Beranda Tiket Wisata

PULAU PERAK Jakarta Wisata Pasir Putih & Birunya Laut September 2021

Pulau PerakHarga Tiket: Rp0 - Rp25.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, 14540

Pulau tak berpenghuni memang tepat sebagai tujuan wisatawan yang mencari ketenangan, seperti halnya Pulau Perak ini. Salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu ini begitu menarik perhatian karena keindahannya. Berlibur di sini akan membuat wisatawan merasakan ketenangan seperti pulau pribadi. Apalagi jika datang saat hari biasa, bukan akhir pekan atau hari libur.

Sebenarnya pulau ini tidak benar-benar tak berpenghuni, melainkan ada penjaga di pulau ini. Selain itu ada juga penjual makanan dan minuman yang berada di tepi pantai. Meski memang mereka tidak mendiami pulau ini dan membentuk kependudukan. Pulau ini tepat dijadikan objek untuk berwisata, berkemah, dan menikmati keindahan alam bawah airnya.

Tiket & Biaya Ke Pulau Perak

Objek wisata ini tidak menetapkan tarif untuk masuk ke pulau. Namun, wisatawan tetap perlu membayar biaya untuk transportasi kapal. Serta bagi wisatawan yang akan berkemah, ada tambahan biaya kebersihan dan juga biaya untuk setiap orangnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Biaya kapal bersandarRp 25.000
Biaya berkemahRp 25.000 – Rp 30.000
Kapal Cepat Rute Kali Adem – Pulau Kelapa – Pulau SebiraRp74.000

Baca Juga: Pilihan Tempat Wisata Menarik di Kepulauan Seribu

Jam Operasional Pulau Perak

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional. Wisatawan dapat menikmati tempat ini kapan saja. Namun tentu, untuk berkunjung harus sesuai dengan jadwal kapal yang datang ke pulau ini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Pulau Perak di Kepulauan Seribu

Bentang alam pulau perak dari ketinggian
Panorama Pulau Perak yang masih asri serta berhiaskan pasir putih menawan. Foto: Google Maps/Mario Sihontang

Pulau Perak dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan singkat untuk menghilangkan penat. Lokasinya yang tak jauh dari ibukota membuatnya menjadi tempat favorit wisatawan dari ibukota dan sekitarnya. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 3 hektar, dengan keseluruhan alasnya berupa pasir. Sebagian besar wilayahnya ditumbuhi dengan pepohonan yang sangat rimbun.

Wisatawan bisa bersantai dengan hanya menggelar alas dan tidur di atas pasir. Sambil menikmati tiupan angin sepoi dan suara deburan ombak lirih yang menenangkan. Di dahan-dahan pepohonan ini terpasang ayunan yang dapat dipakai dengan bebas oleh wisatawan. Berayun santai dan berfoto dengan ayunan, adalah dua hal yang sering dilakukan wisatawan di ayunan ini.

Area perairan di sekitar pulau ini begitu jernih dan warnanya pun bergradasi. Mulai dari hijau tosca di dekat pulau, dan semakin biru ke arah lautan. Wisatawan bebas berenang di sekitar pulau karena perairannya cukup dangkal dan tidak berombak. Selain tenang, di pulau ini wisatawan juga dapat puas menikmati wahana banana boat jika berkunjung saat akhir pekan.

Baca Juga: Wisata PULAU KELAPA Tiket Murah Keindahan Terjaga

Berkemah di Pulau Perak

Menikmati Senja di Pulau Perak
Menikmati Senja di Pulau Perak. Foto: Gmap/Idhar Shidiq

Di pulau ini tidak terdapat penginapan ataupun cottage mewah. Sebagai gantinya, wisatawan dapat berkemah jika ingin menginap di pulau yang indah ini. Untuk berkemah, wisatawan dapat menginfokan kepada penjaga pulau dan membayar uang kebersihan. Wisatawan harus mempersiapkan segala kebutuhan berkemah sendiri karena tidak ada persewaan di sini.

Dengan berkemah, wisatawan bisa menikmati berbagai waktu dan momen indah di sini. Seperti menikmati pemandangan matahari terbit yang begitu memukau. Di sisi timur pulau, terdapat area duduk di tepian pantai di kala fajar. Sambil meminum minuman hangat, menyaksikan indahnya sang surya mulai naik ke angkasa.

Pada saat sore hari, wisatawan dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam. Suasana syahdu akan menemani kala matahari mulai turun ke peraduan. Menjelang malam, wisatawan dapat bersiap dengan peralatan masak. Memasak atau memanggang ikan dengan berteman taburan bintang di langit malam.

Baca Juga: PULAU TIDUNG Tiket & Atraksi

Berenang dan Menyelami Indahnya Alam Bawah Air

Menyelam di Perairan Pulau Perak
Menyelam di Perairan Pulau Perak. Foto: Gmap/Randy Libra

Perairan di sekitar pulau sangatlah jernih dan elok. Sayang jika hanya dilihat saja. Wisatawan bisa mencoba berenang di perairan Pulau Perak. Dasarnya pun sangat dangkal dan airnya tenang, sehingga aman untuk berenang.

Tak puas hanya berenang, wisatawan bisa juga melakukan snorkeling di sini. Ikan-ikan kecil berwarna-warni seperti ikan badut dan ikan dori pun mudah ditemukan. Berenang di sela-sela terumbu karang yang tampak sangat sehat. Karena memang tak jauh dari pulau ini terdapat budidaya terumbu karang.

Selanjutnya ada juga Anemon laut yang tampak bergoyang-goyang sesuai dengan aliran air membawa. Warnanya pun cerah dan cantik, merah muda, kuning terang, hingga ungu. Warnanya sangat cantik berpadu dengan birunya air di lautan. Dan tentu fisibilitas di bawah air ini sangat baik, sehingga penyelam dapat melihatnya dengan jelas.

Baca Juga: PULAU PARI Tiket & Aktivitas

Mencoba Serunya Terbalik dari Banana Boat

Di hari libur atau akhir pekan, terdapat wahana banana boat di sekitar pulau. Menaiki banana boat ini, wisatawan akan dibawa ke lautan dengan menaiki ban karet berbentuk pisang. Kemudian ban karet ini akan ditarik dengan perahu dan berputar-putar di lautan. Semakin lama perahu akan melaju lebih kencang, sambil terus berputar-putar.

Yang ditunggu-tunggu yaitu saat ketika banana boat ini terbalik. Dan tentunya, seluruh penumpang akan jatuh ke lautan. Namun tenang saja, karena semua penumpang sudah mendapat pelampung keselamatan. Dan wahana sudah pasti aman.

Baca Juga: Wisata PULAU KELAPA Tiket Murah Keindahan Terjaga

Mencicipi Gorengan dan Air Kelapa di Pinggir Pantai

Warung yang Terletak di Tepian Pantai
Warung yang Terletak di Tepian Pantai. Foto: Gmap/Purnomo Sri Herlambang

Di pulau ini tidak banyak penjual makanan maupun minuman. Hanya ada beberapa warung saja, dengan sajian menu sederhana. Gorengan adalah menu andalan yang disukai wisatawan di sini. Apalagi dimakan ketika masih panas dan setelah melakukan aktivitas di perairan.

Tak hanya itu, untuk mengusir panasnya cuaca, minuman yang segar akan menjadi penawar. Untungnya, warung ini memiliki menu andalan berupa kelapa muda yang masih segar. Wisatawan dapat langsung meminumnya dari tempurung kelapa langsung. Tentu akan sangat menyegarkan dan mengenyangkan.

Lokasi Pulau Perak

Wisata kepulauan ini berlokasi di Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Jika dicari peta lokasinya, wisatawan mungkin akan bingung menemukan pulau ini. Namun, jika wisatawan berkunjung ke Pulau Harapan, maka Pulau Perak akan menjadi satu paket kunjungan.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 5 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini