Beranda Tiket Wisata

Pulau Burung Kepulauan Seribu Tiket & Ragam Aktivitas - Agustus 2022

0
Harga Tiket Masuk Pulau Burung : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, 14510

Kepulauan Seribu memiliki deretan pulau-pulau kecil, seperti Pulau Burung. Di mana pulau ini merupakan gugusan dari Pulau Pari. Ukurannya pun tidak besar, dan tidak berpenghuni. Wisatawan yang datang hanya berwisata atau melakukan konservasi saja.

Karena tidak berpenghuni, keanekaragaman hayati masih sangat kaya. Hewan dan tumbuhan tak terganggu habitatnya. Selama di palau wisatawan dapat berjalan-jalan mengelilingi pulau ini di siang hari. Dan melakukan berbagai aktivitas seru, seperti berenang, snorkeling, atau memancing.

Harga Tiket Masuk Pulau Burung Kepulauan Seribu

Objek wisata ini tidak menetapkan tarif masuk ketika mengunjunginya. Tarif hanya dikenakan untuk perahu yang mengangkut wisatawan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 14 Aktivitas Seru di Pulau Seribu Jakarta

Jam Buka Pulau Burung Kepulauan Seribu

Objek wisata ini tak berpenghuni, jadi tidak memiliki jam operasional. Tidak ada perahu yang datang secara rutin terjadwal kesini. Namun untuk datang ke pulau ini, wisatawan dapat menyewa perahu khusus. Dan sebaiknya, datang di pagi hingga sore, karena malam hari sering terjadi abrasi pantai.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan di Surga Kecil Pulau Burung

Keindahan Surga di Pulau Burung
Keindahan Surga di Pulau Burung. Foto: Gmap/Ririn Ambar

Pulau Burung adalah salah satu gugusan dari Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Di mana di pulau ini, juga merupakan daerah konservasi pengembangan elang bondol. Wilayahnya pun masih sangat asri, karena tidak berpenghuni. Sehingga kealamiannya masih sangat terjaga, baik di darat maupun lautnya.

Pulau ini masih tertutup rapat pepohonan yang rimbun dan hampir menutupi keseluruhan pulau. Hanya bagian tepiannya saja yang tidak tertutup pohon dan merupakan kawasan pantai. Sementara pantainya memiliki pasir putih yang halus, nyaman saat berjalan di atasnya. Dan tampak begitu terang di siang hari karena sinar matahari.

Hamparan laut yang mengelilingi pulau ini pun tampak biru dan jernih. Di dekat pantai, kawasan lautnya masih dangkal. Kawasan laut ini penuh dengan terumbu karang dan ikan-ikan hias warna-warni. Sedangkan bagi yang ingin mengelilingi pulau hanya perlu 1 hari untuk mengeksplorasi keseluruhan pulau.

Baca: PULAU PARI Kepulauan Seribu Tiket Masuk & Aktivitas

Snorkeling dengan Tenang di Pulau Burung

Snorkeling bersama Ikan Warna-warni yang Cantik
Snorkeling bersama Ikan Warna-warni yang Cantik. Foto: Gmap/Linardy Journey

Lautan yang mengelilingi Pulau Burung memiliki ombak yang tenang. Ditambah dengan kondisi lautan yang jernih mendukung tumbuh kembang terumbu karang. Banyak sekali terumbu karang sehat dan warna-warni di perairan pulau. Selain itu Anemon pun tampak berenang mengikuti arus air.

Ikan-ikan hias warna-warni tak luput dari keragaman hayati laut sekitar pulau. Ikan yang mendiami terumbu karang ini setidaknya ada 48 spesies dari 16 famili. Di antaranya ada ikan Baronang, ikan Kakatua, ikan Kerapu, ikan Lepu, ikan Peso-Peso, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati terumbu karang, wisatawan dapat pergi ke bagian utara dan selatan pulau untuk melakukan snorkeling.

Untuk kegiatan snorkeling wisatawan dapat membawa sendiri peralatannya. Jika mengikuti paket wisata, dapat meminta penyedia jasa untuk menyediakan peralatan. Jangan lupa siapkan kamera bawah air untuk mengabadikan momen bersama keindahan bawah laut ini. Fisibilitas air sangat baik, sehingga pemandangan dapat terlihat dengan jelas.

Baca: PULAU TIDUNG Tiket Masuk & Atraksi

Berenang di tepian Pantai

Berenang di bawah terik Matahari
Berenang di bawah terik Matahari. Foto: Gmap/Ajik Gunawan Purwoko

Selain menyelam, aktivitas air lain yang dapat dilakukan yaitu berenang. Wisatawan bisa berenang di tepi pantai, karena perairannya yang cukup dangkal. Ombak yang tenang atau bahkan tidak ada, menjadi keuntungan tersendiri. Sehingga dapat dengan santai berenang di pulau ini.

Waktu yang tepat untuk berenang adalah di pagi hingga siang hari. Sinar matahari pagi masih belum bersinar dengan terik. Sehingga masih nyaman untuk berenang. Sementara di siang hari, air laut cenderung tenang dan ramah.

Wisatawan juga dapat membawa pelampung untuk bersantai di atas perairan. Mengapung santai mengikuti aliran air. Yang terpenting, jangan sampai terbawa hingga ke tengah lautan.

Baca: PULAU PRAMUKA Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Menarik

Piknik Di Sekitar Pulau

Menghabiskan siang hari di Pulau Burung adalah pilihan tepat untuk berlibur. Pulau yang masih sepi ini bisa menjadi lokasi berpiknik seru. Wisatawan bisa berenang atau snorkeling di pagi hari. Kemudian siang harinya, dilanjutkan dengan berpiknik.

Tak perlu membawa banyak peralatan, cukup alas untuk duduk serta makanan dan minuman. Banyak area teduh di bawah pohon yang bisa menjadi spot untuk duduk. Duduk santai sembari menikmati deburan ombak pun dapat menjadi pilihan yang tepat. Ditambah lagi jika dihabiskan bersama orang-orang tersayang.

Wisatawan pun dapat mencoba memancing di sekitar pulau. Ikan yang didapatkan pun tentu ikan berkualitas baik. Karena habitatnya yang masih alami, menjadikan ikan-ikan ini masih sehat. Namun untuk memancing, biasanya wisatawan harus sedikit ke tengah perairan.

Baca: PULAU UNTUNG JAWA Kepulauan Seribu Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Berjalan Santai Berkeliling Pulau

Berjalan Santai di Pulau Burung
Berjalan Santai di Pulau Burung. Foto: Gmap/黄德雪

Selain bermain di perairan, wisatawan juga dapat berjalan santai mengelilingi pulau. Menyusuri pantai dan berkeliling dengan nyaman. Pasir putih di pantai masih sangat lembut sebagai lintasan trekking. Ditambah lagi, pulau ini masih bersih, sehingga tak banyak sampah yang berserakan.

Sembari berjalan, wisatawan dapat menikmati semilir angin yang membelai lembut. Gemeresik dedaunan yang tertiup angin membawa musik tersendiri yang menenangkan. Ditambah lagi, deburan lirih ombak yang juga terdengar menyegarkan di telinga. Siapa pun akan merindukan suasana nyaman ketika berada di pulau ini.

Baca: PULAU BIDADARI Kepulauan Seribu Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Fasilitas di Pulau Burung

Objek wisata ini memang belum menyediakan fasilitas umum yang baik. Di sini belum ada toilet umum, listrik, ataupun air bersih. Sehingga setelah bermain di air, wisatawan bisa segera kembali untuk membilas. Atau bisa juga membawa air bersih untuk bilas jika memungkinkan.

Lokasi Pulau Burung Kepulauan Seribu

Pulau ini berlokasi di gugusan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Objek wisata ini dapat ditempuh dengan perahu selama 15 menit dari Pulau Pari. Serta 45 menit dengan speed boat dari Pantai Marina, Ancol.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini