, wisatawan akan diajak melewati beberapa daerah di pesisir pantai laut Provinsi Banten. Menikmati panorama bahari yang menawan, rute favorit wisatawan adalah menuju Pulau Untung Jawa. Selama perjalanan di atas perahu, wisatawan akan disuguhkan keindahan Kepulauan Seribu.

Baca: 14 Aktivitas Seru di Pulau Seribu Jakarta

Menjajal Olahraga Air

bermain banana boat di pantai tanjung pasir
Selain bermain di tepi pantai, wisatawan juga bisa mencoba wahana banana boat. Foto: Google Maps/Zainal Abidin

Pantai Tanjung Pasir memiliki aneka wahana watersport. Di sini, wisatawan dapat menjajal keseruan bermain olahraga ai. Salah satunya wahana Banana Boat.

Wisatawan akan diajak berputar-putar di atas Banana Boat hingga ke tengah perairan. Kemudian wisatawan akan diceburkan ke dalam laut dengan tikungan-tikungan tajam. Wisatawan tak perlu takut tenggelam karena akan dibekali pelampung, sehingga aman untuk dimainkan.

Sunset di Pantai Tanjung Pasir

sunset di pantai tanjung pasir
Posisi Pantai sangat pas untuk menikmati matahari yang turun perlahan di ufuk barat. Foto : Instagram/auresha11

Posisi Pantai Tanjung Pasir sangat pas untuk menikmati momen sunset. Wisatawan dapat duduk bersantai menghadap ke arah pantai melihat birunya langit yang berganti jingga. Menikmati matahari yang turun perlahan di ufuk barat yang melurupkan lembayung senja.

Memancing

Perairan sekitar pantai merupakan tempat yang digemari para pecinta hobi memancing. Wisatawan dapat mencari spot-spot tertentu yang biasanya sudah ditandai sebagai area memancing. Atau bisa juga naik perahu ke tengah perairan laut untuk mendapatkan tangkapan yang diincar.

Beberapa tambak juga menjadi tempat beradu ketangkasan serta keberuntungan memancing bandeng dan kakap putih.

Wisata Kuliner

Banyak saung dikelola masyarakat sekitar Pantai Tanjung Pasir siap melayani wisatawan bersantap. Menu yang tersedia adalah hidangan khas laut seperti ikan bakar. Sambil menikmati sajian seafood di tepi laut, wisatawan juga disuguhkan pemandangan indah pantai.

Bagi wisatawan yang ingin bersantap kuliner, terdapat beberapa restoran dan resort. Selain sajian khas pantai, tempat-tempat tersebut juga menyiapkan berbagai atraksi hiburan. Seperti atraksi langsung wisatawan bersama para koki mengolah ikan bandeng di atas tambak.

Tangerang Mangrove Center

Tangerang Mangrove Center berada pada lahan seluas 129 hektar. Pembangunan akses dan atraksi wisata ini menambah daya tarik Pantai Tanjung Pasir. Pendalaman area sungai dilakukan bekerjasama dengan Koramil serta Perhutani.

Event di Pantai Tanjung Pasir

Berbagai kegiatan atraktif secara berkala dilaksanakan di sini. Seperti kegiatan malam hiburan Pesta Nelayan Pantai Tanjung Pasir. Acara digelar sebagai bentuk syukur terhadap hasil laut dan keselamatan para nelayan dalam mencari ikan.

Pemerintahan setempat menggelar acara Pesta Nelayan sekaligus sebagai ajang promosi wisata. Acara tersebut diagendakan berlangsung selama 4 hari 3 malam. Termasuk Budaya Cerah Laut atau Pesta Laut yang menyuguhkan aneka hiburan dan hidangan kuliner.

Hiburan masyarakat tradisional seperti wayang kulit dan lenong disuguhkan. Selain itu, diadakan juga syukuran serta doa bersama dengan para nelayan dan warga. Puncak acara Pesta Nelayan tersebut adalah perlombaan perahu hias yang diikuti lebih dari 100 kontestan.

Wisata Religi

Ribuan umat Hindu di provinsi Banten melaksanakan ritual Melasti di Pantai Tanjung Pasir. Ritual tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi.  Semuanya datang dari dan diikuti seluruh Pura yang ada di provinsi Banten.

Pengheningan diri dilakukan oleh umat Hindu merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas keimanan. Kegiatan digelar di pantai ini untuk melaksanakan pengambilan air suci ke tengah laut. Acara ini dilakukan di laut karena bagi umat Hindu, laut adalah lambang pembersih segala kekotoran.

Bersamaan itu,  dilaksanakan juga Malang Pekelem atau upacara sedekah Laut untuk memohon keselamatan. Adanya upacara ini juga merupakan salah satu daya tarik kawasan wisata ini.

Fasilitas Di Pantai Tanjung Pasir

Fasilitas di kawasan pantai sudah cukup lengkap. Terdapat lahan parkir yang luas, resort dan penginapan, kamar ganti, toilet, toko cinderamata. Terdapat pula beberapa tempat makan yang menawarkan berbagai hidangan laut.

Destinasi wisata ini terus melakukan pengembangan. Di antaranya akses jalur wisata, kenyamanan serta pelayanan keselamatan bagi wisatawan. Babinkamtibmas dan petugas Pecinta Alam turut memonitor debit air sungai untuk mengantisipasi intensitas air tinggi.

Pada saat puncak liburan, ratusan petugas siap mengamankan aktivitas wisata di sini. Petugas merupakan gabungan dari TNI, Polri, Ormas serta Pramuka yang disiagakan untuk mengamankan lokasi. Pospam di sekitar wisata pantai dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat atau mendapat bantuan kesehatan.

Lokasi Pantai Tanjung Pasir

Wisata bentang alam pantai ini berada di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. Lokasinya sekitar 15-20 menit berkendara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau satu jam dari Jakarta.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,00 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini