Beranda Tempat Wisata

33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Meskipun Kota metropolitan seperti Jakarta memang menawarkan sarana rekreasi yang amat beragam. Kepadatan dan keragaman penduduknya membuat Jakarta menampung banyak ide tak biasa. Semua itu bisa terlihat dari pilihan tempat wisata di Jakarta yang tidak sedikit.

Bagi yang ingin merasakan suasana liburan di ibukota, berikut 33 tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi:

1. Taman Wisata Mangrove PIK

Taman Wisata Mangrove salah satu tempat wisata di jakarta bertemakan alam
Berjalan-jalan di kawasan Taman Wisata Mangrove PIK bisa menjadi pilihan rekreasi akhir pekan – Foto: Google Maps/Alex Kurniawan

Sudah pernah coba wisata alam ke Jakarta? Kota besar ini ternyata tidak melulu tentang mall, shopping, atau nongkrong keren. Coba saja mampir ke Taman Wisata Mangrove yang ada di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Di tengah hutan gedung pencakar langit, taman mangrove ini jadi keunikan wisata tersendiri. Terlebih, harga tiket masuknya pun cukup murah. Mulai dari 15 ribu untuk anak-anak dan 30 ribu untuk orang dewasa.

Kawasan konservasi ini terbuka sebagai tempat wisata sekaligus edukasi seputar mangrove. Seperti konservasi mangrove pada umumnya, taman ini juga memiliki jalur jembatan kayu. Jalur ini jadi tempat pengunjung berkeliling hingga berfoto. Meski cuaca panas, namun hutan mangrove yang hijau akan memanjakan mata.

Pengelola juga membuka kesempatan bagi yang ingin mencoba kegiatan menanam bibit mangrove. Ada juga wahana rekreasi pendukung seperti taman bermain hingga speedboat. Jika ingin merasakan pengalaman bermalam di tengah hutan mangrove, tersedia fasilitas villa yang nyaman. Perlu diingat bahwa pengunjung perlu izin dan biaya khusus jika ingin berfoto menggunakan kamera DSLR di area wisata.

Selengkapnya: Pesona Hijau WISATA MANGROVE Jakarta Tiket & Ragam Aktivitas Seru

2. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan tempat wisata di Jakarta dengan koleksi puluhan satwa
Menghabiskan akhir pekan dengan piknik keluarga sambil edukasi seputar flora-fauna di Kebun Binatang Ragunan – Foto: Google Maps/Herito capucino

Kebun Binatang Ragunan adalah destinasi wisata yang cocok untuk siapa saja. Taman satwa ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Pertama kali berdiri tahun 1814 di Batavia, taman ini bernama Planten en Dierentuin yang berarti ‘Tanaman dan Kebun Binatang’.

Saat ini, Kebun Binatang Ragunan menempati area seluas 140 hektare. Koleksi faunanya mencapai 2.000 jenis, sementara floranya 20.000 jenis. Area yang luas ini berhias pepohonan rindang yang menciptakan suasana teduh dan sejuk. Untuk memasukinya, pengunjung perlu menggunakan kartu Jakcard alih-alih membeli tiket.

Ragam satwanya mencakup aneka jenis mamalia, reptil, primata, unggas, hingga hewan air. Satwa primata memiliki zona khusus yaitu Pusat Primata Schmutzer. Sedangkan ragam hewan air juga bisa ada di akuarium raksasanya. Aktivitas rekreasi tambahan yang tersedia antara lain hewan tunggang dan Taman Perahu Angsa.

Selengkapnya: KEBUN BINATANG RAGUNAN Tiket & 6 Zona Rekreasi

3. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Indonesia tempat wisata di Jakarta yang merangkum berbagai episode sejarah
Rekreasi sambil belajar di Museum Sejarah Indonesia – Foto: Google Maps/dongmin kim

Museum Sejarah Jakarta adalah tujuan yang tepat bagi penyuka wisata sejarah. Terkenal juga sebagai Museum Fatahillah, museum ini awalnya merupakan gedung balai kota pada masa pendudukan Belanda. Sebelumnya, berdiri Museum Oud Batavia untuk memamerkan segala hal terkait sejarah panjang Batavia.

Museum yang sekarang merupakan evolusi dari Museum Oud Batavia dan Museum Djakarta Lama. Museum ini berada di kawasan Kota Tua yang tersohor dengan suasana ‘jadoel’-nya. Tiket masuknya murah mulai dari 2 ribu – 5 ribu rupiah saja. Oleh karena itu Museum Sejarah Jakarta bisa jadi opsi destinasi wisata murah dan bermanfaat yang ada di ibukota.

Di dalamnya, tersimpan koleksi bersejarah terkait perjalanan Kota Jakarta. Koleksi itu berupa lukisan, patung hingga hasil penggalian arkeologi. Tidak hanya itu, museum ini juga memajang koleksi budaya Betawi. Kegiatan seni dan budaya Betawi juga seringkali berlangsung di sekitar museum pada waktu tertentu.

Lebih lengkap: Museum Sejarah Jakarta Tiket & Ragam Atraksi

4. Planetarium Jakarta

Lorong museum Planetarium Jakarta tempat wisata di jakarta bertema angkasa
Belajar perbintangan hingga benda-benda angkasa di Planetarium Jakarta – Foto: Google Maps/Rani Syafrila

Planetarium Jakarta adalah rujukan yang sempurna untuk tujuan wisata khusus terkait astronomi. Tempat ini adalah gabungan dari planetarium dan museum. Resmi terbuka untuk umum pada tahun 1968, Planetarium Jakarta jadi bagian dari Taman Ismail Marzuki. Lokasinya berada di Jalan Cikini Raya No. 73, Menteng.

Sebagai destinasi wisata edukasi, Planetarium Jakarta seringkali jadi tujuan rombongan pelajar. Tak sedikit pula kunjungan dari para astronom amatir yang antusias dengan fenomena langit atau perbintangan. Fasilitasnya yang lengkap membuat Planetarium jadi objek wisata unik dan sayang jika terlewat.

Daya tarik utamanya adalah Teater Bintang. Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan astronomi yang tampil di langit-langit ruang teater. Fenomena luar angkasa dan benda-benda langit terpampang di sini. Layar yang berbentuk kubah membuat penonton seolah sedang menyaksikan langit yang sesungguhnya.

Setelah menonton Teater Bintang, kunjungi juga ruang pameran Planetarium. Potongan batu meteor hingga pakaian astronot bisa terlihat secara langsung di sini. Selain itu, pengunjung juga bisa mengintip langit dari beragam koleksi teleskop.

Lebih Lengkap: PLANETARIUM JAKARTA Tiket & Atraksi

5. KidZania

Kidzania tempat wisata di Jakarta khusus untuk anak-anak
Mengenalkan berbagai macam profesi pada anak-anak dengan rekreasi di KidZania – Foto: Google Maps/Wayz Chanel

Kidzania merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang khusus untuk anak-anak. KidZania menawarkan berbagai permainan kreatif dan edukatif berupa replika kota dengan segala kesibukannya. Di tempat ini, anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang berbagai profesi. KidZania berlokasi di lantai 6 Pacific Place Mall, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tempat rekreasi ini terbuka untuk pengunjung usia 6 hingga 17 tahun. Anak-anak hingga remaja dapat memainkan profesi yang beragam. Setiap profesi memiliki oleh fasilitas yang sesuai serta berteman pemandu handal bernama Zupervizor. Kegiatan juga berlangsung dengan mengenakan seragam lengkap untuk memberi pengalaman lebih nyata.

Profesi yang bisa dipelajari mencakup beberapa bidang. Ada bidang medis, pelayanan sosial, sains, budaya, hiburan, dan lain-lain. Pengunjung dapat mencoba menjadi dokter, petugas SPBU, pemandu wisata, hingga pesulap. KidZania juga memiliki fasilitas seperti lounge untuk orang-tua atau pendamping.

Lebih Lengkap: KIDZANIA Jakarta Tiket & 12 Wahana Atraktif

6. Dufan

Dufan tempat wisata di jakarta yang menyajikan berbagai permainan seru
Saat bingung ingin liburan ke mana, Dufan selalu bisa jadi pilihan terbaik – Foto: Google Maps/Gunani

Siapa tidak kenal Dufan? Dufan atau Dunia Fantasi tempat wisata di Jakarta pelopor taman hiburan outdoor di Indonesia. Salah satu ikon Kota Jakarta ini merupakan bagian dari objek wisata terintegrasi Taman Impian Jaya Ancol di ujung utara ibukota. Luas areanya mencapai 9,5 hektare dengan wahana permainan yang variatif.

Saat ini, Dufan memberlakukan beberapa jenis tiket yang tersedia sesuai keinginan pengunjung. Selain tiket reguler, ada tiket annual pass yang berlaku selama setahun penuh. Ada juga tiket yang berlaku untuk tiga tempat wisata sekaligus yaitu Dufan, Sea World, dan Gelanggang Samudera.

Dufan terbagi dalam beberapa zona tematik dengan wahana dan atraksi menarik. Yang paling populer adalah wahana ekstrem seperti roller coaster Halilintar dan wahana Tornado. Pengunjung anak-anak bisa menikmati permainan di Children Rides atau Istana Boneka yang relatif aman. Tersedia juga wahana air dan atraksi yang menggunakan teknologi animasi.

Selengkapnya: DUFAN & Tiket & 12 Wahana Seru

7. Ice Skating Rink Taman Anggrek

Ice Skating Taman anggrek tempat wisata di jakarta dengan wahana rink es
Selain berseluncur ria, gelanggang ice sating Taman Anggrek juga membuka pelatihan ice hockey – Foto: GOogle Maps/Agus Haryono

Uji ketangkasan meluncur di atas es dengan berkunjung ke Ice Skating Rink Taman Anggrek. Gelanggang seluncur ini berada di lantai 3 Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Suasana dingin di gelanggang ini cocok sekali untuk menyejukkan tubuh dari cuaca panas Jakarta.

Di masa pandemi ini, Ice Skating Rink hanya dibuka untuk pengunjung berusia minimal 9 tahun. Tiket masuknya terjangkau mulai dari 85 ribu rupiah. Sebelum masuk, pastikan membawa sendiri atau menyewa sepatu skating khusus. Jangan lupa juga pakaian hangat seperti jaket, sarung tangan, dan kaus kaki.

Area gelanggang seluncur memiliki luas lebih dari 1,200 meter persegi. Pengunjung dapat bermain skating secara mandiri jika memang sudah mahir. Pengunjung yang masih amatir bisa mengikuti les khusus secara privat atau umum di sini. Lebih seru lagi, gelanggang ini juga membuka les ice hockey untuk umum, lho.

Lebih lengkap: Main Ice Skating Seru Di Gardenice Rink Bandung

8. Pantai Ancol

Pantai ancol salah satu tempat wisata di jakarta paling terkenal
Salah satu pantai terpopuler di ibukota adalah kawasan Pantai Ancol – Foto: Google Maps/Harumi Paramaiswari

Sebagai salah satu kota pelabuhan, tempat wisata di Jakarta andalan yang tak boleh terlewat adalah Pantai Ancol. Pantai yang tak pernah sepi pengunjung ini berada di Pademangan, Jakarta Utara. Lokasinya sangat mudah dijangkau bahkan oleh transportasi umum.

Selain tiket reguler, Pantai Ancol juga menyediakan opsi Annual Pass. Tiket ini cocok bagi wisatawan lokal yang sering menghabiskan akhir pekan di sini. Pantai ini juga terintegrasi dengan beberapa objek wisata lain di sekitarnya. Wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan menggunakan kereta wisata yang tersedia.

Pantai Ancol memiliki panjang garis pantai 6,5 km. Di area pantainya, terdapat beberapa pantai seperti Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool, Carnaval, dan Danau Impian. Kondisi lautnya tenang sehingga cocok untuk berenang. Pasirnya lembut dan bisa jadi lokasi bermain pasir, piknik, atau jalan santai.

Lebih lengkap: Pantai Ancol Jakarta Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

9. Waterbom PIK

Waterbom Pik tempat wisata di Jakarta yang menyediakan puluhan permainan air seru
Serunya wahana air di Waterbom PIK – Foto: Google Maps/Sobat Inspirasi

Cuaca panas terik Jakarta memang mengundang untuk melipir ke tempat yang sejuk. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah Waterbom Pantai Indah Kapuk. Kolam renang dan taman rekreasi air ini menawarkan wahana permainan yang variatif. Mengusung tema Urban Cool, Waterbom PIK membawa kesegaran di tengah ibukota.

Tiket masuk selama pandemi berlaku untuk pengunjung mulai dari usia 9 tahun. Harganya mulai dari 150 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah. Cukup mahal, namun sebanding dengan fasilitas permainan yang tersedia. Terlebih, taman bermain ini menyediakan peminjaman ban dan jaket pelampung gratis.

Daya tarik taman ini adalah wahananya yang menguji adrenalin. Sejumlah wahana yang wajib dicoba adalah Aquatube, Speed Slide, Hairpin, dan Twitzler. Ketinggian wahananya bisa mencapai 20 meter dengan kemiringan yang disesuaikan. Semuanya cocok untuk dinikmati bersama teman atau keluarga.

Selengkapnya: WATERBOM PIK Tiket & 4 Wahana Fantastis

10. Meruya Waterpark

Meruya Water Park tempat wisata di jakarta dengan berbagai wahana air
Kolam anak dengan berbagai wahana perosotan dan ember tumpah. foto: Wachidin Din

Bagi yang berada di kawasan Jakarta Barat, ada Meruya Waterpark sebagai opsi objek wisata rekreasi air. Kolam renang ini memiliki fasilitas lengkap dan wahana permainan yang beragam. Tiketnya terjangkau, mulai dari 45 ribu hingga 80 ribu rupiah. Tiket bisa mencakup biaya fasilitas yang ada di dalamnya.

Meruya Waterpark memiliki tiga jenis kolam renang. Dua kolam terpisah untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Sementara satu lagi merupakan kolam khusus permainan. Kolam untuk orang dewasa kedalamannya mencapai 2.5 meter.

Selain berenang ria, pengunjung dapat menikmati wahana permainan yang ada. Kolam permainan yang dangkal memiliki playground, pancuran, dan ember tumpah. Sementara seluncurannya memiliki dua jenis, yaitu seluncuran melingkar dan high speed. Jangan lupa mencoba wahana ini jika menyukai uji adrenalin, ya!

Lebih Lengkap: Meruya Water Park Tiket & Wahana

11. Bounce Street Asia Trampoline Park

Bounce Street Trampoline tempat wisata di Jakarta bertema olahraga unik
Pengunjung bisa memilih bermain di trampolin saja atau mengombinasikannya dengan wahana permainan lain – Foto: Google Maps/Aditya Ramadona

Tuangkan semangat bermain sekaligus berolahraga di Bounce Street Asia Trampoline Park. Taman trampolin ini berada di Jalan Sentra Bisnis Artha Gading, Jakarta Utara. Harga tiket mulai dari 110 ribu rupiah per dua jam. Area dengan luas hingga 1.500 meter persegi berisi berbagai permainan trampolin.

Sebelum memasuki arena, pengunjung perlu memerhatikan beberapa peraturan umum. Peraturan mendasar adalah harus menggunakan kaos kaki khusus yang sudah tersedia. Pengunjung juga tidak diperkenankan membawa ponsel atau kamera ke dalam arena. Perhatikan juga pemilihan pakaian, jangan sampai ada material yang tajam atau membahayakan.

Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa sama-sama merasakan keseruan bermain trampolin di sini. Wahana utamanya adalah Freedom Jump yang memiliki area trampolin paling besar. Uji ketangkasan dengan mencoba Wall Climbing atau Slam Dunk. Tambah keseruan dengan bertarung di Gladiator Warzone.

Baca: Bounce Street Asia Trampoline Park Tiket & Wahana

12. Moja Museum

Moja Museum tempat wisata di Jakarta dengan koleksi modern art
Menikmati instalasi seni sambil berburu swafoto kekinian di MoJa Museum – Foto: Google Maps/MoJa Museum

Museum identik dengan benda-benda tua dan bersejarah. Di Museum Moja, wisatawan justru tidak akan menemukan itu semua. Hanya ada spot-spot foto bergaya kekinian yang siap menyambut. Tempat wisata di Jakarta yang unik ini berlokasi di Gelora Bung Karno Pintu Biru Zona 8.

Moja merupakan akronim dari ‘Museum of Jakarta’. Untuk memasukinya, pengunjung perlu membeli tiket seharga 110 ribu hingga 125 ribu. Tiket ini berlaku untuk durasi kunjungan 2.5 jam per orang. Setiap orang harus mengikuti alur denah dan tidak dapat kembali ke ruangan sebelumnya.

Terdapat 14 ruangan dengan tampilan berbeda di sini. Semuanya mengusung tema kontemporer dan didominasi warna-warni ceria. Beberapa diantaranya adalah ruang Charlie and The Millennial Pink Candy Room dan Mario Bros. Tema instalasi berganti setiap tiga bulan sekali untuk memberikan suasana yang berbeda.

Selengkapnya: MOJA Museum Jakarta Tiket & Spot Foto Spektakuler

13. Pandora Experience Jakarta

Pandora Experience tempat wisata di Jakarta menawarkan petualangan detektif
Permainan Pandora Experience menawarkan sensasi berpetualang sambil bermain peran jadi detektif – Foto: Google Maps/gusty kudo

Pandora Experience adalah tempat wisata di Jakarta yang unik bertema misteri. Di Jakarta, taman ini memiliki empat lokasi yaitu Mall Puri Indah, Kelapa Gading, Ciputra, dan Baywalk. Menawarkan konsep escape room, di mana pengunjung bisa keluar ruangan setelah memecahkan berbagai misteri.

Harga tiket Pandora Experience di Jakarta dibanderol mulai dari 470 ribu untuk dua orang. Setiap ruangan yang boleh bermain maksimal empat orang saja. Pengunjung dapat memilih cerita sesuai selera. Masing-masing membutuhkan level ketangkasan fisik, kemampuan berpikir, dan keberanian yang berbeda.

Cabang Puri Indah Mall menawarkan 4 cerita, sementara Kelapa Gading memiliki 3 cerita misteri. Bagi yang suka tantangan tinggi bisa memilih Forest of The Dead. Ada 3 cerita di Baywalk Mall dan 4 cerita di Mall Ciputra. Legends of El Dorado mungkin bisa jadi salah satu cerita yang paling menguji nyali.

Baca: Pandora Experience Jakarta Tiket & Ragam Aktivitas

14. CX Waterpark

CX Waterpark tempat wisata di Jakarta menyediakan berbagai wahana air
Berenang seru dan nyaman di CX Water Park – Foto: Google Maps/cx water park

Daerah Jakarta Timur memiliki kolam renang dan taman bermain air CX Waterpark. Taman ini menyediakan kolam renang yang nyaman dan bersih. Wahana permainannya cukup beragam, sementara fasilitas pendukungnya terbilang lengkap. Tiket masuknya pun termasuk terjangkau, mulai dari 30 ribu rupiah saja.

CX Waterpark memiliki beberapa jenis kolam renang. Kolam tersebut yaitu kolam reguler, kolam bermain, dan kolam arus. Kolam reguler bisa untuk olahraga berenang dengan nyaman.

Wahana permainan yang tersedia meliputi aneka seluncuran dan ember tumpah. Di kolam bermain, ada menara pancuran air yang akan menambah keseruan. Seluncuran yang tersedia mulai dari seluncuran pendek untuk anak-anak hingga tipe spiral. Seluncuran ini bisa dinikmati oleh remaja hingga orang dewasa.

Lebih lengkap: CX Waterpark Tiket & Wahana

15. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional tempat wisata di Jakarta memiliki berbagai koleksi seni & budaya
Bagunan gendung Galeri Nasional. Foto: Google Maps/

Galeri Nasional Indonesia tempat wisata di Jakarta yang bisa untuk memperkaya wawasan seputar seni dan budaya. Objek wisata edukasi ini berlokasi di pusat kota Jakarta. Tepatnya di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat.

Galeri ini bisa jadi opsi tempat wisata di Jakarta murah-meriah yang bermanfaat. Pengunjung tidak dikenai biaya maupun tiket masuk untuk datang kemari. Museum ini ditutup setiap hari Senin seperti museum di Indonesia pada umumnya. Ada dua galeri berisi pameran tetap dan pameran temporer yang bisa dinikmati di sini.

Galeri Nasional Indonesia memiliki ruangan pameran tetap berisi 109 karya maestro seni Indonesia yang menjadi koleksi negara. Sementara Pameran Temporer berisi karya seni kontemporer berupa foto, instalasi, patung, dan sebagainya. Galeri ini juga mengadakan berbagai kegiatan diskusi maupun pameran keliling pada waktu tertentu.

Selengkapnya: Galeri Nasional Indonesia Pameran & Ekshibisi

16. Kampung Main Cipulir

Kampung main cipulir tempat wisata di jakarta yang menawarkan aktivitas outdoor
Area outbond lengkap dengan berbagai fasilitas dan wahana . Sangat cocok sebagai tempat bermain berlatih anak-anak. foto: Slamet Suranto

Tempat Wisata di Jakarta memang identik dengan biaya yang tidak sedikit. Banyak objek wisata modern dengan konsep unik serta fasilitas canggih. Namun, Kampung Main Cipulir yang berada di Jakarta Selatan bisa jadi alternatif wisata hemat. Selain lengkap, mayoritas fasilitasnya memang untuk anak-anak.

Kampung Main Cipulir terletak di Masjid Nurul Yaqin, Jalan Gang H. Sairi No. 1A, Grogol. Tiket masuknya mulai dari 7 ribu rupiah, sedangkan tiket wahananya mulai dari 10 ribu rupiah. Di lahannya yang seluas 3 hektare, terdapat area outbond, wahana permainan, hingga kolam renang. Sarana pendukungnya pun lengkap dan nyaman.

Objek wisata ini terdiri dari area outbond, perkemahan, permainan outdoor, dan kolam renang. Flying fox, jembatan titian, trampolin, dan berbagai sarana outbond melengkapi tempat rekreasi ini. Ada juga kolam untuk wahana air seperti perahu. Tidak ketinggalan kuda tunggang dan wahana ATV untuk segala usia. Bagi pengunjung dewasa bisa menjajal kolam pemancingan dan lapangan futsal.

Selengkapnya: KAMPUNG MAIN CIPULIR Tiket & Wahana

17. Monumen Nasional – Monas

Monas tempat wisata di jakarta bertema edukasi sejarah dan ruang terbuka hijau
Monas adalah ikon ibukota sekaligus objek wisata yang populer – Foto: Google Maps/Ugun Targo

Monas alias Monumen Nasional jadi objek yang tak boleh ketinggalan saat berbicara tenang wisata Jakarta. Inilah monumen yang menjadi ikon ibukota sekaligus negara. Tugu api abadi ini berada di tengah taman luas yang ditunjang berbagai fasilitas. Selain menikmati rekreasi di sekitarnya, pengunjung juga dapat naik ke area puncak tugu.

Tiket masuk ke Monas diberlakukan dengan menggunakan JakCard. Harga tiket berbeda untuk area museum dan puncak tugu. Pengunjung bisa datang pada tiga sesi, yaitu sesi pagi, siang, dan malam.

Bagian bawah monumen ini merupakan museum sejarah. Perkaya wawasan seputar sejarah Indonesia di sini. Di area puncak tugu, pengunjung dapat dapat menikmati panorama kota Jakarta dari ketinggian menggunakan teropong. Tersedia lift yang akan mengangkut wisatawan hingga area ini.

Di sekitar monumen, terdapat berbagai atraksi menarik lainnya. Pertunjukan air mancur menari dapat dinikmati setiap Sabtu dan Minggu. Di salah satu sudut taman, terdapat kandang rusa-rusa ramah dan jinak. Bagi yang suka berolahraga, manfaatkan kawasan ini sebagai trek lari, permainan bola, atau sepeda.

18. Art:1 Museum

Art1 Museum tempat wisata di jakarta yang menawarkan koleksi seni kontemporer
Art:1 Museum memamerkan koleksi karya seni kontemporer dan modern – Foto: Google Maps/Art:1 New Museum

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan salah satu museum seni terbaik di Indonesia yaitu Art:1 Museum. Sebelumnya, museum ini bernama Mon Decor Gallery. Museum ini berlokasi di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, Jakarta. Selain sebagai museum, Art:1 juga berperan sebagai institusi dan konservasi seni yang penting di Indonesia.

Untuk memasukinya, pengunjung umum perlu membeli tiket seharga 100 ribu rupiah. Harga yang berbeda berlaku untuk pengunjung mancanegara dan kalangan pelajar atau mahasiswa. Khusus anak-anak di bawah usia 12 tahun, tidak perlu membayar tiket alias gratis. Pengunjung juga menyewa jasa pemandu untuk kedatangan rombongan minimal 8 orang.

Sejak terbuka untuk umum tahun 1983, Art:1 Museum sudah mengoleksi banyak karya seni para seniman Indonesia. Karya seni para maestro lama, modern, hingga kontemporer terpampang di sini. Selain itu, museum ini juga menyediakan jasa restorasi, konservasi, dan penilaian karya seni. Banyak juga acara terkait seni yang terselenggara seperti seminar, diskusi, maupun bengkel kerja (workshop).

Lebih Lengkap: Art1 Museum Tiket & Berbagai Koleksi Seni

19. Museum Macan

Beragam lukisan bergaya kontemporer dipamerkan di museum macan
‘Macan’ merupakan abreviasi dari Museum of Modern and Contermporary Art Indonesia – Foto: Google Maps/Museum Macan

Jika Art:1 memamerkan karya seni dari berbagai generasi, lain lagi dengan Museum Macan. Museum yang terletak di AKR Tower Level MM, Jakarta Barat ini mengusung tema kontemporer sepenuhnya. Namanya sendiri merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Keunikan koleksinya membuat museum ini tak luput jadi incaran para penyuka foto.

Pengunjung mulai dari usia 3 tahun wajib membayar tiket. Tersedia juga tiket keluarga untuk dua orang dewasa dan dua anak di bawah 12 tahun. Museum ini juga membuka keanggotaan yang memberikan banyak keuntungan dan cocok untuk para peminat seni.

Museum ini memiliki ratusan koleksi seni bergaya modern dan kontemporer yang unik. Di Museum Macan, pengunjung diperbolehkan untuk berfoto dengan bebas. Namun, tetap harus memperhatikan aturan untuk tidak merusak karya seni. Jangan lupa istirahat di coffee shop-nya dan membeli souvenir sebagai oleh-oleh.

Selengkapnya: MUSEUM MACAN Tiket & Art Collection

20. Magic Art 3D Museum

Pengunjung berpose di salah satu instalasi Magic Art 3D Museum
Berfoto dengan instalasi ilusi 3D di Magic Art 3D Museum – Foto: Google Maps/Novse Hardiman

Museum yang satu ini selain memamerkan karya seni yang mengagumkan, juga bisa jadi lokasi spot foto tidak biasa. Ialah Magic Art 3D Museum yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Tidak hanya lukisan 3D, museum ini juga memiliki instalasi yang tak kalah menarik. Tidak heran jika para penyuka swafoto banyak mengunjunginya.

Tiket masuk museum mulai dari 40 ribu hingga 80 ribu rupiah saja. Tidak ada biaya tambahan untuk pengunjung yang membawa kamera. Namun, pengunjung wajib mengenakan kaos kaki dan masker terutama di masa pandemi.

Terdapat lebih dari 100 spot foto yang terbagi dalam 7 zona dan beberapa instalasi di Museum Art 3D. Zona tersebut yaitu Masterpiece, Animal, Ocean, Living, Dinosaur, Horror, dan Adventure. Pengunjung dapat berfoto seolah-olah tengah berjalan di atas jurang atau santai bersama harimau. Ada juga instalasi Mirror Room, Ames Room, Mirror Maze, dan Optical Chair yang tak kalah seru.

Lebih Lengkap: Museum 3D Kota Tua Tiket & Ragam Koleksi Unik

21. Museum Tekstil

Area halaman depan museum tekstil
Museum Tekstil memamerkan berbagai kain tradisional khas dari berbagai daerah di seluruh penjuru Tanah Air – Foto: Google Maps/Eko Budi Utomo

Ada satu lagi tempat wisata di Jakarta berupa museum yang sayang jika terlewat Museum Tekstil namanya. Museum ini bisa jadi destinasi wisata edukasi sekaligus budaya. Koleksi museum ini meliputi berbagai jenis kain dari hampir seluruh daerah di Indonesia.

Untuk mengunjunginya, wisatawan tinggal langsung meluncur ke Jalan Aipda Ks. Tubun No 2-4, Kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Harga tiket masuk murah hanya sebesar 5 ribu rupiah saja. Sangat murah jika dibandingkan dengan wawasan yang akan didapat selama berkeliling di sana. Museum yang buka setiap Selasa hingga Minggu ini juga mengadakan workshop pewarnaan alami sesuai booking.

Museum Tekstil menempati bangunan gaya kolonial yang memiliki luas area mencapai 16.410 meter persegi. Koleksinya terbagi menjadi empat jenis, yaitu kain tenun, kain batik, peralatan tekstil, dan koleksi campuran. Ragam kain seperti ulos, sarung, dan aneka motif batik kekayaan Indonesia ada di sini. Yang lebih istimewa, terdapat taman yang berhias berbagai tanaman bahan baku pewarna kain alami.

Selengkapnya: Museum Tekstil Jakarta Tiket & Berbagai Koleksi Kain

22. Wisata Kota Tua

Museum Fatahillah yang menjadi ikon Kota Tua
Menikmati suasana Kota Tua semakin lengkap dengan menyewa properti seperti sepeda onthel – Foto: Google Maps/Muhammad Ravin Alhakim

Seperti halnya Monas, Wisata Kota Tua juga tidak bisa dipisahkan dari pariwisata ibukota. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan area seluas 1,3 km persegi yang membentang dari Jakarta Utara hingga Jakarta Barat. Area ini menyajikan suasana kolonial dengan kehadiran bangunan-bangunan bersejarahnya. Berbagai aktivitas rekreasi pun banyak tersedia.

Kawasan Kota Tua terdiri dari beberapa taman dan objek wisata yang bisa disambangi. Kebanyakan memang gratis, tetapi ada juga yang berbayar namun dengan harga tiket yang sangat terjangkau. Sejumlah museum terdapat di dalam kawasan, seperti Museum Fatahillah. Masih ada lagi Museum Wayang, Museum Bahari, dan museum-museum bersejarah lainnya.

Jika ingin wisata murah-meriah di sini, cukup dengan berkeliling kawasan. Pengunjung bisa berjalan kaki, mengikuti tur resmi, atau menyewa sepeda onthel. Berbagai sudut Kota Tua juga sangat cantik menjadi lokasi berfoto. Suasana sore hari di sini selalu jadi primadona untuk berswafoto.

Selengkapnya: Wisata KOTA TUA Jakarta Tiket & Ragam Aktivitas

23. Faunaland Ancol

Singa Putih, salah satu penghuni Faunaland Ancol
Faunaland adalah objek wisata berupa taman satwa yang termasuk dalam kawasan Ancol – Foto: Google Maps/Steven Ferdian

Ternyata, ada objek wisata berupa taman satwa di kawasan Ancol. Namanya Faunaland, taman seluas 5 hektare di Ecovention Building – Ecopark, Ancol. Taman ini mengusung tema Asia-Australia. Koleksi hewannya beragam, mulai dari yang jinak hingga langka.

Faunaland memberlakukan beberapa jenis tiket masuk. Ada tiket reguler mulai dari 65 ribu rupiah, annual pass, dan paket tiket plus merchandise. Taman ini terbuka setiap hari dan menggelar acara menarik di jam-jam tertentu. Beberapa acara tersebut ialah Bird Show dan Zookeeper Talk.

Kawasan Faunaland yang berada di Ecopark penuh dengan pepohonan rindang yang meneduhkan. Suasana sejuk dan nyaman sudah lengkap dengan sarana jalan yang ramah untuk ibu hamil dan kaum difabel. Koleksi satwanya mulai dari kura-kura raksasa, keledai, hingga singa putih yang sudah langka. Ikuti juga Safari River Cruise, kegiatan menyusuri sungai bernuansa hutan menggunakan perahu.

Lebih lengkap: FAUNALAND ANCOL Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

24. TeamLab Future Park

Perpaduan seni dengan teknologi teamlab future park
Future Park karya TeamLab memadukan seni dengan teknologi untuk menampilkan instalasi yang memukau – Foto: Google Maps/yunan morfosis

Meski hanya singgah sekejap, namun kehadiran TeamLab Future Park begitu berbekas bagi pariwisata Jakarta. Pameran unik ini diboyong dari luar negeri dan berlangsung untuk waktu terbatas. Konsepnya merupakan gabungan dari instalasi seni dan taman bermain yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Tidak heran jika tiket masuknya pun cukup mahal.

TeamLab Future Park menyajikan lima ruang instalasi di area seluas 2.200 meter persegi. Kelima instalasi tersebut adalah: Animals of Flowers, Symbiotic of Live; Graffiti Nature: Lost, Immersed, and Reborn; Sliding Through the Fruit Field; Sketch Aquarium; dan Light Ball Orchestra.

Di setiap instalasi, pengunjung dapat menyentuh proyeksi gambar dan menimbulkan reaksi yang bisa dilihat langsung. Misalnya, animasi hewan dari ribuan bunga yang akan terpencar ketika disentuh. Atau, bola-bola raksasa yang berbunyi dan berubah warna. Pengunjung benar-benar bisa merasakan pengalaman menikmati seni dengan cara yang berbeda di sini.

Baca: teamLab Future Park Jakarta Tiket & Daya Tarik

25. Setu Babakan Kampung Betawi

Pengunjung menunggu pertunjukan seni Betawi di kampung babakan
Setu Babakan adalah kawasan kampung tradisional yang menyajikan budaya Betawi sebagai daya tarik wisata – Foto: Google Maps/Eko Putranto

Jika bosan dengan rekreasi ke tempat-tempat modern, Setu Babakan mungkin bisa jadi solusi alternatif liburan. Setu Babakan merupakan kawasan perkampungan tradisional Betawi. Kampung selanjutnya berkembang menjadi pusat wisata budaya sekaligus edukasi terkait masyarakat Betawi. Selain menambah wawasan, pengunjung juga bisa menikmati beragam produk budaya Betawi secara langsung.

Kampung Setu Babakan berlokasi di Jalan Moch. Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk untuk berkunjung kemari. Cukup siapkan dompet untuk tiket kendaraan, wahana, atau kulinernya.

Terdapat tiga zona edukasi di sini, yaitu zona seni budaya, kuliner, dan kehidupan sehari-hari. Di zona pertama, terdapat rumah adat, museum, dan gedung teater. Zona kedua tentu saja berisi para penjaja makanan khas Betawi seperti Kerak Telor dan Es Selendang Mayang. Di zona ketiga, pengunjung dapat melihat kehidupan sehari-hari masyarakat tradisional Betawi.

Selengkapnya: Setu Babakan KAMPUNG BETAWI Tiket & Zona Wisata

26. Playparq Kemang

Wahana Play Parq telah dijamin keamanannya
Anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman di Playparq Kemang – Foto: Google Maps/suya eka jayanthi

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan arena bermain anak-anak rekreasi ke mana? Coba kunjungi Playparq yang ada di Kemang, Jakarta Selatan. Playparq merupakan taman bermain khusus anak-anak dengan keamanan dan kenyamanan yang terjamin. Dibandingkan taman bermain lainnya, Playparq menyediakan fasilitas terbaik yang lengkap untuk menunjang keaktifan anak-anak.

Taman ini memang khusus untuk pengunjung anak-anak hingga usia 12 tahun. Tiketnya bisa tersedia dengan harga mulai dari 60 ribu rupiah. Pendamping juga perlu membayar biaya namun hanya jika lebih dari satu orang. Dengan harga ini, pengunjung sudah bisa menikmati seluruh wahana dan aktivitas yang ada.

Playparq memiliki area bermain dalam dan luar ruangan. Area dalam ruangan didominasi wahana permainan yang empuk dan cocok untuk anak bayi atau balita. Sedangkan area luar ruangan memiliki sejumlah wahana seperti istana playground, seluncuran, hingga arena bermain air. Selain itu, seringkali berlangsung kelas memasak dan kegiatan berkemah untuk keluarga di sini.

Baca: PLAYPARQ Kemang Tiket & 6 Wahana Anak Seru

27. Taman Ismail Marzuki

Dinding Taman Ismail Marzuki yang dihiasi mural membuat suasana lebih ceria
Taman Ismail Marzuki adalah pusat kebudayaan dan seni sekaligus destinasi wisata yang menarik – Foto: Google Maps/syaiful anwar

Tempat wisata di Jakarta bertemakan seni dan budaya yang perlu masuk daftar kunjungan wajib adalah Taman Ismail Marzuki. Taman ini sudah lama terkenal sebagai pusat seni dan budaya. Areanya terdiri dari beberapa museum, galeri,perpustakaan, gedung teater, Sejumlah aktivitas seni, sastra, dan budaya seringkali terselenggara di kawasan ini.

Taman Ismail Marzuki bisa disambangi di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Keberadaan taman ini lekat dengan pagelaran teater dan pertunjukan seni budaya. Beberapa venue tersedia di sini, seperti Graha Bhakti Budaya dan Teater Jakarta. Selain itu, pameran seni rupa juga seringkali digelar di galeri yang tersedia.

Taman yang biasa disebut TIM ini juga memiliki sejumlah destinasi bagi penggemar buku dan sastra. Sambangi saja Warung Buku Jose Rizal, Pusat Dokumentasi HB Jassin, dan Perpustakaan Daerah DKI. Selain itu, TIM juga jadi tujuan untuk menonton film di Cinema XXI yang juga ada di dalam taman.

Baca: Taman Ismail Marzuki Tiket & Ragam Atraksi Wisata

28. The Wave Waterpark Pondok Indah

Area kolam ombak The Wave Waterpark Pondok Indah
The Wave Waterpark menghadirkan berbagai wahana permainan air berkelas yang dijamin membuat liburan akan berkesan – Foto: Google Maps/Nisfatul Mukodaroh

Cuaca Jakarta yang membuat gerah memang mengundang untuk menyejukkan diri. Tidak heran jika di kota ini banyak terdapat objek wisata berupa Waterpark atau kolam renang. Salah satunya yaitu The Wave Waterpark yang ada di kawasan Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.

Taman bermain air ini menyediakan sejumlah wahana air kelas dunia yang jarang ada. Untuk menikmatinya, pengunjung perlu membayar tiket mulai dari 100 ribu rupiah per orang. Meski tidak sedikit, namun sebanding dengan fasilitasnya yang lengkap.

The Wave Waterpark tidak hanya memiliki kolam renang biasa. Wisatawan dapat mencoba berbagai wahana permainan yang menguji adrenalin di sini. Coba saja meluncur di Tube Slide atau berlatih berselancar di Flow Rider. Ada juga Wave Pool yang memberikan sensasi renang seru dengan ombak setinggi 1,5 meter.

Lebih Lengkap: The Wave Waterpark Pondok Indah Waterpark Tiket & Wahana Seru

29. Snowbay Waterpark

Salah satu kolam dengan wahana ember tumpah di Snowbay Waterpark
Snowbay Waterpark menyajikan pengalaman berenang dan bermain dikelilingi suasana ‘bersalju’ yang unik – Foto: Google Maps/Begbie Y

Berenang di tengah salju yang dingin? Terdengar tidak mungkin, tapi Snowbay Waterpark ternyata bisa mewujudkannya. Meski hanya dekorasi, tetapi konsep ini memberi sensasi berenang yang berbeda. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini berada di dalam kawasan TMII, Jakarta Timur.

Dengan membayar tiket sebesar 140 hingga 180 ribu rupiah, wisatawan sudah bisa menikmati keseruan setiap wahananya. Di lahan seluas 3 hektare ini tersedia berbagai fasilitas dan wahana berkelas. Seluncuran ekstrem hingga replika pantai dapat ditemui di sini.

Tidak hanya satu atau dua, di sini ada beberapa jenis seluncuran. Semuanya memiliki tantangan tersendiri, mulai dari ketinggian hingga rutenya. Ada Tube Coaster dan Ever Slide yang bisa dinikmati sendiri atau bersama. Sementara Hurricane, Flush Bowl, dan Cool Running menawarkan cara yang berbeda dan tak kalah seru untuk meluncur.

Snowbay Waterpark juga terdapat kolam arus yang nyaman di Typhoon River. Jika ingin merasakan suasana pantai, ada Snowbay Beach yang lengkap dengan ombaknya. Sementara pengunjung anak-anak dapat bermain dengan nyaman di Toddle Zone.

Selengkapnya: SNOWBAY WATERPARK Tiket & 10 Wahana Terbaik

30. Istana Anak-Anak Indonesia (IAAI) TMII

Istana Anak-anak Taman Mini Indonesia Indah tempat wisata di Jakarta untuk anak-anak
Istana Anak-Anak Indonesia memiliki sejumlah wahana rekreasi yang bersifat edukatif – Foto: Google Maps/SiRiAnt

Masih di sekitar Taman Mini Indonesia Indah, ada objek wisata Istana Anak-Anak Indonesia atau (IAAI). Bangunannya yang menyerupai istana di kisah dan film dongeng membuat tempat ini tampak mencolok dari jauh. IAAI sendiri sudah ada dan diresmikan sejak tahun 1986 oleh presiden kala itu. Berbagai aktivitas dan kegiatan rekreasi tersedia baik di dalam maupun di luar istana.

Pengunjung dapat memasuki kawasan IAAI dengan biaya sebesar 15 ribu rupiah. Di dalamnya, terdapat panggung pertunjukan seni dan budaya. Pagelaran wayang hingga tari-tarian seringkali berlangsung di sini. Anak-anak juga dapat belajar berbagai permainan dan kesenian tradisional.

Di luar bangunan, terdapat sejumlah sarana dan wahana hiburan. Ada Kolam Renang Sendang Sejodo dengan hutan buatannya dan Kereta Api Kelinci. Wahana permainan seperti komidi putar, mandi bola, serta arena outbond turut melengkapi kawasan ini.

Lebih lengkap: ISTANA ANAK TAMAN MINI Tiket & Berbagai Wahana Seru

31. SeaWorld Ancol

Mulai dari ikan piranha hingga ubur-ubur bisa disaksikan di SeaWorld
Mengenalkan anak-anak dengan dunia air di SeaWorld – Foto: Google Maps/Mahendra Aulya

Siapa tidak kenal SeaWorld? Salah satu tempat wisata di Jakarta yang masih berada kawasan Ancol sudah lama populer sebagai tempat wisata edukasi. SeaWorld merupakan akuarium raksasa yang menjadi habitat bagi ribuan hewan air. Jika ingin mengenalkan anak pada dunia air, SeaWorld adalah tempat yang tepat.

Harga tiket masuk SeaWorld mulai dari 70 ribu rupiah. Wahana wisata ini membagi koleksinya dalam tiga jenis. Ada biota air tawar, pesisir, dan air laut. Ketiganya menempati sejumlah akuarium dan kolam terbuka. Salah satu lokasi ikoniknya adalah akuarium berbentuk terowongan yang menakjubkan.

Sejumlah atraksi juga dihadirkan untuk memberi pengalaman edukasi yang menyenangkan. Pengunjung dapat menyaksikan Feeding Show atau menyentuh satwa di kolam khusus Touch Pool. Ada juga Museum Biota Laut, pertunjukan hewan cerdas, dan wahana lainnya yang sayang jika terlewat.

Selengkapnya: SEAWORLD ANCOL Tiket & 8 Atraksi Seru

32. Atlantis Ancol

Atlantis Water park salah satu tempat wisata di jakarta bertemakan permainan air
Menguji adrenalin dengan mencoba berbagai seluncuran di Atlantis Ancol – Foto: Google Maps/Erkan ONUK

Atlantis Water Adventure adalah taman bermain air yang berada dalam kawasan Ancol. Taman ini mengusung konsep negeri fiksi yang berada di bawah lautan. Atlantis memiliki sejumlah wahana yang salah satunya masuk rekor Indonesia. Objek wisata ini cocok untuk rekreasi seru bersama teman atau keluarga.

Tiket masuk Atlantis Ancol seharga mulai dari 94 ribu rupiah. Ada juga paket tiket dengan objek wisata lain di Ancol dan tiket dengan jangka waktu tertentu. Dengan tiket ini, pengunjung sudah bisa menikmati serunya bermain di 8 kolamnya.

Pengunjung anak-anak dapat bersenang-senang di Kiddy Pool. Kolam ini sudah lengkap dengan playground, arena outbond, hingga ratusan bola berwarna-warni. Bagi yang suka menguji adrenalin, coba meluncur di salah satu seluncurnya seperti Dragon Race atau Skybox. Atlantis sendiri memiliki Crazy yang merupakan seluncur air terpanjang di Indonesia.

Selengkapnya: ATLANTIS ANCOL Tiket & 8 Kolam Terbaik

33. Taman Legenda TMII

Wahana rekreasi Taman Mini salah satu tempat wisata di Jakarta
Taman Mini Indonesia Indah memiliki sejarah panjang sebagai salah satu pelopor taman hiburan di Indonesia – Foto: Google Maps/Indah Kurniawaty

Satu lagi ikon tempat wisata di Jakarta yang legendaris adalah Taman Mini Indonesia Indah. Disebut juga TMII, taman hiburan ini berdiri di lahan seluas 150 hektare. Tidak hanya sebagai arena rekreasi, TMII juga dibangun dengan tujuan edukasi. Pengunjung dapat berwisata sekaligus memperluas wawasan seputar Indonesia.

Untuk memasuki TMII, pengunjung cukup membeli tiket sebesar 20 ribu rupiah per orang. Di dalamnya, terdapat sejumlah wahana dan fasilitas lainnya yang berbayar. Harga tiketnya bervariasi dan bisa dibeli di pintu masuk dengan memilih jenis tiket bundling atau paket. Namun, banyak juga area yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Fasilitas hiburan populer di TMII di antaranya Monorail, Teater IMAX Keong Mas, dan Istana Anak-Anak. Anjungan Daerah yang ada di replika Kepulauan Indonesia menyajikan aneka rumah adat. Berbagai taman flora-fauna serta museum juga terdapat di sini. TMII adalah destinasi wisata keluarga dengan ragam wahana yang lengkap.

Tempat Wisata Di Jakarta Lainnya

Itulah beberapa objek wisata yang ada di Jakarta. Banyak di antaranya yang sudah tentu tidak asing terdengar di telinga. Tapi, setidaknya ada 60 tempat wisata di Jakarta yang tak kalah menarik. Oleh karena itu, sempatkan eksplorasi Kota Jakarta dan temukan tempat-tempat seru lainnya ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini