Beranda Tiket Wisata

PANTAI TAMBAN Tiket & Ragam Aktivitas Wisata - Desember 2019

Tgl. Update:Kamis, September 19, 2019
Pantai Tamban Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00 No. Telepon: - Alamat: Kampung Pantai, Tambakrejo,Sumbermanjing,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65176.

Nama Pantai Tamban Malang mungkin kurang banyak dikenal oleh masyarakat. Nama pantai ini seolah tenggelam dibalik popularitas pantai lain seperti Pantai Sendang Biru dan lainnya. Walau begitu pantai yang merupakan pantai nelayan ini memiliki pemandangan yang menarik. Bahkan memiliki keunikan dimana air laut disini bertemu dengan air tawar.

Nama Tamban sendiri memiliki arti yang penting. Dalam bahasa Jawa tamban berarti obat. Hal ini dikarenakan kejadian yang terjadi pada masa silam tepatnya di tahun 1880-an. Dimana ada tiga orang kiai yang menggunakan air laut di pantai ini sebagai obat.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan wisata pantai ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiketnya hanya Rp5.000 per orang. Murah sekali bukan?

Harga Tiket
Senin hingga MingguRp5.000

Baca: 5+ Pantai di Malang Dengan Pemandangan Memukau

Jam Buka

Untuk jam buka pantai dimulai dari jam 07.00. Untuk jam berapa pantai ditutup tidak ada keterangan jelas, terkadang pantai ditutup lebih awal jika tidak ada pengunjung.

Jam Buka
Senin – MingguMulai pukul 07.00

Ragam Aktivitas Wisata Di Pantai Tamban

Sunset di pantai tamban
Pemandangan sunset di pantai tamban yang memesona. Foto: Google Maps/Shaifullah-Lumaela

Walau pantai ini relatif sepi pengunjung, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini :

Memancing

Pantai ini sangat cocok digunakan untuk memancing. Dikarenakan pasir pantainya yang tidak memiliki halangan batu karang. Sehingga ombak di pantai ini dapat langsung meluncur mulus tanpa halangan. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini untuk memancing di pinggiran pantai.

Pantai Tamban sendiri pernah menjadi lokasi lomba memancing Ultralight. Untuk memancing pengunjung bisa membawa peralatan memancing sendiri. Tapi jika tidak memiliki alat pancing, bisa meminjam atau membeli di warung yang ada di sekitar pantai. Harganya bervariasi dari bagus tidaknya kualitas alat pancing tersebut.

Baca: PANTAI GOA CINA Tiket & Ragam Aktivitas

Pengunjung bisa memancing di pinggir pantai. Tapi jika ingin lebih menantang, pengunjung bisa menggunakan perahu untuk menuju ke tengah laut. Pengunjung bisa menyewa perahu pada nelayan setempat, harga bisa dinegosiasikan sendiri dengan pemilik kapal. Biasanya nelayan-nelayan tersebut mengetahui mana spot terbaik untuk memancing.

Melihat pemandangan alam

Pemandangan pantai Tamban
Keindahan alam Pantai Tamban yang sangat cocok untuk dinikmati saat liburan – Google Maps/Gema Bima

Karena jarang dikunjungi, lingkungan di wisata pantai ini masih begitu alami. Tanpa sampah yang bertebaran di sana sini, membuat pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Pantai Tamban memiliki panjang 1500 meter dan memiliki bebatuan besar yang berada di tepian pantai.

Selain itu pengunjung bisa melihat sebongkah batu karang dari pantai ini. Bongkahan karang tersebut adalah sebuah pulau. Biasa dikenal dengan Pulau Sempu. Jika ingin berkelana, bisa menyewa perahu pada nelayan untuk berputar-putar di area sekitar Pulau Sempu.

Baca: Pantai Ngliyep Malang Spot Sunset Paling Asik

Terdapat juga tebing yang mengelilingi pantai. Pengunjung bisa memanjat tebing ini untuk menikmati pemandangan pantai dari atas. Diharap untuk hati-hati karena jalanan yang licin dan menanjak.

Menginap di Pantai Tamban

homestay sekitar pantai tamban
Bagi wisatawan yang ingin bermalam bisa menginap di homestay yang ada disekitar kawasan wisata atau bisa juga berkemah. Foto: Google Maps/Homestay-sendang-biru

Bermalan di area sekitar pantai pengunjung bisa berkemah di pantai ini. Tetapi harus dengan seijin pihak pengelola. Pengunjung bisa membawa peralatan berkemah sendiri. Karena pihak pengelola tidak menyediakan penyewaan tenda. Diharap tidak berkemah terlalu dekat dengan laut agar tidak terseret ombak.

Dengan berkemah, pengunjung bisa menikmati deburan ombak di malam hari. Bisa pula menyalakan api unggun. Pengunjung yang menangkap ikan di sore harinya bisa membakar ikan tersebut saat berkemah. Jika tidak ingin memancing bisa membeli ikan di pasar ikan di area pantai.

Jika tidak ingin ribet mendirikan tenda, wisatawan bisa memilih penginapan. Beberapa home-stay sudah ada di sekitar kawasan pantai. Memang tidak persis berada di dekat pantai namun masih di sekitar kawasan wisata ini. Harganya juga relatif murah mulai dari Rp100.000.

Bermain di Kedung Ijo

Muara air tawar kedung Ijo
Inilah yang disebut Muara Kedung Ijo dimana terdapat sumber air tawar di area ini – Google Maps/Ayu Damayanti

Pantai ini memiliki sumber air tawar yang berasal dari sebuah muara bernama Kedung Ijo. Jika pengunjung ingin mencari letak muara ini hanya perlu berjalan sedikit. Muara ini terletak di sisi sebelah timur Pantai Tamban.

Di sekeliling muara terdapat tebing yang batunya seringkali jatuh akibat abrasi laut. Sehingga banyak bebatuan yang besar yang tersebar di sekitaran muara. Di sebelah utara muara terdapat kolam air tawar yang besar dan bebas dari jatuhnya batu.

Pengunjung bisa berenang, bahkan memancing di muara Keduk Ijo ini. Terdapat ikan air tawar di muara ini. Selain memancing dan berenang juga bisa melakukan snorkeling. Hanya saja pengunjung harus membawa peralatan sendiri karena tidak tersedia penyewaan di tempat ini.

Fasilitas

Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap yaitu :

  • Toilet
  • Gereja (mayoritas penduduk di sekitar pantai beragama Kristen jadi terdapat gereja yang terletak tidak jauh dari kawasan pantai)
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Pasar ikan

Lokasi Pantai Tamban

Pantai Tamban terletak di Kp. Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Berjarak sekitar 65 km dari kota Malang. Memiliki akses yang mudah dilalui oleh berbagai macam kendaraan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here